• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengatasi Whiteheads atau Komedo Putih pada Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Mengatasi Whiteheads atau Komedo Putih pada Wajah

6 Cara Mengatasi Whiteheads atau Komedo Putih pada Wajah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 September 2022

“Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi komedo putih. Salah satunya adalah dengan menggunakan produk yang berbahan asam salisilat.”

6 Cara Mengatasi Whiteheads atau Komedo Putih pada Wajah6 Cara Mengatasi Whiteheads atau Komedo Putih pada Wajah

Halodoc, Jakarta – Komedo putih atau whiteheads merupakan jenis jerawat tertutup yang disebabkan oleh tersumbatnya pori-pori oleh minyak dan kulit mati.  Pori-pori kulit dapat tersumbat ketika minyak (sebum) tidak dapat menembus permukaan kulit sehingga terjebak di dalam pori-pori. Nah, komedo putih merupakan jenis jerawat yang sulit dihilangkan atau diatasi. 

Kendati demikian, jika kamu saat ini tengah mengalaminya, kamu tidak perlu khawatir. Sebab, ada beberapa perawatan wajah yang dapat dicoba sebagai cara untuk mengatasi whiteheads atau komedo putih. Yuk, ketahui apa saja caranya di sini! 

Cara Mengatasi Whiteheads atau Komedo Putih

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi komedo putih: 

1. Menggunakan Asam Salisilat

Cara pertama yang dapat dicoba untuk mengatasi komedo putih adalah dengan menggunakan senyawa asam salisilat. Senyawa inibanyak tersedia pada produk pembersih wajah yang dijual secara bebas. Alasan penggunaan asam salisilat dianjurkan adalah karena bahan tersebut  membantu menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak. Selain itu, asam salisilat juga berperan penting dalam melarutkan sel-sel kulit mati. Hal ini dapat mencegah folikel rambut tersumbat. 

2. Menggunakan Asam Azelaic

Cara yang dapat dilakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan asam azelaic pada kulit wajah. Adapun, asam azelaic merupakan asam alami yang ditemukan dalam berbagai biji-bijian seperti barley, gandum dan gandum hitam. Senyawa ini dapat membunuh mikroorganisme pada kulit dan mengurangi pembengkakan. 

3. Melakukan Pengelupasan Kimiawi

Jika whiteheads tidak kunjung membaik dengan penggunaan obat yang dijual bebas, dokter kulit biasanya dapat merekomendasikan pengelupasan kimiawi. Perawatan ini akan melibatkan larutan kimia ringan untuk menghilangkan lapisan kulit dan mengurangi komedo putih.

4. Menggunakan Uap Hangat pada Wajah

Memaparkan kulit wajah ke uap hangat dapat mendorong pori-pori tersumbat jadi terbuka. Karena itu, jika kamu sedang memiliki komedo yang membandel, kamu bisa mencoba cara ini. Untuk melakukannya, kamu hanya perlu merebus air hingga mendidih, kemudian tuangkan ke mangkuk. Selanjutnya, arahkan uap hangat pada kulit yang ditumbuhi komedo putih, selama 5-10 menit. Kamu juga bisa mengurangi proses ini beberapa kali dalam seminggu. 

5. Menggunakan Oatmeal Scrub

Banyak produk kecantikan seperti pembersih atau perawatan wajah yang mengandung oatmeal. Alih-alih membeli produk semacam itu, sebenarnya kamu dapat mendapatkan manfaat dari scrub oatmeal buatan sendiri di rumah. Untuk mencobanya, kamu perlu mencampurkan gandum utuh dan yogurt tawar dengan porsi yang sama. Kemudian, oleskan campuran tersebut dengan lapisan yang tipis pada hidung. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas kulit dengan air hangat. Selayaknya menggunakan uap hangat pada wajah, kamu bisa mengulangi cara ini hingga beberapa kali dalam seminggu. 

6. Melakukan Prosedur Medis 

Ada beberapa prosedur medis yang juga dapat dilakukan untuk mengatasi komedo putih. Salah satunya adalah prosedur mikrodermabrasi. Prosedur ini dilakukan oleh dokter kulit dengan menggunakan alat khusus untuk mengampelas kulit. Hal ini bertujuan untuk mengikis lapisan atas kulit, sehingga pori-pori yang tersumbat penyebab whiteheads akan terbuka. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan guna mengatasi whiteheads atau komedo putih. Mulai dari menggunakan asam salisilat, melakukan pengelupasan kimiawi, menggunakan oatmeal scrub, hingga melakukan prosedur medis seperti mikrodermabrasi. Meski dapat hilang dengan sendirinya, terkadang whiteheads dapat mengganggu penampilan. Karena itu, penting untuk segera mengatasinya. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar perawatan atau memiliki keluhan kesehatan kulit, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis kulit untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada apliksinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Whiteheads.
Healthline. Diakses pada 2022. What Causes Whiteheads to Appear on Your Nose and What Can You Do?