24 May 2018

Ajak si Kecil Lakukan Hal Ini agar Tak Lemas saat Puasa

Ajak si Kecil Lakukan Hal Ini agar Tak Lemas saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Mengeluh lapar dan haus adalah hal yang wajar dilakukan anak yang sedang berpuasa. Apalagi jika pengalaman puasa ini adalah yang pertama bagi Si Kecil. Merasa lemas dan lapar saat puasa memang wajar, tapi orang tua sebaiknya tidak membiasakan anak melakukan hal ini.

(Baca juga: Cara Mengajak Si Kecil agar Berpuasa Sejak Dini)

Nyatanya terlalu sering mengeluh saat puasa bisa membentuk sifat buruk. Selain itu, hal ini malah hanya akan membuat anak selalu teringat pada rasa lapar dan merasa puasa menjadi lebih berat untuk dijalani. Nah untuk menghindari hal tersebut, kamu perlu tahu nih hal-hal yang bisa dilakukan bersama Si Kecil agar ia tak lemas selama puasa. Apa saja?

 

  • Tidur siang

 

Siang hari adalah waktu di mana rasa lapar dan haus akan terasa lebih berat dibanding waktu lainnya. Tak jarang, pada jam-jam tersebut keluhan anak semakin menjadi-jadi. Untuk menghindarinya, biasakan untuk mengajak anak tidur siang.

Selain mengalihkan rasa lapar, tidur siang juga bisa membantu memenuhi jam istirahat yang dibutuhkan anak. Pasalnya, jam tidur adalah satu hal yang akan berubah, dan cenderung berkurang selama bulan puasa. Kurang tidur telah terbukti dapat membuat siapa saja merasa lemas saat berpuasa. Maka orang tua perlu untuk mengatur jadwal tidur dan buatlah Si Kecil menyepakatinya.

 

  • Isi hari dengan kegiatan menyenangkan

 

Mengalihkan perhatian anak dari rasa lapar dan haus bisa dilakukan dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Agar lebih lengkap, pastikan kegiatan menyenangkan yang dilakukan juga bisa memberi manfaat bagi Si Kecil.

Orangtua bisa mengajak anak untuk mengisi waktu dengan membaca buku, atau menonton film. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga bisa memberi wawasan baru bagi Si Kecil. Pilihlah jenis cerita yang sesuai dengan usia anak. Bisa juga memilih bahasan keagamaan yang akan membantu meningkatkan keinginan serta semangat anak untuk berpuasa.

(Baca juga: Tips Agar Si Kecil Tetap Fit saat Puasa)

 

  • Bermain

 

Bermain bisa menjadi penawar saat Si Kecil mulai terlihat lemas dan tidak bersemangat menjalankan puasa. Ada banyak jenis permainan yang bisa dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Kamu juga bisa mengajak anak menggambar, atau sekadar mewarnai untuk mengalihkan perhatian anak dari rasa lemas. Melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama orang tersayang bisa membuat suasana hati anak menjadi lebih baik sehingga ia tidak melulu mengeluh. Kamu bisa mengajak Si Kecil bermain di taman belakang rumah pada sore hari.

 

  • Pastikan fisik tetap aktif

 

Puasa jangan sampai dijadikan alasan untuk tidak melakukan aktivitas seperti biasanya. Cara paling ampuh untuk membuat anak mau bergerak adalah dengan memberinya contoh. Artinya, orang tua juga harus melakukan hal yang sama.

Dalam hal ini, orangtua bisa mengajak anak melakukan olahraga ringan di taman agar terhindar dari rasa lemas. Misalnya dengan bersepeda, jalan-jalan, atau hanya berlari kecil.

 

  • Menyiapkan makanan

 

Nah, kalau kegiatan ini bisa kamu lakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Memompa semangat anak bisa dilakukan dengan mengajaknya menyiapkan menu makanan untuk berbuka puasa. Selain membebaskan anak berkreasi dan bergerak, kegiatan ini juga bisa membuat ia lebih menyukai puasa dan mau melakukannya lagi dan lagi.

Namun jika anak menunjukkan gejala lemas yang tak biasa, kamu perlu berhati-hati. Mungkin ada yang salah dengan kondisi tubuhnya. Jika hal ini yang terjadi, segera lakukan pemeriksaan atau bicarakan masalah ini pada dokter di Halodoc. Dokter bisa dihubungi lewat Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!