• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Jenis Olahraga untuk Buat Berat Badan Ideal

4 Jenis Olahraga untuk Buat Berat Badan Ideal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Setiap orang harus berolahraga rutin untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu, olahraga juga dapat menjaga berat badan tetap ideal terlebih lagi di masa pandemi seperti ini. Saat melakukan aktivitas fisik, lemak-lemak yang bertumpuk di dalam tubuh dapat terbakar sehingga berat badan menjadi turun. 

Meski begitu, tidak semua olahraga dapat sangat efektif untuk menurunkan badan. Pada artikel ini akan dibahas mengenai pilihan olahraga yang tepat pada seseorang yang ingin memiliki berat badan ideal. Tentu tubuh yang sehat dapat berdampak baik juga untuk pikiran. Ketahui selengkapnya di sini!

Olahraga untuk Mendapatkan Berat Badan Ideal

Umumnya, kebanyakan orang hampir tidak mungkin untuk menurunkan berat badan tanpa mengurangi kalori yang ada di dalam tubuh. Artinya, kamu harus membakar lebih banyak kalori dibandingkan yang dikonsumsi dalam waktu yang lama, biasanya pada hitungan minggu atau bulan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kalori di dalam tubuh adalah dengan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga.

Seseorang yang ingin memiliki berat badan ideal paling tidak harus berolahraga selama 150 menit untuk intensitas sedang. Selain itu, 75 menit untuk aktivitas yang berat setiap minggunya. Disebutkan jika seseorang yang berolahraga secara teratur dan melakukan jenis aktivitas fisik lainnya dapat membantu untuk mengurangi bobot tubuh. Namun, olahraga apa saja yang efektif untuk hal tersebut? Berikut ini beberapa pilihannya:

1. Berlari

Lari adalah salah satu bentuk olahraga kardiovaskular yang efektif untuk mendapatkan berat badan ideal. Aktivitas fisik ini dapat membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih keras sehingga tubuh membakar sel-sel lemak yang selama ini disimpan. Jika simpanan lemak berkurang, maka penurunan badan pun ikut terjadi. Meski begitu, hal ini tidak langsung terjadi, butuh rutinitas selama beberapa minggu atau bulan agar terasa dampaknya.

2. Bersepeda

Latihan kardio lainnya yang efektif untuk mendapatkan berat badan ideal adalah bersepeda. Kegiatan ini dapat membakar lemak di dalam tubuh saat menjaga pedal untuk terus berputar. Kamu dapat membakar lebih banyak tumpukan lemak dengan meningkatkan intensitas, seperti mengayuh lebih cepat atau melewati tanjakan. Beberapa orang mengendarai sepeda ke kantor sebagai rutinitas agar mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan terkait olahraga yang efektif untuk mendapatkan berat badan ideal, dokter dari Halodoc siap memberikan saran yang paling cocok untukmu. Caranya mudah, hanya dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan cukup menggunakan smartphone. Nikmati kemudahan tersebut sekarang juga!

3. Berenang

Renang adalah cara yang paling baik untuk menurunkan berat badan dengan risiko cedera yang terbilang rendah. Olahraga ini cocok untuk semua orang tanpa memandang usia dan dapat dilakukan dengan santai atau serius. Disebutkan jika aktivitas fisik ini dapat menjadi pilihan terbaik untuk membakar kalori. Meski begitu, tidak semua orang melakukan olahraga ini karena harus berada di dalam kolam.

4. Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)

High-intensity interval training juga banyak dipilih sekarang ini untuk mendapatkan berat badan yang ideal di masa pandemi seperti sekarang. Latihan ini akan melibatkan siklus aktivitas singkat tetapi intensitasnya tinggi. Kegiatan fisik ini sama ampuhnya dengan berlari terhadap penghilangan lemak di dalam tubuh. Biasanya, latihan ini dilakukan dengan 4 menit latihan intensitas tinggi dan 3 menit pemulihan.

Itulah beberapa olahraga yang dapat dilakukan untuk mendapatkan berat badan ideal. Dengan melakukan aktivitas fisik tersebut secara rutin, diharapkan semua lemak yang bertumpuk di dalam tubuh dapat terbakar bersama dengan gerakan yang dilakukan. Dengan begitu, kesehatan dan kebugaran tubuh dapat terjaga bersamaan dengan olahraga rutin yang dilakukan.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What are the best exercises for weight loss?
Live Strong. Diakses pada 2020. The Best Active Sports to Lose Weight.