• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengenalkan Calon Pasangan ke Orangtua
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengenalkan Calon Pasangan ke Orangtua

5 Cara Mengenalkan Calon Pasangan ke Orangtua

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc : 13 April 2018
5 Cara Mengenalkan Calon Pasangan ke Orangtua5 Cara Mengenalkan Calon Pasangan ke Orangtua

Halodoc, Jakarta – Hubungan dengan pasangan sudah semakin serius? Nah, tahap selanjutnya yang sangat penting untuk kamu lakukan adalah mengenalkan Si Calon pada orangtuamu. Banyak orang takut mengenalkan calon pasangannya pada orangtua. Padahal dengan berbagai trik cerdas, kamu bisa membuat momen pertemuan penting ini menjadi hangat dan berakhir positif. Penasaran? Ini cara-caranya.

1. Jadi Penghubung yang Baik Sebelum Pertemuan

Pertemuan antara orangtua dan calon pasangan kamu akan menjadi momen krusial yang mungkin akan menjadi penentu kelanjutan hubungan dengan Si Dia nantinya. Namun, momen ini juga menjadi kesempatan baik bagi orangtua dan calon pasangan agar bisa saling mengenal lebih dekat. Nah, bila Si Dia belum pernah bertemu dengan orangtuamu sebelumnya, sebaiknya kamu menceritakan sedikit tentang sosok calon pasangan pada orangtua. Begitu pula sebaiknya, ceritakan karakter orangtua atau kebiasaan-kebiasaan keluarga kamu pada pasangan. Informasi ini sangat berguna bagi kedua pihak dan akan membantu melancarkan pertemuan tersebut. Kamu juga bisa memberikan kesan baik tentang calon pasangan pada orang tua, dan begitu juga sebaliknya.

2. Pilih Waktu yang Tepat untuk Mengadakan Pertemuan

Kalau calon pasangan dan orangtua sudah sama-sama siap dan yakin untuk bertemu, rencanakanlah pertemuan tersebut dengan sebaik-baiknya. Pilihlah waktu dan kondisi yang tepat, misalnya seperti saat orangtua sedang tidak sibuk, saat liburan, atau ketika sedang ada acara keluarga di rumah. Selain itu, perhatikan juga kondisi mood orangtua. Orangtua tentunya akan lebih hangat menyambut dan ngobrol dengan pasangan kamu bila sedang berada dalam suasana hati yang baik.

3. Kenakan Pakaian yang Sopan

Hal lain yang juga tidak kalah penting dan perlu kamu perhatikan saat ingin bertemu dengan orangtua adalah penampilan. Kamu dan pasangan perlu membuat kesan yang baik di depan orangtua. Jadi, sebaiknya berikan saran pada Si Dia untuk berpenampilan yang rapi, mulai dari mengenakan baju yang sopan, hindari mengenakan sandal, sampai rambut yang ditata rapi. Berpenampilan rapi adalah bentuk rasa hormatmu dan pasangan pada orangtua.

4. Jaga Sopan Santun

Enggak hanya penampilan, sopan santun pun perlu diperhatikan saat bertemu dengan orangtua. Jadi, beritahu pasangan agar tidak perlu grogi. Yang perlu ia lakukan hanya bersikap ramah dan natural saja seperti biasanya. Walaupun ingin berusaha untuk mendekatkan diri pada orangtua, tapi sebaiknya hindari bersikap terlalu akrab, karena tidak semua orangtua seterbuka itu. Hindari juga bermesra-mesraan dengan pasangan di depan orangtua, karena hal ini mungkin akan membuat suasana jadi aneh dan bisa menimbulkan kesan tidak baik di mata orangtua.     

5. Bawakan Oleh-oleh

Membawakan buah tangan adalah hal yang wajar dilakukan ketika hendak bertamu, apalagi yang akan ditemui adalah orangtua kamu. Inisiatif ini juga bisa memberi pasangan nilai plus lho, di mata orangtua. Jadi, usahakan membawa sesuatu untuk mereka. Nah, kamu bisa beri bocoran pada pasangan tentang barang atau makanan apa yang menjadi favorit orangtua yang bisa bikin mereka terkesan.

Nah, itulah beberapa cara mengenalkan calon pasangan ke orangtua. Selamat mencoba dan semoga bisa memberi kesan yang baik pada orangtua ya (Baca juga: Kenali Manfaat “Kissing” Bagi Kesehatan Kamu & Pasangan). Kalau kamu sakit dan butuh saran dokter, pakai saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa membicarakan masalah kesehatan dengan dokter melalui Voice/Video Call dan Chat kapan saja dan dimana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store atau Google Play.