6 Risiko Kesehatan Pekerja Bila Terlalu Sering Duduk Membungkuk

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2023

“Ada banyak risiko kesehatan yang mengintai pekerja jika sering duduk membungkuk. Termasuk masalah pencernaan dan pernapasan.”

6 Risiko Kesehatan Pekerja Bila Terlalu Sering Duduk Membungkuk6 Risiko Kesehatan Pekerja Bila Terlalu Sering Duduk Membungkuk

Halodoc, Jakarta – Postur tubuh yang salah saat duduk dapat menimbulkan risiko kesehatan bagi pekerja. Termasuk masalah pencernaan, pernapasan, hingga penurunan suasana hati. 

Meski istirahat tetap perlu sesekali, mempertahankan posisi duduk tertentu untuk jangka waktu yang lama dapat memengaruhi kesehatan. Terutama posisi duduk yang terlalu membungkuk. 

Risiko Kesehatan Pekerja Karena Sering Duduk Membungkuk

Ketika postur tubuh saat duduk salah, tekanan pada tulang belakang akan meningkat. Ini dapat menyebabkan nyeri, ketegangan, sakit kepala, dan nyeri punggung.

Selain nyeri punggung yang merupakan efek paling umum, ada banyak risiko kesehatan lain bagi pekerja, yang mungkin tidak kamu sangka. Postur duduk yang buruk dapat memengaruhi kemampuan secara fisik, mental, dan emosional.

Berikut ini beberapa risiko kesehatan yang perlu diwaspadai:

1. Masalah Pencernaan

Duduk membungkuk terlalu lama dapat meningkatkan risiko kesehatan pada pekerja. Apalagi jika kamu duduk terlalu lama. Ini akan membuat organ pencernaan menjadi tertekan sehingga mengurangi efisiensi dan fungsi normalnya. Karena pencernaan melambat, akan ada risiko sembelit dan masalah lainnya. 

2. Akumulasi Lemak di Perut

Risiko kesehatan lainnya yang dapat dialami pekerja jika duduk membungkuk terlalu lama adalah akumulasi lemak di perut dan pinggang. Ini dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

3. Suasana Hati Memburuk

Postur duduk yang buruk dapat memiliki efek negatif pada suasana hati Anda. Orang yang duduk lebih lama lebih cenderung memiliki risiko depresi yang lebih tinggi.

4. Kelelahan

Ini adalah salah satu gejala paling umum dari postur tubuh yang buruk saat duduk. Untuk menahan tubuh dalam posisi yang salah, dibutuhkan banyak energi. Ini akan mengubah kapasitas pernapasan, dan membuat kamu menjadi lebih lelah.

5. Masalah Pernapasan

Duduk membungkuk saat kerja seharian di depan laptop dapat berpengaruh pada pernapasan. Sebab, ini dapat membatasi aliran darah dan oksigen yang membuat kamu lebih sulit untuk bernapas dan berbicara. 

Paru-paru berfungsi optimal ketika diafragma dan tulang rusuk dapat mengembang dengan baik. Duduk dalam waktu lama memposisikan paru-paru dalam mode terkompresi.

6. Peningkatan Stres

Risiko kesehatan lain yang dapat dialami pekerja jika sering duduk membungkuk adalah peningkatan stres. Ini karena masalah pernapasan dapat memengaruhi sistem saraf dan meningkatkan tingkat stres.

Tips Postur Duduk di Depan Komputer

Orang-orang yang harus duduk dalam waktu lama di meja karena pekerjaan perlu menjaga postur tubuh yang tepat. Dengan begitu, risiko kesehatan pekerja yang tadi dijelaskan bisa kamu hindari.

Saat bekerja di depan komputer dalam waktu lama, kamu dapat memperbaiki postur duduk dengan cara:

  • Menjaga jarak monitor dan tidak lebih dari 5 cm di atas garis pandang.
  • Menyesuaikan ruang kerja. Misalnya menambahkan sandaran kaki, bantalan pergelangan tangan, atau sandaran punggung.
  • Menggunakan meja berdiri untuk bergantian antara duduk dan berdiri.
  • Menggunakan kursi ergonomis, bola yoga, atau kursi lutut.
  • Mencoba berbagai jenis keyboard dan mouse, dan pilih yang paling nyaman.
  • Memposisikan keyboard dan mouse berdekatan.
  • Bangun dan bergerak sesekali, terutama saat mengalami nyeri otot atau persendian.
  • Duduk tegak dan melihat langsung ke depan saat menatap layar ponsel atau monitor.

Setelah berada di posisi yang benar, cobalah cek kembali postur tubuh setiap 10 hingga 15 menit. Kamu juga dapat melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk mengembalikan postur tubuh yang tepat.

Itulah pembahasan mengenai risiko kesehatan pekerja akibat sering duduk membungkuk. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan apapun setelah lelah bekerja, download Halodoc saja untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter.

Referensi:
Health Facts. Diakses pada 2023. Negative Effects of Bad Sitting Postures.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Sitting Positions For Good Posture.
WebMD. Diakses pada 2023. Why Sitting Too Much Is Bad for Your Health.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan