• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Olahraga yang Cocok untuk Pemilik Tubuh Gemuk

4 Olahraga yang Cocok untuk Pemilik Tubuh Gemuk

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Orang yang gemuk dan mudah gemuk termasuk dalam kategori tubuh endomorph. Secara alami, tipe tubuh ini menyimpan lebih banyak lemak tubuh dan akan sangat sulit baginya untuk menurunkan berat badan. Namun, tipe tubuh ini akan mendapatkan otot dengan cepat jika latihan rutin.

Pinggang yang tinggi dan perawakan pendek memberinya ilusi seakan ia memiliki perut yang lebih tebal daripada tipe lainnya. Lengan atas dan pahanya pun lebih berisi daripada bagian bawah, sehingga perawakan jenis ini disebut sebut seperti buah pir.

Meskipun nampaknya tipe tubuh ini sulit mendapatkan tubuh yang atletis, tetapi mereka dapat unggul dalam olahraga yang mengutamakan kekuatan, karena massa tubuh mereka besar. Tipe tubuh ini umumnya tidak cocok untuk olahraga yang mengandalkan kelincahan dan kecepatan, tetapi aktivitas kekuatan seperti power lift bisa sangat cocok untuk mereka.

Baca juga: Wah Ternyata Gemuk Juga Bisa Menular

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa banyak orang yang memiliki berat badan berlebih ini merasa enggan untuk melakukan olahraga. Selain karena malu, beberapa risiko juga menghantui mereka, sebut saja cedera pada persendian akibat terlalu lama menopang berat tubuh, takut terjatuh, dan merasa bahwa olahraga yang mereka lakukan malah membuat kondisinya semakin buruk. Karena olahraga merupakan sebuah anjuran, berikut ini terdapat beberapa olahraga yang cocok untuk pemilik tubuh gemuk:

  1. Senam Ringan

Kamu yang bertubuh gemuk biasanya memiliki keterbatasan untuk bergerak bebas. Maka dari itu, olahraga senam ringan akan sangat cocok untuk kamu. Senam ringan ini tidak akan membuatmu harus berlompatan dan juga melakukan gerakan yang tiba-tiba menghentak, sehingga cocok untuk kamu. Bila kamu masih kesulitan melakukan beberapa gerakan senam ringan, jangan malu untuk meminta bantuan dan bimbingan dari instruktur.

  1. Angkat Beban

Selanjutnya, olahraga yang cocok untuk kamu yang berbadan gemuk adalah angkat beban. Olahraga ini nyatanya tidak membutuhkan banyak gerakan. Kamu hanya cukup menggerakkan tangan dengan kekuatan otot yang ada untuk mengangkat beban. Untuk menurunkan berat badan secara maksimal, kamu harus melakukan angkat beban ini secara rutin minimal 2 kali seminggu. Selain mendapatkan badan yang ideal, olahraga angkat beban juga bisa membuat otot-otot tubuh jadi terlihat.

  1. Joging atau Jalan Cepat

Joging atau jalan cepat bisa jadi olahraga yang cocok bagi pemilik tubuh gemuk yang merasa kesulitan berlari. Dengan melakukan joging selama setengah jam, maka kamu akan bisa membakar sekitar 191 kalori. Jika masih terasa berat, kamu bisa mencoba berjalan atau mengkombinasikan antara berjalan dan jalan cepat. Agar lebih maksimal menurunkan berat badan, kamu harus melakukan joging atau berjalan cepat secara rutin minimal, tiga kali dalam satu minggu.

  1. Bersepeda

Kamu dapat memanfaatkan sepeda untuk membakar lemak dalam tubuhmu. Lakukanlah kegiatan ini dengan mengelilingi komplek atau kota. Gerakan mengayuh sepeda ini pasti tidak terasa berat bagi kamu yang bertubuh gemuk. Jadi, cukup luangkan waktu selama 30 menit setiap 3 kali seminggu untuk melakukan olahraga ini agar tubuhmu sehat.

Baca juga: Inilah 6 Tanda Kalau Harus Berhenti Olahraga

Hal paling penting dalam berolahraga adalah kamu merasa senang melakukannya dan jangan sampai merasa terpaksa. Namun, jika kamu mengalami cedera saat berolahraga, kamu dapat menghubungi dokter tepercaya di Halodoc untuk mengonsultasikan masalah kesehatan yang kamu alami. Manfaatkan fitur Video/Voice Call atau Chat kapan saja dan di mana saja. Tunggu apa lagi? Ayo, download Halodoc sekarang!