• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Buah yang Pantang Dimakan Buat yang Sedang Diet

5 Buah yang Pantang Dimakan Buat yang Sedang Diet

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Sebuah penelitian dari Economic Research Service, Departemen Pertanian Amerika Serikat mengungkapkan orang-orang yang memiliki berat badan normal ternyata lebih banyak mengonsumsi buah-buahan ketimbang mereka yang obesitas. Setelah digali lebih lanjut, efek kenyang yang diberikan buah membuat mereka tidak mengonsumsi makanan berkalori lainnya.

Buah memang memiliki manfaat yang baik untuk menjaga berat badan. Tetapi ternyata tidak semua buah baik untuk diet. Bukannya mendapatkan berat badan ideal, berat badan kamu malah justru bertambah. Yuk, cek di sini buah yang pantang dimakan buat yang sedang diet.

  1. Durian

Durian adalah salah satu buah yang memberikan suplai energi dan memberikan efek kenyang. Namun, kenyang yang diberikan durian tidak baik untuk diet. Buah durian mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Selain itu juga durian bisa memicu tekanan darah tinggi sehingga memang menjadi buah yang tidak pas dikonsumsi saat diet. (Baca juga: Bukan Daging, Benarkah Makan Serangga Bikin Tubuh Lebih Sehat?)

  1. Anggur

Anggur memang enak dan segar, entah dijadikan pendamping salad ataupun dimakan begitu saja. Tetapi, buat kamu yang sedang diet sebaiknya menghindari mengonsumsi anggur karena anggur mengandung kadar gula yang banyak. Kamu masih boleh makan anggur, tapi jangan terlalu banyak.

  1. Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang tidak pas untuk diet. Kandungan karbohidrat pada pisang sangat tinggi, 93 persen kalorinya berasal dari karbohidrat. Pisang juga mengandung gula sebanyak 16 persen. Semakin matang pisangnya, maka semakin tinggi juga karbohidrat dan gulanya. Kalau kamu memang senang dengan pisang, pilihlah pisang dengan warna hijau dan ukuran lebih kecil.

  1. Mangga

Sama halnya dengan pisang, mangga juga memiliki kandungan gula yang tinggi ketimbang buah-buah lainnya. Manga memang kaya serat sih, tapi kalau kamu sedang dalam program diet, sebaiknya pilihlah buah yang lain. Kalau ingin sekali makan manga, makanlah dalam potongan yang kecil dan lakukan saat siang hari. Ketika kamu mengonsumsi makanan sarat akan gula pada malam hari. Kemungkinan besar kandungan gula pada makanan tersebut akan mengendap, karena ketika malam kamu sudah minim aktivitas.

  1. Ceri

Ceri bukan hanya pilihan tidak pas untuk mereka yang sedang melakukan diet, tetapi juga untuk penderita diabetes. Ini karena saking tingginya kandungan gula pada buah ceri. Ceri juga bisa membuat perut kembung kalau dimakan terlalu banyak, ataupun saat perut dalam kondisi tidak terisi penuh. Sementara ketika sedang diet, kamu membatasi porsi makanmu sehingga perut tidak terisi penuh.

Kunci Diet Sukses

World Health Organisation (WHO) merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya 400 gr buah dan sayur untuk diet. Pembatasan jenis makanan yang mengandung kalori tinggi juga perlu dilakukan supaya dietmu berjalan maksimal. Jangan lagi mengonsumsi makanan ringan dan minuman bersoda. Kamu juga perlu membatasi jumlah nasi yang dimakan, serta mengurangi gula pada kopi dan teh yang biasa kamu minum.

Tidak makan di atas jam 7 malam dan melakukan olahraga rutin minimal 45-60 menit setiap hari adalah kunci diet yang sukses. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai jenis buah yang baik untuk diet ataupun pantang dimakan saat sedang berniat mengurangi berat badan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.