14 May 2018

Agar Tak Salah, Ini 5 Tips Mencegah GERD

Agar Tak Salah, Ini 5 Tips Mencegah GERD

Halodoc, Jakarta - GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease merupakan penyakit yang sering dialami oleh sebagian orang terutama setelah makan. GERD terjadi karena jumlah asam lambung yang naik ke esofagus melebihi batas normal. Inilah yang mengakibatkan beberapa gejala seperti dada terasa panas dan berdebar, naiknya asam lambung, kesulitan menelan, rasa asam atau pahit di mulut, mual, sampai muntah.

Sebenarnya, GERD ini dipicu oleh gaya hidup yang salah. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara tepat untuk mencegah GERD agar tak mengganggu kesehatan.

  1. Turunkan Berat Badan Jika Overweight

Untuk mencegah GERD yang pertama adalah kamu mesti memerhatikan berat badan kamu terlebih dahulu. Berat badan berlebih dapat memicu GERD karena adanya peningkatan tekanan pada perut yang melemahkan otot katup esofagus bagian bawah. Banyak pengidap GERD yang keluhannya membaik setelah berhasil menurunkan berat badan.

  1. Hindari Beberapa Jenis Makanan

Beberapa makanan dan minuman sebaiknya dihindari untuk mencegah GERD. Beberapa contoh makanannya yaitu cokelat, alkohol, jus jeruk, makanan yang mengandung tomat, makanan berlemak, merica, pepermint, kopi, dan bawang. Jenis makanan ini dapat mengiritasi mukosa lambung dan esofagus dan melemahkan otot katup esofagus bawah.

  1. Hindari Makanan Jumlah Besar

Makan dengan porsi kecil tetapi sering lebih baik daripada porsi besar sekaligus. Ini karena makan dengan porsi besar dapat berpotensi meningkatkan kerja lambung sehingga melemahkan otot katup esofagus bawah yang berakibat GERD.

  1. Hindari Berbaring Setelah Makan

Tunggulah 3 jam setelah makan kalau kamu ingin tidur atau berbaring. Beri kesempatan asam lambung turun dan lambung mengosongkan diri dengan posisi duduk kurang lebih 3 jam setelah makan terakhir.

  1. Hindari Rokok

Merokok dapat melemahkan otot katup esofagus bawah. Berhenti merokok adalah tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah GERD.

Punya pertanyaan seputar GERD? Kamu bisa langsung menanyakan kepada dokter Halodoc. Gunakan aplikasi Halodoc dan hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play.