3 Manfaat Konsumsi Ketan Hitam untuk Ibu Hamil

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   26 Agustus 2022

“Ada banyak manfaat ketan hitam untuk ibu hamil. Mulai dari mencegah sembelit hingga mendukung perkembangan janin.”

3 Manfaat Konsumsi Ketan Hitam untuk Ibu Hamil3 Manfaat Konsumsi Ketan Hitam untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Selain enak, ada banyak sekali manfaat ketan hitam untuk ibu hamil. Beras yang punya julukan forbidden rice ini sering diolah menjadi bubur, dan paling enak disantap bersama bubur kacang hijau. 

Mengonsumsi ketan hitam dapat membantu menjaga kehamilan tetap sehat. Sebab, selain mengandung karbohidrat, ketan hitam juga kaya antioksidan serta nutrisi penting lainnya. 

Manfaat Ketan Hitam untuk Ibu Hamil

Julukan forbidden rice yang disematkan pada ketan hitam punya kisah tersendiri. Nama ini mulai digunakan pada masa Cina Kuno, di mana ketan hitam hanya boleh dikonsumsi oleh bangsawan saja. 

Rakyat jelata dilarang menanam ataupun mengonsumsinya. Jadilah ketan hitam diberi julukan forbidden rice atau beras terlarang. Namun, saat ini julukan itu tidak lagi berlaku, karena siapa saja boleh mengonsumsi ketan hitam. 

Bagi ibu hamil, konsumsi ketan hitam ternyata memiliki banyak manfaat, yaitu:

1. Sumber Serat untuk Cegah Sembelit

Ibu hamil rentan mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, karena perubahan hormon. Itulah sebabnya, ibu hamil perlu mengonsumsi serat yang cukup dari makanan. 

Nah, ketan hitam merupakan salah satu sumber serat yang baik. Ketan hitam mengandung sekitar 3 gram serat per porsi atau setengah cangkir. Kandungan serat ini membantu mengatur pergerakan usus, mencegah sembelit, diare dan kembung. 

Selain itu, serat juga membantu mengikat racun dan limbah di dalam saluran pencernaan, dan mengeluarkan semuanya dari sistem pada penyelesaian siklus pencernaan. 

2. Menurunkan Risiko Diabetes saat Hamil

Kandungan serat dalam ketan hitam juga memiliki manfaat untuk menurunkan risiko diabetes saat hamil. Sebab, serat mampu membantu glukosa dari biji-bijian untuk diserap oleh tubuh dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga kadar gula darah lebih terjaga. 

3. Sumber Protein untuk Dukung Perkembangan Janin

Manfaat lain dari ketan hitam untuk ibu hamil adalah mendukung perkembangan janin dalam kandungan. Hal ini karena ketan hitam kaya akan protein. Terkandung sekitar 8,5 gram protein dalam setiap 100 gram ketan hitam.  

Berbagai Manfaat Lainnya

Selain berbagai manfaat ketan hitam untuk ibu hamil tadi, ada juga beberapa manfaat lain yang juga perlu diketahui:

1. Mendukung Kesehatan Jantung

Ketan hitam juga memiliki manfaat untuk kadar kolesterol baik dalam tubuh. Hal ini karena ketan hitam mengandung fitokimia antosianin yang dapat mengurangi kolesterol LDL yang juga dikenal sebagai kolesterol jahat. LDL merupakan salah satu pemicu penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Kaya Antioksidan

Warna ketan hitam yang gelap pekat menandakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Lapisan terluar dari biji-bijian, mengandung sejumlah besar antioksidan jenis antosianin. 

Jumlah antosianin yang terkandung dalam ketan hitam lebih tinggi daripada biji-bijian lainnya, termasuk beras merah, beras merah, quinoa merah, atau varietas gandum utuh berwarna lainnya.

Antosianin dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, membatasi efek radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Ini juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan mengurangi peradangan. 

Sebagian besar nutrisi beras hadir di lapisan luar, kulit dan dedak. Namun, beras putih kehilangan kandungan nutrisinya yang tinggi karena proses penggilingan. Sementara ketan hitam tidak mengalami pemurnian atau pemrosesan, sehingga mampu mempertahankan antioksidan, vitamin, mineral, dan seratnya. 

3. Sebagai Detoksifikasi Alami

Manfaat ketan hitam lainnya adalah sebagai detoksifikasi alami Ini karena ketan hitam mengandung fitonutrien yang mampu membantu membersihkan tubuh dari penyakit yang menyebabkan racun. Ketan hitam juga membantu organ hati menghilangkan zat yang tidak diinginkan melalui aktivitas antioksidannya.

Itulah pembahasan mengenai manfaat ketan hitam untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Meski ketan hitam bernutrisi, pastikan untuk mengonsumsi berbagai variasi makanan sehat lainnya. Bila dirasa kurang, download Halodoc saja untuk cek kebutuhan vitamin dan suplemen dengan mudah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 11 Surprising Benefits and Uses of Black Rice.
Livestrong. Diakses pada 2022. Health Benefits of Black Glutinous Rice.
NDTV Food. Diakses pada 2022. 7 Incredible Benefits of the ‘Forbidden Rice’- The Black Rice.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan