7 Cara Hidup Sehat di Tengah Pandemi, Apa Saja?

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   09 Mei 2022

“Menerapkan cara hidup sehat di tengah pandemi dapat dilakukan dengan langkah sederhana. Beberapa di antaranya yaitu melakukan vaksinasi, berolahraga, perhatikan asupan tubuh, dan cukupi waktu tidur.”

7 Cara Hidup Sehat di Tengah Pandemi, Apa Saja?7 Cara Hidup Sehat di Tengah Pandemi, Apa Saja?

Halodoc, Jakarta – Seluruh warga negara di belahan dunia saat ini sudah berdamai dan hidup berdampingan dengan virus corona. Setelah memasuki tahun ketiga pandemi COVID-19, virus telah mengubah banyak rutinitas sehari-hari.

Kebanyakan orang sudah beraktivitas seperti biasa dengan menjaga protokol kesehatan (prokses) ketat yang sudah ditetapkan. Ada beberapa cara hidup sehat di tengah pandemi virus yang belum juga usai. Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Melakukan Vaksinasi dan Menggunakan Masker

Di Indonesia, seluruh orang dewasa yang tidak memiliki kondisi kesehatan serius diwajibkan untuk melakukan vaksinasi sampai dosis ketiga. Anak-anak yang berusia 12 tahun atau lebih juga disarankan untuk melakukannya.

Vaksin bukan hanya melindungi tubuh, tetapi juga orang-orang di sekitar. Kamu juga disarankan untuk mengenakan masker di mana pun berada, agar paparan virus dapat ditekan secara signifikan.

2. Tetap Aktif

Meskipun area gym sudah banyak yang dibuka, kamu tetap disarankan untuk melakukan prokes saat berada di luar rumah. Alih-alih pergi ke pusat kebugaran, kamu bisa melakukan beberapa olahraga sederhana berikut ini di rumah:

  • Berjalan cepat di sekitar rumah atau naik turun tangga selama 10-15 menit sebanyak 2-3 kali per hari.
  • Menari dengan musik favorit.
  • Bergabung dengan kelas olahraga langsung di internet.

Untuk latihan kekuatan guna mempertahankan massa otot, kamu bisa melakukan beberapa gerakan berikut ini:

  • Push up.
  • Plank.
  • Sit up.
  • Step up.

3. Cukupi Kebutuhan Tidur

Hidup sehat di tengah pandemi lainnya dilakukan dengan mencukupi kebutuhan tidur. Jumlah tidur yang dibutuhkan agar kesehatan terjaga dengan baik adalah 7-8 jam setiap malam hari.

4. Perhatikan Asupan Tubuh

Hidup sehat di tengah pandemi selanjutnya dilakukan dengan memperhatikan asupan tubuh. Sebaiknya perbanyak asupan sayur dan buah-buahan dengan kandungan vitamin, serat, dan mineral guna menunjang kesehatan tubuh.

5. Luangkan Waktu Merawat Diri

Meluangkan waktu untuk meditasi, relaksasi, atau me time menjadi tips hidup sehat di tengah pandemi selanjutnya. Jika dilakukan secara rutin, hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Perhatikan Kesehatan Tubuh

Jika memiliki obat yang diresepkan untuk mengatasi gangguan kesehatan, pastikan untuk mengonsumsinya secara teratur. Jangan menunda, menambahkan, mengurangi, atau menghentikan dosis tanpa sepengetahuan dokter.

7. Mengatasi Stres dan Rasa Cemas

Hidup sehat di tengah pandemi selanjutnya dilakukan dengan mengatasi stres dan rasa cemas. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berolahraga, meditasi, membaca, serta mengembangkan keterampilan atau hobi tertentu.

Itulah beberapa tips hidup sehat di tengah pandemi. Jika kamu mengalami kendala dalam melakukannya, tanyakan pada  dokter segera, ya! Kamu juga bisa bertanya seputar masalah kesehatan yang kamu alami.

Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup, dan pola hidup sehat lainnya, silahkan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Health Mil. Diakses pada 2022. COVID-19: Lifestyle Tips to Stay Healthy.
Minnesota Department of Health. Diakses pada 2022. Healthy Eating During the COVID-19 Pandemic.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan