6 Tips yang Bisa Dilakukan Sebelum Vaksinasi Corona

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Maret 2021
6 Tips yang Bisa Dilakukan Sebelum Vaksinasi Corona6 Tips yang Bisa Dilakukan Sebelum Vaksinasi Corona

Halodoc, Jakarta - Di pekan vaksin corona ini, semua orang yang sudah mendapatkan giliran diwajibkan untuk langsung datang ke lokasi vaksinasi. Meski begitu, masih banyak orang yang merasa ragu dan takut untuk mendapatkan cara yang paling ampuh untuk mencegah serangan dari virus corona ini. Maka dari itu, kamu harus tahu beberapa tips atau saran sebelum vaksinasi corona dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya!

Beberapa Tips Sebelum Mendapatkan Vaksin Corona

Kementerian Kesehatan melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Muhammad Budi Hidayat menerangkan terkait beberapa tips yang dapat menjadi panduan bagi masyarakat yang akan mendapatkan vaksin corona dalam waktu dekat. Hal ini dilakukan guna menghindari efek samping berlebih serta dampak buruk yang tidak diinginkan, karena fisik atau mental yang kurang menunjang.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Fakta Lengkap Mengenai Vaksin COVID-19

Apa saja tips yang dibagikan oleh salah satu petinggi dari Kemenkes ini? Berikut ini beberapa poinnya:

  1. Pertama, memastikan dulu kondisi badan benar-benar sehat atau dalam kondisi yang prima. 
  2. Kedua, kondisi tubuh tidak mengantuk atau kelelahan saat akan menerima vaksin.
  3. Ketiga, disarankan untuk sarapan terlebih dahulu sebelum divaksinasi.
  4. Keempat, hindari kondisi stres yang dapat memicu beberapa gangguan layaknya maag dan lainnya.
  5. Kelima, jika kamu begadang pada malam sebelumnya, ada baiknya untuk tidur terlebih dahulu.
  6. Keenam, himbauan terhadap perusahaan untuk memperhatikan jadwal kerja karyawannya sebelum vaksin corona diberikan.

Semua tips tersebut sangat berhubungan dengan kondisi tubuh yang mungkin saja memberikan resistensi tersendiri pada vaksin yang masuk ke tubuh. Maka dari itu, jika kamu sedang tidak dalam keadaan sehat akibat beberapa penyakit meski terbilang ringan, ada baiknya untuk menunda pelaksanaan vaksinasi ini. Contohnya, jika kamu sedang mengalami flu, virus influenza sedang berada di dalam tubuh yang mungkin saja memberikan dampak lebih buruk setelahnya.

Alasannya, saat vaksinasi corona dilakukan, setiap orang benar-benar harus memastikan tubuhnya dalam keadaan yang prima agar antibodi di dalam tubuh dapat melawan virus. Setelah itu, tubuh sudah tahu cara menangani virus ini dengan metode yang paling jitu. Namun, jika tubuh tidak sedang sehat, kemampuan untuk melawan serangan dari virus menjadi lebih sulit dan sesuatu yang tidak diharapkan mungkin saja terjadi.

Baca juga: Inilah Syarat Penerima Vaksin Corona di Indonesia

Selain itu, rentang waktu dari pemberian vaksin corona yang pertama dengan yang kedua umumnya selama 14 hari. Suntikan pertama yang diberikan akan membentuk antibodi, tetapi belum melindungi secara keseluruhan. Hal ini berguna agar tubuh mengenal virus yang masuk ke tubuh sehingga mampu menanganinya saat terserang. Suntikan kedua yang diberikan akan membentuk antibodi yang bersifat protektif sehingga tubuh benar-benar terlindungi.

Namun pada lansia, jeda waktu yang diberikan dapat mencapai 28 hari. Jeda ini mengacu pada penelitian yang menyebut antibodi pada lansia akan terbentuk lebih baik setelah jeda selama itu. Hal ini mungkin juga dilakukan untuk menghindari segala dampak buruk yang dapat terjadi mengingat sistem imun tubuh yang sudah tidak dalam keadaan prima. Meski begitu, menerima vaksin corona adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan sebelum mendapatkan vaksin corona. Pastikan untuk melakukan semua tips tersebut sehingga efektivitas dari vaksin yang diberikan benar-benar ampuh. Jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil yang mungkin saja akan memberikan dampak besar. Jika kamu sudah mendapatkan giliran vaksin, segerakan dan jangan ditunda-tunda lagi!

Baca juga: Update Vaksinasi Corona: Dari Jenis Hingga Dosis

Jika masih memiliki pertanyaan terkait vaksin corona, dokter dari Halodoc siap memberikan penjelasan dengan lengkap. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, interaksi langsung dengan ahli medis berpengalaman bisa dilakukan tanpa perlu bertatap muka langsung. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga untuk mendapatkan semua kemudahan dalam akses kesehatan!

Referensi:
Kontan. Diakses pada 2021. 6 Tips dari Kemenkes sebelum disuntik vaksin Covid-19.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan