5 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Menjalani Operasi Kanker

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   09 Desember 2021
5 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Menjalani Operasi Kanker5 Hal yang Perlu Diketahui sebelum Menjalani Operasi Kanker

“Sebaiknya tetap tenang saat kamu perlu menjalani operasi kanker. Ada berbagai hal yang bisa kamu lakukan, seperti mencari opini lain dari dokter, mengenali dokter dengan baik, menjaga kesehatan fisik, melakukan pemeriksaan kesehatan, hingga menjalani gaya hidup sehat.”

Halodoc, Jakarta – Kanker adalah penyakit yang terjadi akibat munculnya sel abnormal yang tidak terkendali. Penyakit ini dapat menimbulkan berbagai gejala umum pada pengidapnya, seperti mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba, kelelahan, hingga demam.

Ada berbagai pengobatan dan perawatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit kanker maupun menurunkan risiko perburukan gejala pada pengidapnya. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah melakukan tindakan operasi. Yuk, simak lebih banyak mengenai berbagai hal yang perlu kamu ketahui mengenai operasi kanker.

Ketahui Hal Ini Sebelum Operasi Kanker

Pengobatan penyakit kanker akan berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Pengobatan akan ditentukan dari jenis kanker, stadium penyakit kanker, usia, hingga keseluruhan kondisi kesehatan pengidap kanker.

Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah operasi kanker. Operasi kanker dilakukan untuk mengangkat sel kanker, sehingga hilang dari bagian organ atau tubuh yang mengalami kanker. 

Bukan hanya untuk pengobatan penyakit kanker, melakukan operasi juga bisa dilakukan sebagai pencegahan maupun mendiagnosis penyakit kanker yang kamu alami.

Operasi kanker dapat dilakukan sebagai pencegahan jika dokter menemukan risiko tinggi penyakit kanker pada jaringan atau sel tertentu di bagian tubuh. Dokter akan mengangkat atau membuang jaringan tersebut sebelum sel kanker berkembang atau menyebar.

Operasi kanker juga bisa dilakukan sebagai langkah diagnosis penyakit kanker. Dokter akan mengangkat atau mengambil sebagian jaringan yang berpotensi memicu penyakit kanker. Sel atau jaringan tersebut kemudian akan diperiksa lebih lanjut untuk memastikan potensi kanker ganas atau tidak.

Sebaiknya lakukan ini sebelum menjalani operasi kanker, seperti:

  1. Ketahui Jenis Operasi yang Akan Dilakukan

Operasi kanker memiliki berbagai jenis yang berbeda. Operasi debulking menjadi tindakan operasi yang digunakan untuk menghilangkan sebagian jaringan kanker. 

Kemudian, ada operasi paliatif yang bisa dilakukan pada pengidap kanker stadium akhir. Operasi suportif dilakukan bukan untuk menyembuhkan, tetapi untuk mengoptimalkan pengobatan lain yang dilakukan untuk mengatasi kanker.

Selain itu, ada juga proses operasi kanker lainnya yang dapat mengatasi penyakit ini, seperti krioterapi, bedah laser, bedah laparoskopi, hingga electrosurgery.

  1. Persiapan Kondisi Fisik dengan Baik

Bukan hanya mengetahui proses kerja dan jenis operasi kanker yang akan dilakukan. Kamu juga wajib mempersiapkan kondisi fisik agar proses operasi kanker dapat berjalan dengan baik.

Ada banyak hal yang perlu kamu lakukan, seperti mengonsumsi makanan sehat, memenuhi kebutuhan tidur, dan rutin melakukan aktivitas ringan. Dengan memiliki gaya hidup sehat yang baik, tentunya hal ini bisa meningkatkan peluang lebih besar untuk pemulihan pasca operasi.

  1. Dapatkan Opini dari Beberapa Dokter yang Berbeda

Melakukan operasi kanker dapat memicu risiko efek samping pada beberapa pengidapnya. Untuk itu, tidak ada salahnya mendapatkan beberapa masukan dari dokter yang berbeda mengenai tindakan operasi yang perlu kamu lakukan. 

Ada beberapa efek samping yang rentan dialami seseorang setelah melakukan tindakan operasi, seperti perdarahan, kerusakan pada jaringan terdekat lokasi operasi, mengalami infeksi, serta pemulihan pasca operasi yang lambat.

  1. Lakukan Pengecekan Kesehatan Secara Menyeluruh

Biasanya dua minggu sebelum proses operasi berlangsung, kamu akan diminta untuk melakukan pengecekan kesehatan secara menyeluruh. Mulai dari pemeriksaan darah, tes urine, pemeriksaan dada menggunakan X-Ray, ECG untuk memastikan kondisi kesehatan jantung, serta tes citra pada organ tubuh yang mengalami kanker.

  1. Berhenti Merokok

Jika kamu memiliki kebiasaan merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan ini agar proses operasi kanker dapat berjalan dengan lancar.

Itulah hal yang bisa kamu persiapkan sebelum melakukan operasi kanker. Sebaiknya tetap tenang dan jangan lupa untuk selalu mengikuti pengobatan yang disarankan oleh dokter.

Lakukan pemeriksaan secara rutin pasca operasi kanker untuk memastikan kondisi kesehatan. Kamu bisa buat janji di rumah sakit terdekat agar pemeriksaan berjalan lancar tanpa antre melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cancer Surgery.
Dennis R. Holmes, M.D. Diakses pada 2021. 5 Things You Should Do Before Undergoing Breast Cancer Surgery.
Cancer Research UK. Diakses pada 2021. Preparing for Surgery.
Cancer Net. Diakses pada 2021. What to Expect When Having Surgery?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan