22 May 2018

Alasan Terjatuh di Kamar Mandi bisa Berakibat Fatal

Alasan Terjatuh di Kamar Mandi bisa Berakibat Fatal

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mendengar kabar seseorang jatuh di kamar mandi hingga menyebabkan kematian? Kejadian seperti ini tak jarang terjadi di sekitar kita, menimpa kenalan bahkan saudara, hingga mitos seputarnya simpang siur terdengar. Ada yang mengatakan bahwa jatuh di kamar mandi disebabkan oleh serangan stroke. Bahkan, ada pula yang mengaitkannya dengan hal-hal berbau mistis.

Kondisi kamar mandi yang terkunci kadang membuat penyebab langsung dari kejadian ini tidak diketahui secara pasti. Inilah yang membuat peristiwa jatuh di kamar mandi menjadi misterius. Tentunya, ada penjelasan medis di balik terjatuhnya seseorang di kamar mandi dan cedera yang dialaminya. Yuk, kita simak selengkapnya!

(Baca juga: Ketahui 7 Ciri Gejala Awal Sakit Jantung)

Mengapa Jatuh di Kamar Mandi Berakibat Fatal?

Sebagian potensi bahaya dari jatuhnya seseorang di kamar mandi muncul karena desain dari ruangan dan peralatan yang ada di dalamnya. Dua di antaranya adalah keberadaan benda tajam dan keras serta ruangan yang terkunci dari dalam.

Bagian Tubuh Terbentur Permukaan Tajam dan Keras

Umumnya, di dalam kamar mandi terdapat toilet, baik toilet duduk ataupun jongkok untuk buang air kecil dan besar, serta peralatan untuk mandi, seperti bak mandi, bathtub, atau shower. Semua peralatan di atas memiliki material yang padat dan keras. Pada beberapa kamar mandi, bak didesain dengan tepian yang tajam. Beberapa toilet jongkok juga memiliki undakan dengan tepian yang tajam. Benturan bagian tubuh pada permukaan tajam dan keras inilah yang membahayakan saat seseorang jatuh di kamar mandi.

Jika kaki atau tanganmu terbentur, kemungkinan besar kamu tak akan langsung hilang kesadaran. Namun akibatnya, tangan atau kakimu bisa memar, bahkan hingga retak pada beberapa kasus ekstrem. Ada juga risiko terjatuh di posisi duduk yang bisa mencederai tulang ekor. Yang paling berbahaya adalah jika kepala terbentur tepian-tepian tajam tadi. Benturan di area kepala bisa memicu perdarahan di otak hingga menyebabkan seseorang tak sadarkan diri.

Terkunci dari Dalam Ruangan Tertutup dan Kedap Suara

Desain kamar mandi yang bisa dikunci dari dalam memang mengedepankan privasi. Namun ini bisa berbahaya, apa lagi kalau dinding dan pintu kamar mandi cenderung tebal dan kedap suara. Pada beberapa kasus, suara orang terjatuh tidak terdengar dari luar. Sehingga, orang lain di rumah tak bisa mendeteksi dan memberikan pertolongan pertama. Terlebih jika kamu tinggal sendirian.

Dalam kasus lain, bila ada yang mengetahui kejadian seperti ini, ia bisa menolong. Sayangnya, pertolongan pertama ini bisa terkendala pintu yang terkunci dari dalam. Kalau kamu menemui situasi seperti ini, segera ketuk pintu dan tanyakan apakah orang yang berada di dalam kamar mandi baik-baik saja atau membutuhkan pertolongan.

Apabila dia tidak menyahut setelah beberapa kali dipanggil, tarik napas dan cobalah untuk tetap tenang. Telepon ambulans atau seseorang yang bisa mengantarkannya ke rumah sakit. Lalu cari kunci cadangan dan buka pintunya dari luar. Jika tak ada kunci cadangan, mintalah bantuan orang lain untuk mendobrak pintunya.

Penyebab Jatuh di Kamar Mandi

Fakta di balik jatuhnya seseorang di kamar mandi sebetulnya tidak terkait dengan hal mistis. Inilah fakta medisnya.

Terpleset Permukaan Lantai yang Licin

Lantai kamar mandi yang licin adalah hal yang paling sering menyebabkan seseorang jatuh di kamar mandi. Jika memiliki kamar mandi basah, rutin membersihkan lantai dari lumut dan kotoran adalah hal yang sangat krusial. Karena kotoran bisa membuat lantai licin. Pemilihan lantai atau ubin yang bertekstur juga bisa membantu mengurangi risiko jatuh di kamar mandi karena terpeleset.

Jika memungkinkan, kamu bisa mengondisikan agar lantai kamar mandi selalu kering. Caranya adalah dengan memberi separasi pada area mandi atau shower dengan tirai antiair atau kaca. Sediakan juga keset di dalam kamar mandi agar kaki tetap kering selepas mandi.

Pingsan di Kamar Mandi

Pingsan juga bisa jadi salah satu kemungkinan penyebab seseorang jatuh di kamar mandi. Seseorang bisa pingsan jika terdapat gangguan pada pusat kesadaran karena kurangnya asupan oksigen di otak. Faktor yang bisa memicu gangguan kesadaran ini berbeda, antara lain:

(Baca juga: Ketahui 4 Ciri Tekanan Darah Rendah)

  • Tekanan darah rendah
  • Gula darah rendah
  • Gangguan elektrolit dan kurangnya asupan cairan tubuh
  • Serangan stroke
  • Kejang dan gangguan sistem saraf lainnya

Serangan Stroke

Tak jarang juga kasus jatuh di kamar mandi disebabkan karena serangan stroke. Meski begitu, belum ada penelitian yang memastikan kaitan antara kedua hal tersebut. Terkait stroke, ada mitos yang mengatakan jika mengguyur kepala dengan air dingin akan memicu stroke karena adanya perubahan suhu yang ekstrem. Nah, secara medis, mitos ini tidak benar. Suhu air normal di kamar mandi tidak akan memicu perubahan suhu ekstrem di tubuh, apa lagi sampai menyebabkan stroke.

Nah, setelah mengetahui fakta ini, kamu perlu lebih berhati-hati ketika beraktivitas di kamar mandi. Hindari melompat atau melangkah terlalu cepat di dalam kamar mandi, serta bersihkan lantai secara rutin agar tidak tidak terpeleset. Bila perlu, ubahlah desain kamar mandi jika terdapat tepian tajam.

(Baca juga: Lakukan 5 Terapi Ini untuk Sembuhkan Stroke Ringan)

Agar bisa menolong, kamu bisa hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya mengenai pertolongan pertama bagi orang yang jatuh di kamar mandi. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!