Adakah Pencegahan Paling Tepat untuk Kondisi Sindrom Cauda Equina?

Ditinjau oleh: dr. Fitrina Aprilia
Adakah Pencegahan Paling Tepat untuk Kondisi Sindrom Cauda Equina?

Halodoc, Jakarta - Pernah atau sedang mengalami nyeri hebat pada punggung bagian bawah? Kalau iya, barangkali dirimu mengalami suatu kondisi yang disebut dengan sindrom cauda equina. Awas, jangan main-main dengan penyakit ini lho, sebab bisa berakibat fatal bila tak ditangani dengan tepat.

Dalam dunia medis, sindrom cauda equina digambarkan sebagai kondisi saat sekumpulan akar saraf (cauda equina) di bagian bawah saraf tulang belakang mengalami tekanan. Sekelompok akar saraf ini punya tugas menghubungkan antara otak dan organ tubuh bagian bawah. Tugasnya mengirim dan menerima sinyal sensorik dan motorik dari dan menuju tungkai, organ panggul, dan kaki. 

Penyebab utama dari sindrom cauda equina adalah hernia diskus, bantalan tulang belakang mengalami pergeseran. Pertanyaannya, adakah cara untuk mencegah sindrom cauda equina? 

Baca juga: 6 Penyakit yang Bisa Sebabkan Nyeri Punggung

Upaya Mencegah Sindrom Cauda Equina

Sebenarnya cara untuk mencegah sindrom cauda equina terbilang sulit dilakukan. Alasannya simpel, sebab sindrom cauda equina seringkali disebabkan oleh trauma yang enggak bisa diprediksi. Namun, sindrom cauda equina yang disebabkan gegara infeksi akibat penyalahgunaan NAPZA (bentuk suntik) mudah kok. Caranya simpel, jangan menggunakan narkotika suntik secara ilegal. 

Nah, berikut ini beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mencegah sindrom cauda equina. 

  • Menghindari penggunaan narkotika suntik secara ilegal;

  • Selalu menjaga berat badan agar tetap ideal;

  • Hindari aktivitas mengangkat atau mendorong benda berat;

  • Perhatikan posisi tubuh saat duduk, bergerak, atau mengangkat beban;

  • Gunakan alat pelindung diri ketika melakukan aktivitas yang berisiko untuk mengalami cedera; dan

  • Olahraga teratur, khususnya jenis olahraga yang bisa memperkuat otot punggung.

Lalu, bagaimana dengan gejala sindrom cauda equina?

Ditandai Sederet Gejala

Berbicara gejala sindrom cauda equina, berarti kita juga membicarakan banyak tanda di sini. Sebab ketika terserang sindrom cauda equina, umumnya pengidapnya akan mengalami gejala yang bervariasi. Di samping itu, gejalanya bisa muncul secara bertahap. 

Berikut ini gejala yang ditimbulkan oleh sindrom cauda equina: 

  • Rasa nyeri yang hebat pada punggung bagian bawah;

  • Nyeri di sepanjang saraf panggul (skiatika);

  • Otot tungkai mengalami kelemahan;

  • Mati rasa di daerah pangkal paha;

  • Inkontinensia alvi (tinja), ketidakmampuan untuk mengontrol buang air besar;

  • Masalah saat buang air kecil, atau sulit menahan kencing (inkontinensia urine);

  • Disfungsi seksual yang muncul tiba-tiba; dan

  • Refleks anggota tubuh bagian bawah berkurang atau menghilang.

Nah, bila merasakan gejala-gejala di atas, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc

Kira-kira apa jadinya bila sindrom cauda equina dibiarkan berlarut-larut?

Baca juga: 3 Penyebab Nyeri Punggung yang Jarang Diketahui

Awas, Bisa Berujung Kelumpuhan

Jangan main-main dengan sindrom cauda equina. Sebab bila dibiarkan tanpa penanganan yang tepat dan cepat, penyakit ini bisa menimbulkan berbagai masalah lainnya. Nah, berikut ini beberapa komplikasi sindrom cauda equina:

  • Disfungsi seksual. sindrom cauda equina yang dibiarkan berlarut-larut, bisa berujung pada rusak atau terganggunya saraf organ reproduksi, terutama pria. 

  • Inkontinensia urine dan tinja. Komplikasi ini bisa terjadi ketika tubuh kehilangan kendali atas buang air kecil (urine) dan buang air besar (tinja). Kedua hal ini disebabkan saraf yang tidak berfungsi secara normal. 

  • Kelumpuhan permanen. Ini komplikasi yang cukup mengerikan. Saraf yang tertekan bisa saja mengalami kerusakan permanen bila tak ditangani. Nah, hal inilah yang bisa menyebabkan kelumpuhan permanen (terutama di bagian tungkai). 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
WebMD (Diakses pada 2019). Cauda Equina Syndrome Overview
Verywell Health (Diakses pada 2019). Cauda Equina Syndrome Symptoms, and Causes.