4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Bekerja dari Rumah

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Juni 2021
4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Bekerja dari Rumah4 Tips Menjaga Kesehatan Mental Selama Bekerja dari Rumah

Halodoc, Jakarta - Masa pandemi COVID-19 yang belum berakhir membuat banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Menggunakan masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan menjadi perubahan baru yang berdampingan dengan kehidupan seluruh masyarakat sehari-hari. Tidak hanya itu, bagi para pekerja kantoran, saat ini masih banyak pekerja yang menjalani sistem Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah.

Baca juga: Ketahui Pemicu Stres saat Bekerja dari Rumah


Menjalani sistem WFH memang membuat banyak pekerja semakin sulit untuk memisahkan kehidupan sehari-hari dengan masalah pekerjaan. Kondisi yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan para pekerja mengalami stres. Untuk itu, sebaiknya ikuti beberapa tips sehat dalam artikel ini, untuk menjaga kesehatan mental selama bekerja dari rumah di masa pandemi COVID-19.

Selain dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan kesehatan mental, beberapa tips ini juga dinilai mampu membuat kamu lebih produktif dalam pekerjaan. Berikut ini tips yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Buatlah Jadwal Rutin Setiap Harinya

Tanpa aturan dan jadwal yang kamu miliki, batas antara pekerjaan maupun kebutuhan pribadi tentunya sangat sulit dipisahkan dan dapat memicu kondisi stres. Sebaiknya, jalani pola tidur dan bekerja seperti biasanya. Hindari bekerja menggunakan piyama. Gunakan baju bekerja yang baik dan layak untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja. 

Saat jam makan siang berlangsung, gunakanlah waktu tersebut untuk beristirahat dengan mengonsumsi makanan sehat dan mendengarkan lagu kesukaan. Setelah jam bekerja selesai pun, sebaiknya mulai berhenti melakukan pekerjaan dan kembali pada kegiatan rutinitas di rumah.

2. Siapkan Lokasi Bekerja yang Baik dan Layak

Selain menggunakan pakaian kerja yang baik, sebaiknya siapkan lokasi bekerja yang baik dan layak. Hindari bekerja dari dalam kamar tidur atau area dapur. Untuk menghindari gangguan yang dapat menurunkan produktivitas bekerja. Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah kenyamanan dalam bekerja. Kondisi kursi, meja kerja, maupun lingkungan bekerja dalam kondisi yang mendukung dan nyaman.

Baca juga: Stres Kerja Pengaruhi Kesehatan Secara Menyeluruh

3. Pastikan Komunikasi dengan Tim Berjalan Baik

Meskipun kamu bekerja dari rumah dan terpisah dari tim bekerja, tetapi pastikan kamu selalu berkomunikasi dengan tim. Jika ada kesulitan yang kamu alami, bicarakan pada teman satu tim maupun atasan untuk mengatasi permasalahan yang kamu alami. 

Selain itu, tidak ada salahnya bertanya kabar pada tim untuk bersosialisasi dan saling mendukung satu sama lain. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari rasa sendiri dan terisolasi.

4. Buatlah Waktu Istirahat yang Menyenangkan

Saat memasuki waktu istirahat, sebaiknya pastikan waktu istirahat kamu diisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Kamu bisa mengonsumsi makanan kesukaan dan menonton televisi sejenak. Pilihan lain, kamu juga bisa mendengarkan lagu-lagu kesayangan.

Jika kamu memiliki anak kecil di rumah, tidak ada salahnya mengajak anak untuk makan bersama di waktu istirahat. Selesai waktu bekerja, kamu bisa kembali menyusun rencana untuk berolahraga dari dalam rumah, maupun melanjutkan pekerjaan rumah. 

Bekerja dari rumah juga membuat kamu lebih banyak duduk dan kurang aktivitas fisik. Tidak ada salahnya untuk sesekali melakukan olahraga ringan, seperti berjalan-jalan di dalam rumah atau melakukan peregangan agar kondisi kesehatan tetap optimal.

Baca juga: Sering Tunda Pekerjaan saat WFH, Ini Cara Mencegahnya

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental dari rumah. Namun, jika kondisi stres yang kamu alami sudah mengganggu produktivitas bekerja sehari-hari, tidak ada salahnya gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada psikolog terbaik untuk mengatasi keluhan kesehatan mental yang kamu alami.

Tak perlu repot, kini kamu bisa gunakan Halodoc untuk membuat janji dengan psikolog di rumah sakit pilihan kamu. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
The Medical City Clinic. Diakses pada 2021. Maintaining Your Mental Health While Working From Home.
NHS Every Mind Matters. Diakses pada 2021. 7 Simple Tips To Tackle Working From Home.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan