10 February 2018

Agar Miss V Tak Mudah Gatal, Ini Dia Caranya!

Agar Miss V Tak Mudah Gatal, Ini Dia Caranya!

Halodoc, Jakarta — Rasa gatal di daerah miss V sering sekali terjadi pada para wanita. Penyebabnya beragam dan kebanyakan tidak berbahaya. Tetapi, miss V yang gatal tentulah menimbulkan rasa kurang nyaman, karena kamu tidak selalu bisa menggaruk bagian yang gatal, terlebih lagi ketika kamu sedang berada di tempat umum. Oleh karena itu, simak dibawah ini untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi vagina gatal.

Penyebab paling umum gatalnya area kewanitaan adalah BV (Bacterial vaginosis) yang muncul karena bakteri sehat yang tidak seimbang dan perubahan pH pada miss V. BV bisa terjadi kapan saja saat adanya perubahan, seperti penggunaan antibiotik, stres atau perubahan pola makan. Untuk mengatasi BV ini, kamu bisa pakai obat khusus setelah berdiskusi dengan dokter ahli.

Rasa gatal bisa juga terjadi karena iritasi akibat alergi produk tertentu. Alergi ini bisa didapatkan dari parfum, kondom, alat cukur atau cairan yang tidak cocok di kulitmu. Perubahan level hormon yang sering terjadi saat menstruasi, hamil, menopause juga dapat menyebabkan gatal.

Apabila rasa gatal timbul di masa menstruasi, kamu bisa mengatasinya dengan memilih dan membeli produk pembalut yang tidak menimbulkan iritasi pada kulit melalui aplikasi Halodoc.

Hindari penggunaan pembalut atau tisu toilet yang mengandung parfum, dan cairan pembersih berbahan kimia serta selalu bersihkan miss V dengan air bersih. Sebaiknya tidak membersihkan daerah kewanitaan lebih dari sekali dalam sehari dan biasakan untuk mengeringkan miss V dari depan ke belakang, bukan sebaliknya agar tidak terjadi perpindahan bakteri dari dubur. 

Cara mengatasi miss V gatal, selain membeli pembalut yang tidak menimbulkan iritasi kulit, kamu juga bisa langsung tanyakan ke dokter ahli Halodoc melalui voice/video call dan chat. Selain itu, kamu juga melakukan cek lab lho!. Mudahkan? Ayo, unduh Halodoc di App Store atau Google Play sekarang.