• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Gerakan Olahraga untuk Mengencangkan Payudara

4 Gerakan Olahraga untuk Mengencangkan Payudara

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Memiliki tubuh yang langsing dengan payudara yang kencang umumnya jadi impian banyak wanita. Sayangnya, tak semua beruntung mendapatkannya. Untungnya, ada berbagai cara yang bisa kita manfaatkan untuk mengencangkan payudara. Namun, ingat caranya tidak instan alias membutuhkan proses dan kedisiplinan.

Nah, cara mengencangkan payudara yang paling simpel yaitu melalui olahraga. Akan tetapi, bukan sembarang olahraga, tetapi menu latihannya harus fokus melatih otot di area dada. Nah, kamu bisa mencoba beberapa jenis latihan di bawah ini untuk mengencangkan payudara. 

Baca juga: 5 Makanan yang Dibutuhkan Payudara Sehat

1 Manfaatkan Barbell

Caranya enggak sulit kok. Pertama cobalah berbaring di atas flat bench dengan posisi lengan lurus ke atas sambil memegang barbell dengan kedua tangan, dan kedua kaki menyentuh lantai. Nah, yang perlu kamu lakukan tinggal turunkan barbell ke bawah sampai sejajar dengan sisi dadamu, kemudian angkatlah ke posisi semula. Kamu bisa melakukan gerakan tersebut secara berulang. 

2. Push Up

Push up bisa terbilang sulit bagi kamu  yang jarang melakukannya. Sebab gerakan push up yang satu ini mesti menyerupai push up versi pria. Nah, untuk melakukannya, letakkan kedua telapak tanganmu pada lantai dengan jarak lebih lebar dari bahu. Lalu, pastikan kaki bertumpu pada ujung jari dengan posisi rapat satu sama lain. Kamu mesti memastikan tubuh lurus sempurna dari kepala hingga kaki.

Nah, gerakan selanjutnya yang perlu kamu lakukan, yaitu angkatlah tubuh menggunakan kekuatan tangan. Lalu, turunkan kembali hingga area dada mendekati lantai, tetapi jangan sampai menyentuhnya. Kamu bisa mengulangi gerakan push up ini hingga beberapa kali. 

Baca juga: Gerakan Yoga Untuk Mengencangkan Payudara

3. Menggunakan Dumbell

Kamu bisa mencoba gerakan butterfly menggunakan dumbell untuk melatih otot di sekitar area dada. Caranya, gerakan kedua lengan ke samping, kemudian mengarah pada dada. Namun, jangan sampai menyentuh dada, kursi, atau matras. Gampang kok, bayangkan saja, seperti kupu-kupu mengepakan sayapnya. Gerakan ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mengencangkan atau menaikkan payudaramu. 

4. Pose Cobra

Selain tiga gerakan di atas, pose kobra juga bisa membantu untuk mengencangkan payudara. Pose kobra bisa mengaktifkan otot-otot disekitar payudara. 

  • Letakkan tangan langsung di bawah bahu dengan siku terselip.

  • Mulailah mengangkat kepala dan dada dari tanah sambil menarik bahu ke belakang, dan jaga leher tetap netral. 

  • Tahan pose selama 30 detik dan kembali ke awal. Ulangi tiga kali.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba gerakan di atas untuk mengencangkan payudara? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc, untuk mengetahui gerakan olahraga lainnya yang dapat mengencangkan payudara. 

Jangan Lupakan Bra

Cara mengencangkan payudara tak hanya menyoal olahraga saja. Masih ada beberapa cara lainnya yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan payudara yang kencang. Misalnya, konsumsi makanan bergizi dan penggunaan bra yang tepat. Kira-kira apa hubungannya bra dan payudara yang kencang? 

Baca juga: Puting Payudara Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Sebenarnya selalu menggunakan bra memang enggak akan menjamin membuat payudara semakin kencang. Namun, bra bisa mengangkat dan membentuk payudara, lho. Hal yang perlu diketahui, bra pastinya enggak bisa menghindari kekenduran payudara yang disebabkan oleh usia. 

Nah, bagi kamu yang doyan berolahraga, perlu memilih bra yang benar-benar tepat. 

Cobalah gunakan sport bra dengan penyangga yang bisa mengurangi pergerakan payudara. Menurut penelitian, pergerakan payudara saat olahraga bisa menyebabkan peregangan dan kendur. Meskipun begitu, menurut para ahli lainnya masih butuh penelitian lebih banyak untuk membuktikan hal tersebut. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. Try This: 13 Breast-Firming Exercises.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Get Perky Breasts Without Surgery.