Alergi dengan Kosmetik? Ini yang Akan Terjadi pada Kulit

Alergi dengan Kosmetik? Ini yang Akan Terjadi pada Kulit

Halodoc, Jakarta - Meski bisa membuat tampilan jadi lebih cantik dan menawan, ada kalanya produk-produk kosmetik bisa memicu berbagai masalah kulit. Lantas, apa saja sih dampak yang bisa ditimbulkan dari alergi kosmetik?

1. Bengkak dan Iritasi pada Mata

Alergi kosmetik bisa disebabkan oleh produk seperti maskara, eyeshadow, eyeliner, hingga alas bedak. Karena produk ini digunakan untuk merias area mata, maka alergi yang timbul umumnya terjadi di sekitar mata. Nah, ketika kandungan kimia produk tersebut bersentuhan dengan kulit di sekitar mata, bisa saja dirimu akan mengalami ruam.

Alergi kosmetik yang disebabkan oleh produk ini awalnya akan menyebabkan kulit di sekitar mata menjadi merah dan terasa gatal. Bahkan dalam beberapa kasus, bisa membuat kulit mengelupas. Tak sampai disitu saja, alergi kosmetik di sekitar mata juga bisa membuat kelopak mata membengkak dan berair.

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Alergi, Waspadai Gejala-gejalanya

Selain dampak-dampak di atas, riasan mata yang bersentuhan dengan kulit di sekitar mata juga bisa menyebabkan iritasi dan konjungtivitis. Kok bisa?

Kondisi ini merupakan infeksi selaput transparan mata yang membuat pembuluh darah jadi terlihat dan daerah putih bola mata jadi merah. Terkadang hal inilah yang membuat dirimu akan merasa amat peka terhadap cahaya silau.

2. Bibir  Membengkak

Selain menyebabkan masalah pada area mata, alergi kosmetik juga bisa memicu masalah pada bibir. Contohnya, alergi yang ditimbulkan oleh produk kecantikan, seperti lipstik atau lip balm. Kedua produk ini bisa saja menimbulkan peradangan pada bibir yang biasa disebut dengan cheilitis. Nah, kondisi ini ujung-ujungnya bisa membuat bibir menjadi merah, kering, gatal, hingga bengkak.  

3. Gatal dan Ruam

Alergi kosmetik juga bisa menyebabkan gatal dan ruam pada kulit wajah. Alasannya jelas, kandungan produk kosmetik bisa memengaruhi struktur dan fungsi kulit. Kondisi ini nantinya bisa menyebabkan peradangan pada kulit.

Alergi ringan memang masih bisa diobati, tapi bila gejala alergi terjadi terus-menerus ketika kamu menggunakan produk tersebut, kemungkinan alergi bisa bertambah parah. Di kondisi ini sebaiknya kamu perlu meminta bantuan dan perawatan dokter.

Baca juga:  4 Tips Teliti Membeli Kosmetik Aman untuk Kulit

Alergi kulit terhadap kosmetik bisa menimbulkan reaksi seperti biduran. Kondisi ini terjadi ketika kulit bereaksi pada suatu yang bersifat alergen. Di tahap ini, mungkin dirimu akan mengalami gatal, muncul sensasi kesemutan, kulit terasa panas atau perih, hingga ruam dan bengkak.

Tips Atasi Alergi Kosmetik

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi alergi kosmetik. Nah, berikut tips-tipsnya.

1. Jaga Kebersihan Kulit

Mencuci wajah enggak harus selalu menggunakan sabun pencuci muka kok. Sebab, penggunaan sabun muka yang terlampau sering bisa menyebabkan kulit wajah jadi kering, mudah teriritasi, dan keluhan lainnya. Sebaiknya, gunakanlah sabun wajah untuk mencuci muka pada malam hari sebelum tidur. Akan lebih baik lagi, bila sabun yang kamu pilih memiliki pH normal (seimbang). Di samping itu, cucilah muka 2–3 kali perhari dengan air biasa (tidak perlu selalu menggunakan sabun wajah).

2. Stop Penggunaannya

Ketika gejala alergi sudah mulai muncul, segeralah hentikan penggunaan kosmetik yang diduga menjadi biang keladinya. Setelah itu, temuilah dokter ahli untuk melakukan pemeriksaan. Pasalnya, kemungkinan besar keluhan itu disebabkan oleh produk kosmetik yang digunakan.

Nah, bila alergi kosmetik semakin memburuk, segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Ingat, penanganan yang tepat dapat meminimalkan dampak alergi. Untuk melakukan pemeriksaan, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan kamu melalui aplikasi Halodoc. Mudah bukan? Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.