6 Ramuan Herbal untuk Atasi Infeksi Escherichia Coli

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Januari 2023

“Beberapa bahan herbal dipercaya bisa mengatasi diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri Escherichia coli. Bahan herbal tersebut misalnya bawang putih, madu, ekstrak rimpang lengkuas, dan masih banyak lagi.”

6 Ramuan Herbal untuk Atasi Infeksi Escherichia Coli6 Ramuan Herbal untuk Atasi Infeksi Escherichia Coli

Halodoc, Jakarta – Tahukah kamu bahwa beberapa jenis bakteri ada secara alami di dalam tubuh dan bermanfaat untuk menjaga fungsi dan kesehatan tubuh? Salah satunya adalah bakteri bernama Escherichia coli atau disingkat menjadi E.coli.

Sebagian besar jenis bakteri ini tidak berbahaya atau hanya menyebabkan diare yang ringan. Namun, beberapa strain, seperti seperti E. coli O157:H7, bisa menyebabkan kram perut yang parah, diare berdarah, dan muntah.

Biasanya, penyakit yang disebabkan oleh E.coli bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, banyak ramuan herbal yang bisa meredakan gejala dan mempercepat kesembuhannya.

Berbagai Herbal yang Bisa Mengatasi Escherichia coli

Berikut beberapa bahan herbal yang bisa menjadi obat alami untuk mengatasi infeksi E. coli:

1. Bawang putih

Tidak hanya bisa menjadi bumbu dapur yang menambah kelezatan makanan, bawang putih juga sudah lama digunakan sebagai obat alami untuk mencegah dan mengatasi sejumlah penyakit.

Penelitian sudah menemukan bahwa bahan alami ini bisa menjadi pengobatan yang efektif melawan berbagai bentuk bakteri, termasuk Salmonella dan Escherichia coli

Bawang putih bahkan sudah dipertimbangkan untuk digunakan melawan tuberkulosis yang resisten terhadap berbagai obat.

2. Madu

Madu juga sudah lama digunakan sebagai pengobatan alami untuk mencegah dan mengatasi infeksi.

Makanan sehat yang rasanya manis ini memiliki efek antibakteri yang diduga berasal dari kandungan hidrogen peroksida.

Namun, madu manuka yang memiliki kandungan hidrogen peroksida yang lebih sedikit juga mampu melawan bakteri.

Sebuah studi tahun 2011 melaporkan bahwa jenis madu yang paling terkenal bisa menghambat sekitar 60 jenis bakteri. Hal ini membuat bahan alami tersebut dipercaya bisa mengatasi infeksi Escherichia coli.

Selain efek antibakteri, madu juga bisa membantu menyembuhkan usus yang luka akibat infeksi bakteri tersebut dengan memberikan lapisan pelindung.

3. Ekstrak rimpang lengkuas

Ramuan herbal lainnya yang juga bisa digunakan sebagai obat anti diare akibat infeksi Escherichia coli adalah ekstrak rimpang lengkuas.

Obat anti diare ini sudah lama digunakan masyarakat, terutama untuk bayi yang berusia di bawah lima tahun (balita).

Hal itu karena balita memiliki sistem imun yang belum terlalu sempurna untuk melawan bakteri yang menyerang tubuh mereka.

Senyawa yang yang terdapat dalam rimpang lengkuas dipercaya bisa menjadi penghambat berkembangnya bakteri E.coli dan dapat meningkatkan sistem imun pada balita.

4. Jahe

Khasiat jahe untuk menjaga kesehatan dan membantu mengatasi beberapa penyakit sudah tidak perlu diragukan lagi.

Beberapa penelitian, termasuk yang diterbitkan pada tahun 2017, sudah menunjukkan kemampuan rempah-rempah tersebut untuk melawan banyak jenis bakteri.

Jahe bisa bertindak sebagai antibiotik alami untuk mengatasi infeksi bakteri penyebab diare tersebut.

5. Cuka apel

Tahukah kamu bahwa sari cuka apel bisa membunuh 98 persen dari semua kuman? 

Hal itu karena bahan alami ini memiliki sifat anti virus, anti jamur dan antiseptik. Sari cuka apel bahkan bisa melawan Salmonella, Escherichia coli dan bakteri jahat lainnya.

Cara mengonsumsinya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 1-2 sendok makan cuka sari apel mentah ke dalam segelas air, dan tambahkan madu untuk membuat rasanya lebih enak, lalu minum.

6. Cengkeh

Cengkeh secara tradisional sudah digunakan dalam prosedur perawatan gigi. 

Penelitian sekarang menemukan bahwa ekstrak air cengkeh mungkin efektif melawan berbagai jenis bakteri, termasuk E. coli.

Itulah beberapa ramuan herbal yang bisa kamu coba untuk mengatasi infeksi Escherichia coli. 

Saat diare menyerang, kamu juga bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk tanya dokter dan minta saran kesehatan mengenai pengobatan yang tepat untuk mengatasinya.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. E. coli.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Top seven safe, effective natural antibiotics.
Jurnal Kimia Fisika. Diakses pada 2023. Uji Efektivitas Katalitik Herbal Ekstrak Rimpang Lengkuas Sebagai Bahan Aktif Penghambat Bakteri Escherichia Coli Terhadap Penyembuhan Diare Pada Balita.
Cultured Palate. Diakses pada 2023. Natural Remedies for E. Coli

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan