6 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Maret 2022

“Menerapkan gaya hidup sehat adalah hal yang susah-susah gampang dilakukan. Namun, sebenarnya hal ini tidaklah sulit, asalkan dibarengi dengan ketekunan dan keinginan untuk selalu sehat dan terhindar dari risiko penyakit.”

6 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat6 Tips Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Halodoc, Jakarta – Menerapkan gaya hidup sehat adalah salah satu rahasia panjang umur dan bisa meningkatkan kualitas hidup. Faktanya, disiplin dalam menerapkan pola hidup, seperti makan teratur, cukup istirahat, dan rutin berolahraga merupakan hal yang penting. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, baik fisik maupun mental. 

Sayangnya, banyak orang lupa menyisihkan waktu untuk makan dan memilih menyelesaikan pekerjaan sampai larut malam, sehingga jam tidur tidak lagi 7–8 jam perhari. Jika gaya hidup seperti itu terus dilakukan, maka akan berdampak negatif pada tubuh. Maka dari itu, penting untuk mengetahui tips dan trik menjalankan hidup sehat. Apa saja?  

Gaya Hidup Sehat untuk Tubuh Kuat

Untuk memiliki tubuh yang sehat ada banyak cara yang bisa kamu terapkan. Meski pada awalnya akan terasa sulit untuk melakukan perubahan hidup, tetapi hal ini akan memberi manfaat yang luar biasa dalam jangka waktu lama. Salah satu kendala besar dalam perubahan gaya hidup adalah rasa malas yang timbul serta kebiasaan menyepelekan kesehatan.  

Oleh karena itu, dibutuhkan niat yang cukup kuat dari dalam diri, jika sudah ada niat maka selanjutnya adalah memiliki kemauan. Dengan begitu, akan terwujud gaya hidup sehat yang kamu inginkan. Berikut tips 6 cara menjaga gaya hidup sehat yang bisa diterapkan pada kehidupan kamu sehari-hari: 

1. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa menjadi salah satu tolok ukur dalam menilai hidup sehat. Faktanya, dibutuhkan asupan makanan bergizi seimbang untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang terjaga selalu. Maka dari itu, penting untuk mengatur apa saja jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Hal ini juga akan memengaruhi berat badan yang salah satu syarat hidup sehat adalah memiliki berat badan ideal.  

2. Cukup Beristirahat  

Perlu diketahui bahwa istirahat yang cukup sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh. Oleh karena jika tubuh disibukkan dengan banyak aktivitas setiap harinya, tetapi tidak mendapat waktu istirahat yang cukup, maka tubuh akan rentan terkena penyakit. 

3. Banyak Minum Air Putih  

Minum air putih merupakan salah satu cara hidup sehat yang mudah. Oleh karena dengan meminum air putih, bisa mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh yang dikeluarkan melalui air seni. Tubuh sangat membutuhkan unsur cairan karena banyaknya aktivitas setiap hari, sehingga kamu sangat dianjurkan untuk minum minimal setidaknya 8 gelas per hari. 

4. Rutin Berolahraga  

Meluangkan waktu untuk berolahraga merupakan salah satu cara menjalani gaya hidup sehat. Karena olahraga membuat tubuh menjadi lebih fit dan bugar. Berolahraga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang dikeluarkan melalui keringat.  Bentuk latihannya bisa dibaca di artikel: “Kebugaran Jasmani: Pengertian, Unsur, Bentuk Latihan, dan Manfaatnya.”

5. Membiasakan Hidup Bersih 

Menjaga kebersihan termasuk cara hidup sehat. Selain untuk kenyamanan dan kesehatan, kebersihan juga membuat suasana hati yang baik saat untuk kamu memulai beraktivitas. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan. Ini karena dalam beraktivitas sehari-hari pastinya kamu memegang banyak benda atau barang-barang yang tidak diketahui kebersihannya. 

6. Meninggalkan Kebiasaan Buruk 

Kamu harus meninggalkan kebiasaan negatif, seperti merokok dan meminum-minuman berakohol. Ini karena merokok dan minum-minuman berakohol akan mengakibatkan organ-organ di dalam tubuh menjadi rusak. 

Jika mengalami gejala penyakit parah dan membutuhkan penanganan medis, segera pergi ke rumah sakit. Hal ini penting dilakukan untuk menurunkan risiko komplikasi. Gunakan aplikasi Halodoc untuk mencari dan menemukan daftar rumah sakit terdekat yang bisa dikunjungi. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play!  

Referensi:  
WHO. Diakses pada 2022. Healthy Living: What Is a Healthy Lifestyle? 
Healthline. Diakses pada 2022.The Benefits of Healthy Habits. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan