07 August 2018

Alasan Olahraga Tim Baik untuk Kesehatan

Olahraga tim, manfaat olahraga tim untuk kesehatan, olahraga

Halodoc, Jakarta – Olahraga bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja. Baik olahraga individu maupun berkelompok (tim), keduanya sama-sama memberikan manfaat untuk tubuh, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat. Namun, dibanding olahraga individu, ada manfaat lain yang bisa kamu dapatkan jika dilakukan secara tim. Simak penjelasannya di sini, yuk!

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat: Olahraga Sendiri atau Berkelompok?

Kenapa Olahraga Tim Baik untuk Kesehatan?

Ada banyak manfaat yang bisa didapat melalui olahraga tim. Antara lain meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, serta menjadi cara terbaik untuk bersosialisasi dengan orang lain. Bahkan, beberapa studi telah menemukan banyak manfaat olahraga tim yang bisa didapat. Apa saja manfaatnya?

1. Meningkatkan Motivasi Berolahraga

Daripada duduk diam terlalu lama di depan gadget, sebaiknya kamu melakukan aktivitas fisik sederhana yang kamu bisa. Jika malas melakukannya sendiri, kamu bisa mengajak teman atau bergabung dengan kelompok tertentu untuk berolahraga. Misalnya, kelompok futsal, sepak bola, voli, atau klub zumba. Apapun itu, sebuah studi telah menemukan bahwa olahraga tim bisa meningkatkan motivasi untuk berolahraga sehingga bisa berdampak positif pada intensitas olahraga yang dilakukan. Jika terus dilakukan, olahraga yang dilakukan bisa menurunkan risiko obesitas, diabetes, arthritis, hingga penyakit jantung.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Sebuah studi menemukan bahwa olahraga tim bisa membuat seseorang lebih mensyukuri dan menikmati hidup. Ini termasuk memengaruhi cara ia mengendalikan diri, sehingga bisa menurunkan stres dan risiko depresi. Alasannya karena saat melakukan olahraga tim, kamu akan berinteraksi dengan banyak orang. Hal inilah yang akhirnya bisa meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jika dilakukan sendirian, tidak ada kompetisi yang “memaksa” kamu untuk berolahraga lebih baik. Ini termasuk motivasi, durasi, dan intensitas yang dilakukan. Dengan adanya kompetisi saat olahraga tim, kamu memiliki pacuan untuk berolahraga lebih baik. Itu mengapa sebuah studi menyebutkan, olahraga tim bisa meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.

4. Meningkatkan Kecerdasan

Saat berolahraga secara tim, dibutuhkan kemampuan multitasking. Misalnya, mengatur gerakan tubuh saat berolahraga, memantau pergerakan tim lawan, dan mengatur strategi untuk menang sambil terus berolahraga. Itu sebabnya, sebuah studi menemukan bahwa olahraga tim bisa meningkatkan kecerdasan seseorang karena kemampuan untuk multitasking, yakni melakukan banyak hal dan tetap berkonsentrasi dalam satu waktu.

Baca juga: Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan dengan Teman

Selain empat manfaat di atas, olahraga tim juga bisa meningkatkan soft skills yang berguna untuk kehidupan sehari-hari. Antara lain kemampuan berinteraksi sosial, kepemimpinan, bekerjasama, ketahanan diri, disiplin, ketekunan, kedisiplinan, sportivitas (sikap adil dan jujur terhadap lawan), dan keterampilan fisik.  

Itulah empat alasan olahraga tim baik untuk kesehatan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat olahraga tim, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!