5 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi dengan Mikrodermabrasi

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 September 2022

“Terdapat beberapa masalah kulit yang bisa diatasi melalui prosedur mikrodermabrasi. Mulai dari garis, kerutan, dan kulit yang tampak kusam, hingga membantu mengatasi komedo yang membandel.”

5 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi dengan Mikrodermabrasi5 Masalah Kulit yang Bisa Diatasi dengan Mikrodermabrasi

Halodoc, Jakarta – Saat ini, mikrodermabrasi wajah merupakan salah satu prosedur perawatan dan peremajaan kulit yang populer di aspek kecantikan. Di mana prosedur ini adalah tindakan invasif minimal, sehingga tidak menimbulkan luka yang besar. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengelupasan kulit untuk mengangkat sel-sel kulit wajah yang mati. 

Menariknya lagi, selain prosedurnya cepat, mikrodermabrasi wajah juga dikabarkan tergolong aman dibanding proses perawatan kulit lain seperti pengelupasan kimia. Namun, kira-kira apa saja masalah kulit yang dapat diatasi dengan mikrodermabrasi? Yuk, simak informasinya di sini! 

Masalah Kulit yang Bisa Diatasi dengan Mikrodermabrasi 

Terdapat beberapa masalah kulit yang bisa diatasi melalui prosedur mikrodermabrasi, antara lain: 

1. Garis, kerutan, dan kulit yang tampak kusam 

Salah satu alasan paling lazim mengapa seseorang melakukan mikrodermabrasi adalah untuk mengurangi munculnya garis halus dan kerutan. Di mana kondisi kulit tersebut dapat terjadi akibat beberapa faktor. Misalnya seperti stres, penuaan alami, kerusakan akibat sinar matahari, hingga photoaging. 

Meski begitu, perlu diketahui bahwa lokasi kerutan dan jumlah perawatan yang dilakukan akan menentukan seberapa efektif hasil mikrodermabrasi. Karena itu, penting untuk mengikuti anjuran dokter terkait perawatan pasca prosedur tersebut dengan baik. 

2. Bintik-bintik penuaan dan pigmentasi tidak merata

Masalah kulit selanjutnya yang dapat diatasi dengan mikrodermabrasi adalah bintik penuaan dan pigmentasi yang tidak merata. Manfaat mikrodermabrasi untuk mengatasi masalah kulit tersebut juga didukung oleh beberapa penelitian. Salah satunya adalah sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 silam. Di mana pada penelitian tersebut, partisipan wanita yang diberi kombinasi mikrodermabrasi dan terapi laser mengalami peningkatan warna kulit yang signifikan. 

3. Mengatasi jerawat dan bekas lukanya 

Mikrodermabrasi diduga kuat dapat membantu mengatasi jerawat, sekaligus menghilangkan bekas lukanya. Kendati demikian, hal ini bergantung pada penyebab jerawat yang mendasarinya, sekaligus seberapa parah jerawat yang dimiliki seseorang. 

Sebab, prosedur mikrodermabrasi tidak akan bekerja secara optimal untuk mengobati jerawat breakout. Bahkan, hal ini malah dapat memperparah gejala dan menyebabkan breakout menjadi lebih lama. Selain itu, mikrodermabrasi juga tidak dapat menghilangkan bekas luka jerawat yang sangat dalam pada kulit. 

4. Memudarkan stretch mark 

Prosedur mikrodermabrasi juga dapat memudarkan stretch mark pada kulit dan dinilai sama efektifnya dengan jenis perawatan topikal seperti krim tretinoin. Sebab, prosedur ini dapat mendorong pergantian sel pada kulit. Mekanisme ini dapat mempercepat kemampuan penyembuhan pada kulit. Inilah alasan mengapa mikrodermabrasi merupakan perawatan yang sangat efektif untuk mengatasi stretch mark. 

5. Membantu mengatasi komedo 

Jika kamu memiliki komedo yang membandel, kamu bisa melakukan mikrodermabrasi untuk mengatasinya. Sebab, mikrodermabrasi diketahui dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit yang membesar. Di mana hal ini pada akhirnya dapat membantu mengatasi komedo pada kulit. Namun, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kamu memiliki jerawat aktif yang meradang atau kulit yang teriritasi, prosedur ini tidak disarankan untuk dilakukan. 

Itulah beberapa masalah kulit yang dapat diatasi dengan prosedur mikrodermabrasi. Mulai dari garis, kerutan, dan kulit yang tampak kusam, hingga membantu mengatasi komedo yang membandel. Maka dari itu, jika kamu ingin memiliki kulit yang cerah, terawat, dan halus, tidak ada salahnya untuk melakukan mikrodermabrasi sebagai pilihan perawatan. 

Namun, pastikan untuk terlebih dahulu memeriksakan diri dan berdiskusi dengan dokter kulit. Hal ini bertujuan agar kondisi kulitmu dapat benar-benar dipastikan aman untuk prosedur tersebut, sehingga hasilnya dapat dirasakan secara optimal. 

Nah, jika saat ini kamu ingin memeriksakan kondisi kulitmu, kamu bisa membuat janji medis melalui aplikasi Halodoc, di rumah sakit pilihanmu. Tentunya tanpa perlu mengantre atau menunggu berlama-lama. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. What Is Microdermabrasion?
Healthline. Diakses pada 2022. Microdermabrasion Benefits and Uses. 

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan