• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan untuk Membuat Vagina Menjadi Sehat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Kebiasaan untuk Membuat Vagina Menjadi Sehat

5 Kebiasaan untuk Membuat Vagina Menjadi Sehat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 27 Juni 2022

“Setiap wanita wajib menjaga vagina tetap sehat agar terhindar dari berbagai penyakit kelamin. Diketahui jika ada beberapa kebiasaan yang dapat membuat vagina tetap sehat, seperti rutin membersihkan vagina dan menjaga pola makan sehat.”

5 Kebiasaan untuk Membuat Vagina Menjadi Sehat5 Kebiasaan untuk Membuat Vagina Menjadi Sehat

Halodoc, Jakarta – Pada wanita, kesehatan tubuh perlu diperhatikan, termasuk juga organ intim. Sebab, vagina yang sehat tentu saja mampu membuat seseorang menghindari berbagai penyakit dan membuat hubungan seksual lebih lancar. Nah, ketahui berbagai cara untuk mendapatkan vagina sehat. Berikut ulasan lengkapnya!

Cara Mendapatkan Vagina yang Sehat pada Wanita

Semua wanita perlu tahu vagina yang sehat umumnya memiliki beberapa ciri, seperti memiliki pH asam, mengandung banyak bakteri yang menguntungkan untuk melindungi dari infeksi, serta dilumasi secara alami. Selain itu, sangat penting untuk tahu berbagai gejala jika vagina memiliki masalah, seperti perubahan bau pada vagina, ketidaknyamanan terkait keputihan, gatal, dan lainnya.

Lalu, bagaimana sih cara mendapatkan vagina yang sehat agar tidak mengalami masalah atau risiko terserang penyakit? Berikut beberapa caranya:

1. Rutin Membersihkan Vagina

Cara mendapatkan vagina yang sehat paling awal adalah rutin membersihkan area kelamin wanita tersebut. Kamu perlu benar-benar menerapkan kebersihan area tersebut dengan cara rutin. Pastikan mencuci dengan bersih dan dibebaskan kontaminasi zat asing. Cara ini ampuh untuk menghindari sumber penyakit melalui organ reproduksi.

Selain itu, jangan membersihkan vagina menggunakan sembarangan sabun pencuci. Pastikan memilih sabun yang cocok dengan kulit agar tidak menimbulkan gangguan. Selain itu, sabun yang digunakan juga dapat memengaruhi keseimbangan bakteri dan pH pada vagina yang mungkin saja menyebabkan iritasi.

Saat menstruasi, membersihkan vagina sangat penting untuk dilakukan. Hal ini untuk mengatasi perkembangbiakkan bakteri pada saat menstruasi terjadi. Bahkan, banyak dokter yang menyarankan untuk membersihkan vagina lebih sering per harinya.

2. Jaga Pola Makan Sehat

Cara lainnya untuk mendapatkan vagina yang sehat adalah dengan menjaga pola makan yang sehat. Selain menerapkan diet seimbang dan bergizi, mengonsumsi banyak cairan juga dapat menjadi kunci kesehatan pada vagina. Salah satu makanan yang baik untuk mengatasi jamur pada area kelamin wanita adalah yogurt. Maka dari itu, konsumsi makanan ini sebagai tambahan setelah mengonsumsi hidangan utama.

3. Batasi Waktu Duduk

Pastikan untuk tidak duduk terlalu lama demi kesehatan vagina. Sebab, hal ini dapat memengaruhi area di sekitar vagina, sehingga terasa kaku. Hal ini dapat membawa masalah pada kesehatan organ reproduksi jika terus dilakukan. Maka dari itu, ada baiknya untuk mengambil jeda tiap beberapa jam saat bekerja.

Kamu bisa melakukan peregangan selama 5-10 menit untuk mengambil jeda. Hal ini untuk membuat otot meregangkan otot di area vagina yang kaku. Kamu bisa berjalan kecil atau ke luar sebentar mencari udara segar. Hal ini juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenant.

4. Hati-Hati Saat Bersepeda

Wanita perlu berhati-hati saat bersepeda karena mampu kesehatan bagian reproduksi yang dimiliki. Beberapa risiko yang bisa terjadi adalah mati rasa, perasaan sakit, hingga kesemutan. Maka dari itu, ada baiknya setiap wanita untuk berolahraga sepeda dalam waktu dan jarak yang aman. Hal ini untuk menghindari gesekan terlalu lama yang dapat mengganggu area vagina.

5. Senam Kegel

Senam kegel adalah salah satu olahraga yang diyakini sangat baik untuk menjaga kesehatan vagina. Untuk melakukan senam ini, awali dengan gerakan seperti menahan diri ingin buang air kecil. Lalu, pusatkan latihan gerakan pada otot tersebut. Kencangkan dan tahan otot tersebut selama 5 detik. 

Gerakan ini bisa dilakukan dalam posisi berbaring, berdiri, hingga duduk. Sebelum melakukan gerakan ini, pastikan agar kantung kemih benar-benar kosong. Saat melakukannya, bernapas dengan normal dan beri jeda 10 detik sebelum mengulangi gerakannya.

Kamu juga bisa lho menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk bisa mendapatkan jawaban terkait cara membuat vagina tetap sehat. Pertanyaan ini bisa diajukan kapan dan dimana saja melalui smartphone dengan download aplikasi Halodoc. Maka dari itu, gunakan segera aplikasinya untuk mendapatkan kemudahannya!

Referensi:
Everyday Health. Diakses pada 2022. 8 Rules for a Healthy Vagina.
Healthline. Diakses pada 2022. From Pubes to Lubes: 8 Ways to Keep Your Vagina Happy.