8 Trik Psikologi Ini Bikin Orang Menyukaimu

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
8 Trik Psikologi Ini Bikin Orang Menyukaimu

Halodoc, Jakarta – Merasa tidak punya teman dan susah “melebur” dalam pergaulan, ternyata membuat lingkungan menyukaimu ada triknya. Secara psikologi kamu bisa membuat orang menyukaimu atau setidaknya bersimpati denganmu.

Strategi mirroring bisa kamu gunakan dengan cara meniru meniru perilaku orang lain secara halus. Saat berbicara dengan seseorang, cobalah menyalin bahasa tubuh, gerakan, dan ekspresi wajahnya. Ingin tahu lebih jelas mengenai hal ini, baca lanjutannya di sini!

Psikologi Membuat Orang Menyukaimu

Tadi disinggung soal strategi mirroring, sebenarnya ini adalah adaptasi dari mimikri yang dilakukan oleh bunglon. Bunglon selalu menyamakan warna tubuhnya dengan lingkungan untuk beradaptasi dan mengelabui musuhnya. Ternyata, secara psikologi ilmu bunglon ini bisa diaplikasikan dalam pergaulan. 

Baca juga: 10 Tanda Kalau Kondisi Psikologis Sedang Terganggu

Ini karena, pada akhirnya orang-orang akan menyukai mereka yang punya pengalaman ataupun hobi yang sama denganmu. Berikut ini trik psikologi lainnya bikin orang menyukaimu:

  1. Luangkan Lebih Banyak Waktu 

Meluangkan waktu lebih banyak dengan orang-orang yang kamu harapkan bisa menjadi temanmu adalah salah satu cara supaya kamu diterima di kelompoknya. Bagaimana kamu bisa diterima kalau kamu sendiri tidak menunjukkan ketertarikan dengan bergabung dan mengikuti kegiatan mereka? 

  1. Jangan Pelit Memberikan Pujian

Semua orang senang dipuji, tetapi lebih dari itu, menurut penelitian yang tercatat dalam Journal of Personality and Social Psychology, jika kamu menggambarkan orang lain sebagai orang yang tulus dan baik, orang-orang juga akan mengasosiasikan kamu dengan sifat-sifat itu. 

  1. Cobalah untuk Menampilkan Emosi Positif

Menurut sebuah makalah penelitian dari Universitas Ohio dan Universitas Hawaii, secara tidak sadar orang bisa merasakan emosi orang-orang di sekitarnya. Jika kamu ingin membuat orang lain merasa bahagia ketika berada di dekatmu, maka yang harus kamu lakukan adalah mengomunikasikan emosi positif.

Baca juga: 8 Tanda Kamu Mengalami Gangguan Psikosomatis

  1. Bersikap Hangat dan Kompeten

Gambarkan dirimu sebagai sosok yang hangat dan kompeten. Kompeten dalam arti tidak selalu bisa memberikan solusi melainkan kamu bersimpati dan bisa memberikan saran-saran yang masuk akal. 

  1. Meminta Masukan

Orang-orang akan lebih menyukaimu jika kamu mengakui kekurangan dan meminta masukan. Mengungkap bahwa kamu tidak sempurna juga akan memberikan perasaan lebih nyaman dan manusiawi terhadap orang-orang di sekitar.

  1. Memberikan Sentuhan yang Wajar

Menyentuh orang dengan santai dan wajar akan mengundang intimasi, kedekatan yang pada akhirnya membangun rasa “memiliki”. Contohnya, dengan menepuk halus punggungnya atau memegang lengannya. Bahkan, bisa juga memperbaiki letak kemeja dan mengambil kotoran di rambutnya.

  1. Tersenyum

Tersenyum dapat memberikan efek positif kepada orang-orang di sekitar. Pastilah, mereka yang bermuka muram atau jarang mengumbar senyum akan terkesan sulit didekati ketimbang mereka yang selalu mengulas senyum. Lagian dengan tersenyum kamu akan membangun sikap positif dan membuat orang tidak sungkan untuk berinteraksi denganmu.

  1. Sebut Namanya

Mengulangi nama seseorang adalah cara cepat dan mudah untuk menumbuhkan daya tarik. Ini juga menunjukkan kalau kamu mengingatnya dan memberikan kesan penting pada orang tersebut. 

Kesan yang berbeda akan timbul kalau kamu mengatakan sesuatu ke seseorang tanpa menyebut namanya. Sesuatu yang positif lebih terasa saat kamu menempatkan namanya saat mengatakan sesuatu.

Punya masalah psikologi? Cari tahu langsung solusinya ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu di mana saja dan kapan saja. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Science Alert. Diakses pada 2019. Here Are 16 Psychological Tricks to Immediately Make People Like You More.
Hercampus. Diakses pada 2019. 11 Psychological Tricks to Get Someone to Like You.
Brightside. Diakses pada 2019. 9 Psychological Tricks To Attract All People Around You.