5 Jenis Vitamin yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   04 Agustus 2021
5 Jenis Vitamin yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi5 Jenis Vitamin yang Bisa Tingkatkan Imun Tubuh di Masa Pandemi

“Imun tubuh bisa ditingkatkan dengan banyak cara, termasuk menerapkan gaya hidup sehat, konsumsi makanan sehat, dan vitamin. Ada beberapa jenis vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh dan dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas. Apa saja? Cari tahu jawabannya di sini!

Halodoc, Jakarta – Imun tubuh harus terjaga dengan baik agar selalu sehat, terutama di tengah masa pandemi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, termasuk menerapkan gaya hidup sehat dan memenuhi kebutuhan tubuh akan asupan vitamin. Sebab, ada sederet jenis vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk menunjang kesehatan. 

Imun tubuh alias sistem kekebalan tubuh memang dirancang untuk melindungi tubuh dari serangan virus atau bakteri penyebab penyakit. Menerapkan gaya hidup sehat dan memenuhi asupan vitamin bisa membantu sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan maksimal. Lantas, apa saja jenis vitamin yang bisa dikonsumsi untuk menjaga tubuh di masa pandemi? 

Baca juga: 5 Langkah Meningkatkan Imunitas Tubuh

Jenis Vitamin untuk Meningkatkan Imun Tubuh 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya dengan memenuhi asupan vitamin tertentu. Asupan vitamin untuk meningkatkan imun tubuh bisa didapat dari beragam makanan sehat dan mengonsumsi multivitamin tambahan. Berikut ini beberapa jenis vitamin yang bisa dikonsumsi agar tubuh tetap sehat: 

  1. Vitamin A 

Vitamin A sering dianggap sebagai jenis vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Namun, ternyata vitamin A juga penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini berperan dalam pembentukan sel darah putih, yaitu sel yang berfungsi untuk melawan infeksi virus dan bakteri di tubuh. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin A adalah brokoli, tomat, hati sapi, ubi jalar, serta wortel. 

  1. Vitamin B

Selain vitamin A, penting juga untuk memenuhi asupan vitamin B. Jenis vitamin ini tidak hanya bisa menjaga kesehatan tubuh, tetapi juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh serta produksi energi. Asupan vitamin ini bisa dipenuhi dengan konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, susu, daging ayam dan ikan, serta brokoli dan paprika. 

Baca juga: Waspada, Ini 6 Gejala Sistem Imun Tubuh yang Melemah

  1. Vitamin C 

Mengonsumsi vitamin C bisa membantu meningkatkan kadar antibodi yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh. Asupan vitamin C bisa didapat dari konsumsi buah seperti pepaya, stroberi, mangga, buah jeruk, dan kiwi. Vitamin ini juga terkandung dalam brokoli, bayam, dan paprika. 

  1. Vitamin D

Jenis vitamin ini dikenal penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D ternyata juga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. Salah satu cara alami untuk mendapatkan vitamin D adalah dengan berjemur saat pagi hari. Selain itu, memenuhi asupan vitamin ini juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti seral, ikan tuna dan salon, serta telur. 

  1. Vitamin E

Asupan vitamin E juga tidak kalah penting. Jenis vitamin ini banyak mengandung antioksidan yang berperan melindungi tubuh serta menurunkan risiko terjadinya infeksi. Asupan vitamin E bisa didapat kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, kacang almond, alpukat, bayam, dan pepaya. 

Selain mengonsumsi vitamin dan makanan sehat, meningkatkan imun tubuh juga bisa dilakukan dengan mengelola stres dan aktif bergerak. Selain itu, pastikan untuk rutin memeriksakan kesehatan tubuh, terutama jika muncul gejala penyakit. 

Baca juga: 4 Sumber Makanan Mengandung Vitamin E untuk Kesehatan

Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk berbicara pada dokter dan menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call atau Chat tanpa harus keluar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 8 Vitamins & Minerals You Need for a Healthy Immune System.
WebMD. Diakses pada 2021. Super Foods for Optimal Health.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 3 Vitamins That Are Best for Boosting Your Immunity.
Healthline. Diakses pada 2021. 6 Health Benefits of Vitamin A, Backed by Science.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan