• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Tips Agar Kulit Cantik Saat Lebaran

5 Tips Agar Kulit Cantik Saat Lebaran

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Lebaran sebentar lagi tiba. Kamu tentunya ingin tampil cantik maksimal dong saat bersilaturahmi dengan keluarga besar nanti. Selain beli baju baru, kamu juga perlu menjaga dan merawat kulitmu agar terlihat cantik dan cerah merona saat merayakan Hari Raya nanti. Yuk, ikuti tips-tips berikut agar kulit cantik saat lebaran.

Lebaran merupakan momen di mana kamu akan bertemu dengan banyak orang, mulai dari keluarga, saudara, sampai tetangga yang ingin bersilaturahmi. Jadi, wajar saja bila sebagai wanita, kamu ingin tampil memukau.

Sebenarnya menggunakan makeup adalah cara yang paling cepat dan mudah untuk mendapat kulit wajah yang cantik dan merona. Namun, jangan lupa juga bahwa hal terpenting yang  perlu kamu lakukan adalah merawat kecantikan dan kesehatan kulit dari dalam. Karena tanpa kulit wajah yang sehat, makeup yang kamu gunakan juga tidak akan terlihat sempurna di wajah.

1. Rutin Melakukan Perawatan Kulit

Tidak hanya jelang lebaran saja, tapi kamu perlu merawat kulit mu secara rutin setiap hari. Berikut beberapa perawatan yang tidak boleh kamu lewatkan setiap hari:

  • Hal penting pertama yang perlu kamu lakukan bila ingin memiliki kulit wajah yang cantik dan sehat adalah bersihkan wajah minimal dua kali sehari dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Tapi ingat, pilihlah sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. (Baca juga: Ingin Cantik? Ini Perlunya Cuci Muka dengan Sabun Khusus)
  • Aplikasikan serum pada pagi dan malam hari. Masih banyak wanita yang mengira, mengaplikasikan serum pada malam hari saja sudah cukup. Padahal menggunakan serum di pagi hari juga penting lho. Apalagi kalau kamu memiliki hari besar seperti lebaran yang menuntutmu berpenampilan maksimal. Formula yang dimiliki serum dapat bekerja dengan cepat dan merawat kulit lebih optimal dibandingkan jenis skin care lainnya.
  • Gunakan Pelembap atau day cream. Jangan lupa gunakan pelembap atau krim siang sebelum pergi bersilaturahmi saat lebaran, ya. Pelembap dapat membantu menjaga kulitmu tetap lembap seharian serta mengontrol produksi minyak pada wajah. Pelembap juga bermanfaat untuk membuat makeup yang kamu kenakan lebih menempel dan tahan lama.

2. Scrub Wajah

Malam sebelum Lebaran atau saat malam takbiran, kamu juga bisa melakukan scrub wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga kamu bisa bangun dengan kulit wajah yang tampak lebih cerah dan bersinar keesokan harinya.

3. Pakai Masker

Selain scrub wajah, kamu juga bisa menggunakan masker wajah di malam harinya menjelang lebaran, agar kulit wajahmu halus, lembut dan terasa lembap. (Baca juga: Manfaat Susu Untuk Wajah dan Resep Maskernya)

4. Mengonsumi Makanan Berserat Tinggi

Nah, yang ini adalah cara merawat kesehatan kulit dari dalam. Dengan mengonsumsi makanan berserat tinggi, kulit wajahmu akan terhindar dari berbagai macam masalah kulit, sehingga wajah menjadi sehat, bersih dan juga mulus. Jadi, rajin-rajinlah mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan ikan yang dapat menyembuhkan dan merawat kulit tetap sehat.

5. Banyak Minum Air Putih

Selama berpuasa, penting untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum 8 gelas air putih dalam sehari. Minum air putih yang cukup tidak hanya akan menjaga tubuhmu tetap terhidrasi, tapi juga bisa melembapkan kulitmu sehingga tampak bersinar saat lebaran nanti.

(Baca juga: Aturan Minum Air Putih Saat Puasa)

Nah, kalau kamu punya masalah dengan kulit wajah yang membandel dan tidak kunjung hilang, bicarakan saja dengan dokter di Halodoc. Kamu bisa minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.