6 Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   21 Juni 2018
6 Cara Menjaga Kesehatan Kuku6 Cara Menjaga Kesehatan Kuku

Halodoc, Jakarta – Siapa bilang menjaga kesehatan kuku bukan merupakan hal yang penting untuk dilakukan? Sebagai bagian dari tangan, justru kesehatan kuku harus terjaga, mengingat tangan sering berinteraksi dengan berbagai benda dan area tubuh lainnya, yang memungkinkan penyebaran kuman dan bakteri ke dalam tubuh.

Menjaga kesehatan kuku tidak seribet yang kamu bayangkan kok. Cukup menerapkan beberapa perawatan simple berikut ini maka kesehatan kukumu dapat terjaga dengan sempurna. Yuk, ikuti tips berikut ini!

  1. Memotong Kuku Rutin Seminggu Sekali

Memotong kuku rutin seminggu sekali perlu menjadi ritual yang diterapkan secara rutin. Tanpa kamu sadari kuku yang panjangnya sudah melewati maksimum ideal ukuran kuku dapat menyimpan bakteri dan kuman yang berbahaya. Tidak hanya untuk kesehatan kuku dan jari saja, kuman yang mengendap di kuku memungkinkan penyebaran penyakit lewat interaksi tangan ke mulut ataupun ke mata. Baca juga: 7 Tips Perawatan Wajah Lelah

  1. Memotong Kuku yang Benar

Sejatinya memotong kuku tidak sembarangan memotong supaya pendek. Idealnya kuku digunting tidak melewati tepi bagian putih kuku. Kuku yang terlalu pendek bisa menyebabkan iritasi dan infeksi serta pertumbuhan kuku yang salah. Memotong kuku yang benar dan sehat juga seharusnya mengikuti lekuk kuku supaya kuku tumbuh dengan benar dan tidak menekan bagian daging kuku.

  1. Jangan Menggigiti Kuku

Kebiasaan jelek seperti menggigiti kuku tidak hanya membuat kuku terlihat jelek tapi juga dapat berisiko terhadap kesehatan. Perpindahan kuman dan bakteri dari kuku ke mulut sangat memungkinkan. Tidak hanya sekadar gangguan pencernaan seperti sakit perut saja tapi kemungkinan penyebaran penyakit yang lebih gawat bisa saja terjadi. Kerusakan pada gigi juga bisa saja terjadi lewat kebiasaan menggigiti kuku.

  1. Jangan Terlalu Sering Mengganti Warna Kuteks

Menjaga kesehatan kuku juga bisa dilakukan dengan menjaga frekuensiintensitas penggantian warna kuteks. Idealnya 2-3 bulan adalah waktu yang tepat untuk mengganti warna kuteks. Bahan kimia yang terdapat pada pewarna kuku bisa merusak warna kuku dan memberikan iritasi pada jari-jari karena terlalu sering terpapar pewarna kuku dan pembersih kuteks. Fakta lain dari kuteks adalah, semakin gelap warnanya maka kuku dan jarimu akan makin riskan terkena iritasi. Baca juga: 6 Warna Urine Jadi Tanda Kesehatan

  1. Merendam Jari Tangan dengan Air Hangat

Cara lain untuk menjaga kesehatan kuku adalah dengan merendam jari-jari tangan dalam rendaman air hangat yang sudah dicampur garam. Komposisi ini tidak hanya bisa membersihkan kuku secara natural tetapi juga memberikan efek relaksasi sehingga kuku tidak mudah stres dan tumbuh lebih kuat. Untuk alternatifnya, kamu bisa menggosokkan irisan lemon ke kuku supaya tampil bercahaya dan tumbuh lebih solid.

  1. Mengoleskan Minyak Zaitun

Mengoleskan minyak zaitun bisa jadi langkah natural dalam menjaga kesehatan kuku. Sebelum tidur, oleskan minyak zaitun ke ujung kuku atau bisa juga diusapkan ke sela-sela jemari tangan lalu pijat dengan lembut supaya khasiat minyak zaitun menyerap sempurna. Baca juga: 3 Masalah Kesehatan Mulut pada Anak

Menjaga kesehatan tubuh dan jiwa tidak boleh setengah-setengah. Setiap bagian dari tubuh adalah kesatuan penuh yang tidak boleh luput dalam hal perawatannya. Kalau kamu ingin tahu lebih banyak mengenai hal ini, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan