• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Rambut

6 Makanan Sehat yang Baik untuk Kesehatan Rambut

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Rambut yang kering, bercabang, dan rontok kerap kali membuat seseorang merasa risih, apalagi bila kondisi ini dialami oleh wanita. Alasannya, rambut merupakan mahkota bagi wanita. Nah, sebenarnya cara menjaga kesehatan rambut tidak cukup hanya dengan melakukan perawatan dari luar saja. Dengan kata lain, produk sampo hingga masker rambut saja tak menjamin rambut akan tetap sehat. 

Pasalnya, asupan gizi juga berperan vital dalam kesehatan rambut. Lantas, bagaimana cara menjaga kesehatan rambut melalui asupan gizi? Nah, di sini kamu perlu mengonsumsi makanan yang dapat menyehatkan rambut. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Baca juga: Haruskah Minum Suplemen untuk Atasi Rambut Rontok?

1.Ikan Berminyak, Mengatasi Kerontokan Rambut

Ikan adalah salah satu makanan yang dapat menyehatkan rambut. Untuk menyehatkan rambut, terutama mengatasi kerontokan rambut, konsumsi ikan berminyak seperti salmon dan mackerel. Kedua ikan ini mengandung asam lemak seperti omega-3, yang membantu memperlambat kerontokan rambut.

Ikan juga mengandung pasokan zat besi dan vitamin B12 yang mengesankan, yang berperan penting untuk kesehatan rambut. Hati-hati, kekurangan zat besi tidak hanya berkaitan dengan anemia, kondisi ini juga bisa membuat rambutmu menderita. 

2.Yoghurt, Melawan Penipisan Rambut

Yoghurt Yunani (Greek yogurt) makanan lainnya yang perlu kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan rambut. Yoghurt Yunani juga memiliki bahan yang membantu melancarkan aliran darah ke kulit kepala dan pertumbuhan rambut.

Yoghurt Yunani mengandung vitamin B5 (dikenal sebagai asam pantotenat) yang dapat membantu melawan penipisan dan kerontokan rambut. Itulah sebabnya asam pantotenat banyak digunakan pada produk-produk perawatan rambut. 

3.Bayam, Memerangi Rambut Rapuh

Makanan yang dapat menyehatkan rambut lainnya adalah bayam. Bayam dapat membantu untuk memerangi rambut rapuh. Seperti sayuran berdaun hijau lainnya, bayam kaya banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Sayuran ini banyak mengandung vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C. 

Baca juga: Perlukah Menggunakan Kondisioner Setelah Mencuci Rambut?

Nah, kandungan-kandungan ini yang bekerja sama untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Menariknya lagi, asupan nutrisi tersebut juga menjaga rambut agar tetap lembap sehingga tidak rusak. 

4.Wortel, Membuat Berkilau

Mau agar rambut terlihat lebih berkilau? Cobalah rutin mengonsumsi wortel. Selain menjaga kesehatan mata, wortel juga dapat membantu menciptakan rambut yang lebat dan berkilau. Berkat vitamin A, sayuran ini membantu untuk mendapatkan tampilan rambut yang berkilau. 

Vitamin A juga dapat menjaga minyak alami di rambut, dan menjaga kulit kepala dalam kondisi prima. Menurut ahli, makanan yang kaya vitamin A dan nutrisi pendahulunya, seperti karotenoid, juga membantu melindungi rambut dan kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

5.Pisang, Memelihara Folikel Rambut

Kekurangan vitamin B6 telah dikaitkan dengan penipisan dan kerontokan rambut. Pasalnya, vitamin ini bertanggung jawab untuk membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan. Ketersediaan vitamin ini juga berpengaruh pada produksi sel darah merah, yang bertugas memelihara folikel rambut, dan memastikan semua yang mereka butuhkan untuk bersinar dan tumbuh. Nah, pisang adalah salah satu makanan yang kaya akan vitamin B6.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Rambut untuk Wanita Berhijab

6.Telur, Membantu Proses Pertumbuhan

Terakhir, makanan yang dapat menyehatkan rambut lainnya adalah telur. Telur banyak mengandung zat besi dan protein. Di samping itu, telur juga kaya vitamin B yang disebut biotin yang membantu proses pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan rambut rontok. 

Nah, bagaimana tertarik mencoba makanan-makanan di atas agar rambut selalu sehat, kuat, dan berkilau? 

Bagi kamu yang memiliki masalah pada rambut atau keluhan kesehatan lainnya, kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
Doctor UK. Diakses pada 2020. 11 Best Foods for Healthy Hair.
WebMD. Diakses pada 2020.Top 10 Foods for Healthy Hair. 
WebMD. Diakses pada 2020. Diet and Healthy Hair.