08 April 2018

Agar Terhindar dari Nyeri Punggung Saat Bekerja, Kamu Harus Lakukan Gerakan Ini!

Agar Terhindar dari Nyeri Punggung Saat Bekerja, Kamu Harus Lakukan Gerakan Ini!

Halodoc, Jakarta – Menghabiskan berjam-jam duduk di depan komputer bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah pada punggung. Keadaan ini biasanya terjadi pada mereka yang bekerja di kantor karena harus bekerja dalam posisi duduk.

Berdasarkan penelitian Cornell University dan Cleveland Clinic Center for Spine Health, mereka mengungkapkan bahwa untuk mengatasi nyeri punggung saat bekerja karena terlalu lama duduk, seseorang sebaiknya melakukan beberapa perubahan sederhana dalam cara bekerja.

Berikut ini beberapa penyesuaian yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari nyeri punggung:

Sesuaikan Kursi

Sebelum memulai pekerjaan, kamu harus menyesuaikan dulu kursi yang akan diduduki. Kursi yang cocok untuk kerja sebaiknya stabil. Tinggi kursi dan sandarannya harus menyesuaikan dengan meja kerjamu. Pada bagian punggung bawah, kursi seharusnya dibuat melengkung maju sesuai kursi agar terhindar dari tekanan. Jika kursi yang digunakan tidak memiliki lengkungan di bagian punggung bawahnya, kamu bisa menggantikannya dengan bantal.

Sementara, meja dan kursi sebaiknya dibuat seimbang dan posisi lengan membentuk sudut 90 derajat. Sedangkan, posisi kaki sendiri seharusnya dibuat rata di lantai.

Regangkan Punggung

Setiap 30 hingga 60 menit sekali, lakukankah peregangan punggung untuk menghindari tekanan di cakram tulang belakang serta melakukan pelemasan terhadap otot-otot. Selain itu, kamu juga bisa berjalan selama beberapa detik agar dampak negatif terlalu lama duduk bisa diatasi.

Variasi gerakan lainnya adalah dengan berdiri dan menempatkan tangan di punggung bawah lalu pinggul di dorong perlahan ke depan sehingga punggung melengkung. Hal ini pun mampu melepaskan tekanan pada punggung.

Perkuat Otot Inti

Jika memungkinkan, lakukan gerakan pilates yang bermanfaat untuk memperkuat otot-otot inti pada tubuh. Pasalnya, pilates lebih efisien dalam mengurangi dampak negatif terlalu lama duduk.

Sementara untuk menghindari terjadinya nyeri pada punggung akibat terlalu lama duduk, aktivitas aerobik secara rutin dan teratur bisa jadi pilihan. Bukan hanya otot di bagian punggung, tapi juga otot di seluruh tubuh dapat diregangkan dengan aerobik.

Istirahat

Sebelum rasa nyeri pada punggung menyerang, ada baiknya kamu bangkit dari kursi dan melemaskan otot-otot dengan beristirahat sejenak. Tarik napas dalam-dalam agar stres berkurang.

Apabila seseorang telah mengalami nyeri punggung, cara terbaik adalah dengan tetap bergerak aktif. Sebab, jika kamu tidak melakukan pergerakan apapun, otot di punggung akan semakin lemah. Akibatnya, rasa nyeri tersebut akan berlangsung dalam waktu yang lama.

Namun, apabila kamu telah mengalami nyeri punggung dalam jangka panjang, segera diskusikan dengan dokter di Halodoc. Ada beragam pilihan komunikasi berupa chat, voice, atau video call untuk berdiskusi dengan dokter yang ada di Halodoc. Jika kamu ingin membeli kebutuhan medis seperti obat atau vitamin, kamu bisa menggunakan layanan Pharmacy Delivery yang akan mengantarkan ke tempat tujuan dalam waktu tidak lebih dari satu jam.

Nah, saat ini Halodoc pun telah melengkapi fiturnya dengan layanan Lab Service. Layanan baru ini memungkinkan kamu untuk melakukan pemeriksaan darah dan juga menentukan jadwal, lokasi, dan petugas lab yang akan datang ke lokasi tujuan. Hasil labnya pun bisa dilihat langsung pada aplikasi layanan kesehatan Halodoc. Sementara, Halodoc sendiri telah bekerjasama dengan Laboratorium Klinik terpercaya yaitu Prodia. Segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.

Baca juga: Nyeri Punggung