Anak Sindrom Down Juga Bisa Berprestasi

anak sindrom down

Halodoc, Jakarta - Sindrom Down merupakan salah satu kelainan genetik yang cukup sering terjadi. Namun, dengan penanganan yang tepat, anak dengan kondisi ini bisa hidup sehat dan mampu menjalani aktivitas dengan mandiri seperti anak seusianya. Beginilah cara mendidik Si Kecil dengan sindrom Down agar bisa berprestasi.

Baca juga: 4 Faktor Risiko Penyebab Memiliki Anak dengan Down Syndrome

Sindrom Down, Anak dengan Kelebihan Kromosom

Anak dengan sindrom Down akan memiliki kelebihan kromosom yang akan menyebabkan gangguan belajar dan ciri fisik tertentu. Beberapa anak dengan sindrom ini bisa melakukan berbagai aktivitas sendiri selayaknya anak normal. Sementara anak yang lain mungkin akan membutuhkan bantuan orang lain untuk membantu memenuhi kebutuhannya.

Ini Gejala yang Muncul pada Anak Pengidap Sindrom Down

Pengidap kondisi ini akan memiliki kelainan fisik yang khas. Kelainan tersebut berupa:

  • Otot tidak terbentuk dengan sempurna.
  • Terdapat bintik-bintik putih di bagian iris mata.
  • Telapak tangan lebar dan hanya memiliki satu garis tangan.
  • Berat badan tergolong rendah saat kelahiran.
  • Ukuran kepala lebih kecil.
  • Memiliki tungkai dan jari-jari yang pendek.
  • Bentuk telinga lebih kecil dari anak seusianya.
  • Mulut berukuran kecil dengan lidah yang terjulur.
  • Leher pendek dengan kulit di belakang leher terlihat kendur.
  • Otot lemah dan sangat lentur.
  • Memiliki tulang hidung rata dan telinga yang kecil.
  • Berat dan tinggi badan rendah dibanding rata-rata anak seusianya.

Anak dengan kondisi ini cenderung akan tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan anak seusianya. Selain memengaruhi fisik, sindrom Down juga menghambat perkembangan anak dalam berjalan, dan bicara. Selain itu, anak sulit untuk berkonsentrasi, memecahkan masalah, dan memahami akibat dari perbuatannya.

Baca juga: Jangan Patah Semangat, Anak Sindrom Down Juga Bisa Mandiri

Anak Sindrom Down Bisa Berprestasi

Anak dengan sindrom Down merupakan anak yang memiliki kekurangan dalam perkembangan otak kirinya. Meski demikian, otak kanannya tetap berkembang dengan baik. Nah, disinilah peran orangtua sangat diperlukan dalam membantu, mengarahkan, dan membekali perkembangannya secara optimal. Ibu, begini cara mendidik Si Kecil dengan sindrom Down agar bisa berprestasi:

  1. Kenali karakter anak. Pelajari karakteristik anak, baik dari aspek kognitifnya, sosial, perilaku, bahasa, maupun psikologisnya. Dengan begitu, ibu akan paham dengan cara apa ibu akan mengajari Si Kecil.
  2. Amati pola belajarnya. Apakah anak lebih tertarik dengan pola belajar visual? Jika iya, ibu bisa memulai dengan gambar-gambar yang disukai oleh Si Kecil.
  3. Jangan bandingkan kemampuan anak sindrom Down dengan anak normal.
  4. Berikan anak kesempatan belajar. Ibu bisa melakukannya dengan membiarkan anak mencari tahu apa yang dia sukai. Nah, apa yang dia sukai ini bisa saja akan membawa anak untuk memiliki prestasi di kemudian hari.
  5. Jangan pernah berhenti untuk menstimulasi anak. Jangan berhenti untuk selalu menerima dan mengarahkan anak, karena dengan begitu anak akan terinspirasi dengan sendirinya.

Baca juga: Memilih Pendidikan yang Tepat bagi Anak Sindrom Down

Jika ibu ingin berdiskusi seputar tumbuh kembang Si Kecil, Halodoc bisa jadi solusinya. Dengan aplikasi Halodoc, ibu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli di mana pun dan kapan pun via Chat atau Voice/Video Call. Jika ada yang tidak beres dengan kesehatan Si Kecil, dokter akan langsung meresepkan obat untuk Si Kecil. Tanpa perlu keluar rumah, pesanan ibu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang di Google Play atau App Store!