27 June 2018

Ajari Anak Kebiasaan Kecil Ini agar Lebih Sehat

mengajarkan kesehatan pada anak, melatih kebiasaan pada anak,

Halodoc, Jakarta – Sebagai orang tua, ibu dan ayah perlu mengajarkan anak berbagai macam hal sejak dini, agar ia tumbuh menjadi pribadi yang membanggakan seperti yang ibu dan ayah inginkan. Ajarkan ia bagaimana caranya agar lebih disiplin, berbakti pada orang tua, juga membiasakan untuk bertanggung jawab terhadap segala hal yang dilakukan atau dialaminya.

Namun, ibu dan ayah juga tidak boleh lupa untuk mengajarkan kesehatan pada anak dengan melakukan kebiasan-kebiasan kecil berikut ini:

Selalu Mencuci Tangan Pakai Sabun

Anak selalu suka beraktivitas di luar ruangan bersama teman-temannya. Banyak hal menarik dan baru yang akan ditemuinya. Tentu saja hal tersebut begitu mengundang rasa penasarannya. Ia akan menyentuh atau menggenggam benda-benda yang menyita perhatiannya. Pastinya, ini akan membuat tangannya penuh dengan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Inilah mengapa ibu perlu mengajari Si Kecil untuk selalu mencuci tangan menggunakan sabun. Terlebih setelah anak beraktivitas di luar rumah atau sebelum makan. Pastikan tangan sang buah hati selalu bersih agar ia terhindar dari berbagai bakteri dan kuman yang mendatangkan penyakit.

Baca juga: 5 Trik Menjaga Kesehatan Anak Saat Perubahan Cuaca

Membersihkan Tempat Tidur

Ada banyak cara yang bisa ibu lakukan untuk melatih rasa tanggung jawab pada Si Kecil. Salah satunya adalah dengan mengajari Si Kecil untuk membersihkan tempat tidurnya selepas bangun tidur. Ini akan membuat Si Kecil lebih bertanggung jawab terhadap semua hal yang ia lakukan. Jangan lupa pula untuk melatih dan membiasakan anak untuk membersihkan kamarnya.

Rutin Berolahraga

Mengajarkan kesehatan pada anak juga bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Malas menjadi salah satu sifat yang sering melekat pada anak. Terlebih jika ia telah banyak melakukan aktivitas, seperti sekolah, bimbingan belajar, berbagai kegiatan ekstrakurikuler. Tidak jarang jika Si Kecil akan merasa kelelahan dan ingin menghabiskan waktu akhir pekan dengan banyak tidur.

Kebiasaan jelek ini tidak boleh dibiarkan. Oleh karena itu, ajaklah ia berolahraga setiap akhir pekan. Ajaklah anak mengayuh sepedanya, berlari, berenang, atau berjalan-jalan pagi. Aktivitas ini akan lebih baik jika dilakukan setiap pagi hari. Namun, agar anak tidak kelelahan, berolahraga di akhir pekan juga sudah cukup.

Menghindari Jajan Sembarangan dengan Menabung

Di era dengan perkembangan teknologi yang teramat pesat, uang menjadi salah satu hal yang amat dibutuhkan. Anak yang baru pertama memiliki uang akan cenderung menghabiskannya untuk membeli semua barang yang ia inginkan. Agar tidak terjadi, atasi dengan menyediakan celengan di dalam kamarnya. Ajak anak untuk memasukkan sebagian uang yang didapatkannya ke dalam celengan tadi.

Cara ini amat berguna untuk mengajari sang buah hati bagaimana hidup hemat dan mengatur keuangan yang baik. Selain itu, anak pun akan terhindar dari kebiasaan jajan sembarangan yang tentu tidak baik untuk kesehatan tubuhnya.

Baca juga: Mitos Kesehatan Anak yang Harus Berhenti Dipercaya

Membiasakan untuk Menggosok Gigi Setelah Makan dan Sebelum Tidur

Tak hanya kebersihan kamar, rumah, dan lingkungan, anak juga perlu memperhatikan kebersihan tubuhnya, terutama gigi. Malas menggosok gigi akan membuat gigi anak menjadi sarang kuman dan bakteri. Akibatnya, gigi akan mudah berlubang, bau mulut pun menjadi tidak sedap. Oleh karena itu, ajaklah Si Kecil untuk menggosok gigi setiap selesai makan dan sebelum tidur, agar kesehatan giginya selalu terjaga.

 

Itu tadi beberapa cara mengajarkan kesehatan pada anak melalui kebiasaan-kebiasaan dan aktivitas rutin. Pastikan pula anak mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup. Ibu bisa membeli berbagai jenis vitamin untuk anak melalui aplikasi Halodoc. Semua pesanan ibu akan diantarkan dalam waktu satu jam saja. Namun, ibu perlu mengunduh aplikasi Halodoc terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya. Tidak sulit kok, karena aplikasi ini sudah tersedia di App Store atau Google Play Store.