• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Sehat untuk Mencegah Sakit Kepala

5 Makanan Sehat untuk Mencegah Sakit Kepala

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala yang dirasakan akan membuat pengidapnya merasa tidak nyaman. Kondisi ini biasanya berupa rasa sakit atau nyeri yang terjadi pada bagian kepala. Rasa sakit atau nyeri yang dialami dapat berupa tekanan pada area kepala hingga kepala yang terasa berdenyut kencang. Memenuhi kebutuhan istirahat umumnya dapat membantu mengurangi gejala sakit kepala yang dialami. 

Baca juga: Waspada, Ini 14 Tanda Sakit Kepala Berbahaya

Meskipun penyebabnya beragam, mulai dari kurang tidur, telat makan, serta adanya penyakit lain, mengonsumsi makanan sehat dinilai cukup efektif untuk meredakan sakit kepala yang kamu alami. Tidak hanya itu, dengan mengonsumsi makanan sehat kamu juga dapat melakukan pencegahan terhadap kondisi sakit kepala. Simak beberapa ulasan makanan sehat yang dapat kamu konsumsi agar terhindar dari sakit kepala di sini.

Kenali Penyebab Sakit Kepala

Sakit kepala akan dirasakan berbeda-beda pada tiap pengidapnya. Sakit kepala dapat dirasakan mulai dari gejala yang ringan hingga yang cukup berat. Gejala sakit kepala dapat berupa nyeri pada salah satu bagian kepala atau pada sekeliling bagian kepala dengan durasi yang berbeda. Kondisi nyeri pada kepala juga disertai dengan tanda lain, seperti demam, lemas, mual, mata memerah, hingga penglihatan yang lebih sensitif terhadap cahaya.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh aktifnya saraf nyeri pada bagian kepala. Aktifnya saraf nyeri dapat disebabkan adanya gangguan otot pada kepala maupun leher, gangguan pembuluh darah, serta beberapa perilaku atau kebiasaan. Beberapa perilaku yang dapat memicu munculnya sakit kepala, seperti kurang tidur, mengonsumsi alkohol, minuman yang mengandung kafein, merokok, telat makan, hingga olahraga yang berlebihan.

Selain aktifnya saraf nyeri, ada beberapa kondisi lain yang memicu sakit kepala, seperti dehidrasi, stres, hipertensi, hingga alami cedera kepala. Untuk itu, sangat penting melakukan pengobatan dan pencegahan terhadap kondisi sakit kepala agar tidak menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih buruk.

Baca juga: Sakit Kepala Berkepanjangan, Apakah Berbahaya?

Diet Sehat untuk Atasi dan Cegah Sakit Kepala

Selain mengonsumsi obat pereda sakit kepala, tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi beberapa makanan sehat yang dapat membantu kamu meredakan dan juga mencegah sakit kepala. Berikut ini makanan yang bisa kamu konsumsi:

1.Ikan

Ikan menjadi makanan sehat yang dapat kamu konsumsi untuk mengurangi dan juga mencegah sakit kepala. Hal ini disebabkan beberapa jenis ikan memiliki kandungan omega 3 yang dinilai efektif mengatasi sakit kepala. Asam lemak omega 3 dinilai mampu menghambat produksi prostaglandin yang merupakan hormon pemicu sakit kepala. Pilihlah jenis ikan yang memiliki kandungan omega 3, seperti ikan salmon, kembung, tenggiri, dan juga tuna.

2.Pisang

Rendahnya kadar gula juga dapat meningkatkan risiko sakit kepala. Kadar glukosa yang rendah juga menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi sehingga oksigen menuju otak berkurang dan akhirnya sakit kepala. Kamu bisa mengonsumsi buah yang memiliki rasa manis alami, seperti pisang untuk meningkatkan kadar glukosa sehingga kamu dapat meringankan gejala sakit kepala.

3.Yoghurt

Kekurangan asupan kalsium dapat menyebabkan otak alami gangguan fungsi. Tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi yoghurt guna menambah asupan kalsium agar otak dapat berfungsi dengan optimal dan kamu akan terhindar dari kondisi sakit kepala.

4.Semangka

Dehidrasi menjadi salah satu kondisi yang dapat meningkatkan risiko sakit kepala. Tidak ada salahnya mengonsumsi buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi, seperti semangka untuk mengatasi maupun mencegah dehidrasi. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kondisi sakit kepala. 

5.Kacang Almond

Kandungan magnesium dalam kacang almond dinilai dapat menghindari kamu dari sakit kepala karena dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih lentur dan tidak kaku.

Baca juga: Kenali Bedanya Jenis-Jenis Sakit Kepala

Itulah beberapa makanan yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi dan mencegah sakit kepala. Selain menjalani pola makan sehat, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan istirahat, perhatikan asupan air putih, dan juga kelola stres dengan baik agar kamu dapat mencegah sakit kepala.

Sakit kepala yang cukup parah dan tidak menghilang selama beberapa minggu, sebaiknya segera tanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar gangguan kesehatan yang kamu alami dapat segera diatasi dengan tepat.

Referensi:
Woman’s Day. Diakses pada 2020. 9 Foods That Can Help Soothe a Headache.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Which Foods Help Prevent Migraines.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Headache.