• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Sayur Oyong bagi Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Sayur Oyong bagi Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Sayur Oyong bagi Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 14 November 2022

“Sayur oyong adalah salah satu tanaman yang mengandung berbagai macam nutrisi menyehatkan, sehingga baik bagi tubuh. Salah satu manfaat dari konsumsi sayuran ini adalah mampu mencegah penyakit mata.”

5 Manfaat Sayur Oyong bagi Kesehatan Tubuh5 Manfaat Sayur Oyong bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Sayur oyong termasuk jenis tanaman yang cukup dikenal di Indonesia dengan rasanya yang khas dan biasa diolah menjadi sayur bening. Tumbuhan ini dapat tumbuh baik di iklim tropis seperti di Indonesia, sehingga sangat mudah didapatkan.

Makanan sehat ini kerap dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya karena kandungan vitamin A yang tinggi. Oleh karenanya, setiap orang disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin agar mendapatkan benefitnya.

Berbagai Manfaat Sayur Oyong agar Tubuh Lebih Sehat

1. Mencegah Penyakit Mata

Salah satu manfaat dari mengonsumsi sayur oyong secara rutin adalah mampu mencegah penyakit mata. Kandungan vitamin A di dalamnya dapat mencegah degenerasi makula yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kebutaan.

Dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, seperti sayur oyong, dapat membantu dalam mengurangi penyakit mata. Terlebih jika dikonsumsi bersamaan dengan berbagai nutrisi lainnya, seperti vitamin C, vitamin E, dan zinc, risiko terserang degenerasi makula bisa menurun bahkan sampai 25%.

2. Mencegah Diabetes

Sayur oyong juga kaya akan kandungan mangan, berguna untuk memproduksi enzim pencernaan untuk proses glukoneogenesis. Zat ini dapat digunakan oleh tubuh untuk meningkatkan sekresi insulin dan mengurangi peroksidasi lipid, sehingga risiko seseorang untuk mengidap diabetes lebih rendah.

3. Mengurangi Radang Sendi

Tanaman ini juga memiliki kandungan tembaga yang cukup tinggi, sehingga sangat baik dalam mengatasi arthritis. Zat ini mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kekakuan pada tubuh serta rasa sakit pada sendi.

Di sisi lain, sayuran ini juga dapat meningkatkan kekuatan otot serta memperbaiki jaringan ikat. Maka dari itu, jika kamu mengalami peradangan pada tubuh, terutama sendi, sebaiknya mengonsumsi sayur oyong secara rutin.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Asupan vitamin C yang terkandung pada sayur oyong dipercaya dapat meningkatkan kesehatan kulit. Vitamin C dapat memberikan manfaat berupa mengurangi kekeringan pada kulit dan memperlambat penuaan pada bagian terluar tubuh ini.

Vitamin C juga digunakan untuk menghasilkan protein pada tubuh untuk pembentukan tendon, ligamen, hingga kulit. Jumlah vitamin C yang tercukupi setiap harinya dapat membantu dalam proses penyembuhan luka.

5. Mengobati Anemia

Vitamin B6 di dalam sayur oyong juga cukup tinggi, hampir mencapai 15% kebutuhan harian pada tubuh. Tercukupinya nutrisi ini dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang ampuh dalam mengatasi anemia. Hal ini memang sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian jika tercukupinya vitamin B6 dapat mengurangi gejala anemia dan bahkan mencegahnya sebelum terjadi.

Dengan mengetahui berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari konsumsi sayur oyong, sebaiknya mempertimbangkan untuk memasukkan sayuran ini pada menu makanan harian. Meski rasanya terkadang asing pada beberapa orang, selalu ingat berbagai manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika mengonsumsi sayuran ini secara rutin.

Apabila kamu masih memiliki pertanyaan lainnya terkait manfaat sayur oyong, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk berinteraksi langsung dengan ahlinya. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa didapatkan melalui smartphone di tangan. Makanya, unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Health Benefits Time. Diakses pada 2022. Luffa facts and health benefits.
Rx List. Diakses pada 2022. Luffa.