• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Fakta Menarik tentang Karakter Anjing Chihuahua

4 Fakta Menarik tentang Karakter Anjing Chihuahua

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Anjing Chihuahua adalah jenis anjing berbadan kecil dan lincah. Anjing ini dikenal sebagai anjing terkecil di dunia, tapi dengan pesona yang besar sehingga membuatnya menarik untuk dipelihara. Chihuahua suka bersenang-senang dan sibuk bermain, ia juga suka berada di sekitar orang-orang. 

Anjing kecil ini akan mengikuti pemiliknya ke mana saja, baik di rumah, bekerja, atau berbelanja. Jika kamu pernah lihat di film-film, anjing ini cukup untuk dimasukkan ke tas jinjing dengan kepala yang selalu melihat keluar. Tentu akan sangat menggemaskan untuk memelihara anjing kecil ini. Sebelum memutuskan untuk memeliharanya, ketahui bagaimana karakteristik anjing chihuahua. 

Baca juga: Begini Cara Tepat Melatih Anak Anjing

Fakta Menarik tentang Karakter Anjing Chihuahua

Perlu diketahui bahwa chihuahua tidak dianjurkan untuk dipelihara keluarga dengan anak-anak di bawah usia delapan tahun. Hal ini karena kemungkinan terjadinya cedera pada anak kecil. Terlepas dari itu, chihuahua perlu disosialisasikan kepada anak-anak, orang dewasa, dan hewan lainnya. Anjing ini tidak cepat percaya pada orang asing, sehingga mereka bisa jadi anjing penjaga yang baik. Tapi tetap perlu belajar untuk bertemu orang dengan cara yang ramah. 

Penting juga diingat, terkadang Chihuahua lupa atau tidak sadar bahwa tubuhnya kecil, tapi mereka memiliki keberanian untuk melawan anjing agresif yang lebih besar. Akibatnya, anjing ini membutuhkan pengawasan cermat dalam situasi baru, saat berjalan-jalan dan saat berada di halaman.

Berikut ini karakteristik anjing Chihuahua lainnya:

1.Ukuran dan Berat yang Sangat Kecil

Chihuahua memiliki berat badan khas yaitu 1 hingga 3 kilogram. Ada juga Chihuahua yang lebih kecil, tapi mereka cenderung tidak terlalu sehat. Chihuahua juga bisa sangat besar, beberapa anjing bisa mencapai 12 kilogram atau lebih. Chihuahua berukuran besar bisa jadi pilihan baik untuk keluarga dengan anak-anak. 

Baca juga: Manfaat Kesehatan Memiliki Hewan Peliharaan

2.Memiliki Kepribadian Berani dan Percaya Diri

Meski tubuhnya kecil, anjing Chihuahua memiliki keberanian dan percaya diri yang tinggi. Sifat waspada dan kecurigaan terhadap orang asing membuatnya menjadi pengawas yang baik. Anjing ini sensitif dan menyukai kasih sayang dan persahabatan. 

Chihuahua setia pada satu orang, meskipun mereka juga bersedia berteman dengan orang baru jika diperkenalkan dengan benar. Anjing ini bisa menjadi penakut jika ia tidak disosialisasikan dengan baik sejak kecil. 

3.Memiliki Kesehatan Tubuh yang Baik

Anjing Chihuahua tidak memiliki masalah kesehatan yang besar, tapi bisa saja ia terlahir dengan kondisi kesehatan tertentu. Tidak semua Chihuahua akan terserang salah satu atau semua penyakit, tapi tetap penting untuk mewaspadainya dengan mengetahui rekam jejak kesehatan di pet shop atau tempat kamu mengadopsinya. 

4.Memiliki Energi yang Besar

Meskipun tubuhnya kecil, anjing ini tetap membutuhkan olahraga dan latihan. Jumlah energi yang dimiliki Chihuahua dewasa bisa di luar perkiraan. Ia mampu mengejar hewan yang berlari kencang dan bermain selama yang kamu inginkan.

Chihuahua senang berjalan-jalan, mengawasi permainan di sekitar halaman, dan mengambil mainan. Mereka akan bermain sampai jatuh atau terpingkal, jadi penting untuk memastikan ia tidak kelelahan, terutama saat cuaca sedang panas.

Baca juga: 6 Ras Kucing yang Bersahabat dengan Anjing

Perlu diingat, jangan pernah meninggalkan Chihuahua di luar rumah sendirian dalam waktu lama. Mereka tidak aman dari burung pemangsa atau anjing lain yang lebih besar yang bisa masuk ke halaman rumah. 

Itulah fakta menarik mengenai anjing Chihuahua yang perlu diketahui. Jika kamu memelihara anjing serupa dan mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk saran penanganan yang tepat. Yuk, segera download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
Dog Time. Diakses pada 2020. Chihuahua
Hills Pet. Diakses pada 2020. Chihuahua Dog Breed Information and Personality Traits