3 Tips Pilih Sampo yang Tepat untuk Atasi Ketombe

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Januari 2024
3 Tips Pilih Sampo yang Tepat untuk Atasi Ketombe3 Tips Pilih Sampo yang Tepat untuk Atasi Ketombe

"Selenium sulfida adalah salah satu bahan penting yang perlu ada dalam sampo ketombe. Bahan ini bisa menghancurkan tumpukan keratin, memiliki efek antijamur, dan 2,8 kali lebih efektif dari jenis sampo antiketombe lainnya dengan ZincPtO 1 persen."

Halodoc, Jakarta - Ketombe pada kulit kepala membuat kepala terasa gatal yang sangat mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri.

Cara mengatasinya tentu dengan menggunakan sampo antiketombe. Namun, tahukah kamu meski sekilas sama, ternyata memilih sampo antiketombe ini tidak boleh asal?

Sebenarnya, ketombe yang muncul di kulit kepala cenderung membuat diri menjadi tidak nyaman karena gatal dan tidak percaya diri meski bisa hilang hanya dengan produk sampo antiketombe.

Banyak sekali jenis produk sampo antiketombe yang bisa kamu temukan di pasaran. Sayangnya, tidak semua sampo tersebut sama, meski memang memiliki fungsi yang serupa.

Baca juga: Ketombe Bandel, Jangan-Jangan Dermatitis Seboroik

Memilih Sampo untuk Atasi Ketombe

Sampo antiketombe mengandung beberapa bahan yang memang diformulasikan untuk menghilangkan ketombe, salah satunya adalah selenium sulfida.

Kandungan ini berperan sebagai zat aktif penghancur tumpukan keratin, memiliki efek antijamur, dan 2,8 kali lebih efektif dari jenis sampo antiketombe lainnya dengan ZincPtO 1 persen.

Nah, supaya tidak salah lagi, berikut ini tips memilih sampo untuk atasi ketombe: 

  • Pilih sampo yang mampu mengatasi masalah jamur Malassezia. Jamur yang menjadi sumber masalah ketombe yang utama. Sampo yang mengandung zat, seperti selenium sulfida, ketoconazole, dan zinc PtO bisa membantu mengurangi jamur di kepala.
  • Gunakan sampo antiketombe yang tepat. Dengan penggunaan sampo anti ketombe dengan zat aktif selenium sulfida atau zinc pto setiap hari bisa membantu mengurangi ketombe di kulit kepala. Namun, agar tidak membuat rambut terasa kaku dan mudah rontok, sebaiknya ditambahkan penggunaan conditioner agar rambut tetap lembut dan sehat.
  • Pertimbangkan sampo yang memiliki tambahan kandungan bahan alami seperti aloe vera, dan ginseng. Kedua kandungan ini bermanfaat bagi rambut sehingga bisa menjaga kelembaban dan nyaman digunakan

Baca juga: Ketombe Berulang, Ini Bahaya untuk Kulit Kepala

Selsun Efektif untuk Hilangkan Ketombe

Meski banyak produk sampo antiketombe yang beredar di pasaran, tetapi kamu tetap harus cermat memilih produk yang tepat.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Selsun, spesialis sampo antiketombe dengan kandungan selenium sulfida yang memang efektif hilangkan ketombe.

Selsun memiliki banyak varian yang berbeda kegunaannya.

Agar kamu tidak salah memilih, berikut ini penjelasannya:

  • Selsun Yellow Double Impact. Varian Selsun ini ditujukan untuk membersihkan ketombe tingkat berat pada kulit kepala normal dan kering. Kandungan selenium sulfida 1,8% dan Zinc PtO dalam sampo ini bekerja secara sinergi untuk mengusir ketombe dan membersihkan kulit kepala sehingga gatal-gatal karena ketombe pun berkurang. Kamu bisa menggunakan produk ini dua kali seminggu dan pastikan dikocok dahulu untuk awal sebelum menggunakannya.
  • Selsun Blue. Jenis shampo ini cocok digunakan untuk menghilangkan ketombe tingkat berat seperti pada orang yang ketombenya parah tetapi tidak cocok dengan penggunaan Zinc PtO sehingga penggunaan Zinc PtO justru membuat ketombe makin parah. Kandungan selenium sulfida 1 % membantu mengurangi rasa gatal karena ketombe di kulit kepala. Gunakan sebanyak dua kali dalam seminggu dan pastikan dikocok dahulu sebelum menggunakannya.
  • Selsun Blue Five. Varian ini digunakan untuk menghilangkan ketombe tingkat sedang pada kulit kepala normal hingga kering. Selain selenium sulfida 1%, Selsun Blue 5 juga diperkaya dengan aloe vera dan conditioner sebagai penyubur rambut sehingga aman digunakan setiap hari. Sampo ini perlu dikocok dahulu sebelum menggunakannya.
  • Selsun Gold. Nah, kalau kamu hobi mewarnai rambut, meluruskan, atau mengeriting, Selsun Gold bisa menjadi pilihan sampo antiketombe yang tepat. Selain membantu menghilangkan ketombe tingkat sedang dengan kandungan selenium sulfida 1%, sampo ini juga mengandung double conditioner yang membuat rambut lebih lembut dan mudah diatur. Selsun Gold juga aman dipakai setiap hari. Sampo ini perlu dikocok dahulu sebelum menggunakannya.
  • Selsun 7 Herbal. Membantu mengatasi masalah ketombe tingkat ringan, Selsun Herbal mengandung selenium sulfida 0,6%, zonc PtO 1%, pronalen fibro active, ekstrak ginseng, dan Sophora javanica untuk merawat kekuatan rambut. Tak ketinggalan kandungan minyak kemiri, urang-aring, dan sweet almond yang menjaga rambut tetap sehat dan tampak berkilau. Sampo ini tidak perlu dikocok sebelum menggunakannya.
  • Selsun 7 Flowers. Jenis sampo anti ketombe ini cocok untuk kulit kepala normal dan berminyak. Membantu mencegah ketombe dengan kandungan selenium sulfida 0,6% dan Zinc PtO 1%, ditambah dengan natural conditioner, vitamin E, dan Pro Vitamin B5 yang membantu melembutkan sekaligus menyehatkan rambut. Rasakan keharuman bunga persik, mawar, melati, lili, anggrek putih, violet, dan ylang-ylang yang membuat rambut wangi sepanjang hari.

Baca juga: Kulit Kepala Sensitif Dapat Sebabkan Ketombe

Namun, jika masalah ketombe ini tidak kunjung membaik meski kamu telah mencoba menggunakan sampo, saatnya kamu menanyakan pada dokter penanganan lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk memudahkan tanya jawab dengan dokter. Jadi, jangan lupa untuk download aplikasi Halodoc di ponselmu!

Referensi:
Shampoo Truth. Diakses pada 2024. A Complete Guide to Choosing the Best Shampoo for Dandruff.
WebMD. Diakses pada 2024. How to Handle Dandruff.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan