• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Apakah Saya Berisiko Terkena Hidradenitis Suppurativa?

Apakah Saya Berisiko Terkena Hidradenitis Suppurativa?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Apakah Saya Berisiko Terkena Hidradenitis Suppurativa?

Halodoc, Jakarta – Hidradenitis supurativa atau yang lebih akrab dikenal sebagai bisul berupa benjolan serupa jerawat di bawah kulit di dekat kelenjar keringat seperti di ketiak. Benjolan ini, jika pecah akan menimbulkan rasa nyeri serta meninggalkan bekas parut. Belum dapat dipastikan apa yang menjadi penyebab hidradenitis suppurativa, walaupun kelenjar keringat dan folikel-foliker rambut yang tersumbat dipercaya sebagai penyebab utamanya. Nah lantas, siapa saja yang berisiko terkena penyakit kulit satu ini? Apakah kamu juga berpotensi? Check this out!

Hidradenitis suppurativa berkembang saat folikel rambut tersumbat dan mengalami peradangan. Tidak jelas mengapa penyumbatan ini terjadi, tetapi para ahli percaya bahwa faktor genetik dan lingkungan berperan, termasuk di antaranya:

  • Usia. Kebanyakan orang dengan hidradenitis suppurativa mulai mengalami gejala setelah pubertas tapi sebelum usia 30 tahun.
  • Jenis kelamin. Wanita lebih banyak mengalami penyakit kulit ini dibanding pria.
  • Sejarah keluarga. Banyak orang dengan hidradenitis suppurativa memiliki setidaknya satu kerabat yang memiliki kondisi ini.
  • Kelebihan berat badan. Beberapa penelitian menunjukkan adanya keterkaitan antara obesitas dengan hidradenitis suppurativa.
  • Penggunaan tembakau. Kebanyakan orang dengan hidradenitis suppurativa adalah perokok atau mantan perokok.

Namun, yang perlu kamu ketahui adalah bahwa hidradenitis suppurativa tidak disebabkan oleh kebersihan yang buruk. Penyakit ini juga tidak menular. Jadi, kalau kamu khawatir dengan reaksi orang lain terhadap gejala yang kamu alami, kamu bisa menjelaskan bahwa hidradenitis suppurativa tidak dapat menyebar melalui kontak kulit. Enggak perlu juga merahasiakannya dari keluarga dan teman dekat. Berbagi informasi dengan mereka justru bisa membantu mereka memahami dan mendukung kamu, lho.


Nah, jika kamu ingin tahu lebih banyak tentang penyebab hidradenitis suppurativa dan perawatannya, kamu bisa menghubungi para dokter di aplikasi Halodoc melalui layanan video/voice call atau chat. Dokter favorit kamu akan membantu memberikan informasi dan pertolongan. Di aplikasi Halodoc, kamu juga bisa melakukan cek lab tanpa harus keluar rumah. Serta membeli obat dan vitamin yang akan langsung diantar kurang dari satu jam. Ayo download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.