7 Ciri Kecanduan Game Online dan Cara Mencegahnya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   21 Oktober 2022

“Orang yang kecanduan game online memiliki ciri-ciri selalu memikirkan tentang game yang sedang dimainkan dan kehilangan minat pada pekerjaan, hobi, sekolah dan hubungan. Untuk mencegahnya, perlu melakukan pembatasan pada akses dan waktu bermain.”

7 Ciri Kecanduan Game Online dan Cara Mencegahnya7 Ciri Kecanduan Game Online dan Cara Mencegahnya

Halodoc, Jakarta – Kecanduan akan game online merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan kurangnya kontrol atas kebiasaan bermain game. Hal tersebut mengakibatkan dampak negatif dalam banyak aspek kehidupan seseorang, termasuk perawatan diri, hubungan, sekolah, dan pekerjaan.

Banyak peneliti yang menganggap bahwa kecanduan game online sebagai perilaku kecanduan yang mirip dengan gangguan perjudian, yang menganggap bahwa menang menjadi salah satu alasan utama untuk bermain. Kini pun banyak game online yang bersifat menghabiskan uang.

Lantas, seperti apa ciri-ciri kecanduan game online dan cara mengatasinya?

Ciri-ciri Seseorang Kecanduan Game Online

Mengutip American Psychiatric Association, ada beberapa ciri-ciri yang harus diperhatikan dalam mengenali kecanduan game online. Di antaranya:

  1. Preokupasi dengan game online

Maksudnya, seseorang  selalu berpikir tentang aktivitas game sebelumnya atau mengantisipasi untuk bermain game berikutnya. Bermain game menjadi aktivitas yang dominan dalam kehidupan sehari-hari. 

  1. Muncul gejala penarikan saat game diambil

Biasanya seseorang yang kecanduan game online menjadi lekas marah, cemas, bosan, mengidap, atau sedih ketika game-nya diambil.

  1. Selalu meminta toleransi

Orang yang kecanduan game online memiliki kebutuhan untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain. Hal tersebut mungkin dipicu oleh kebutuhan untuk menyelesaikan tujuan yang semakin rumit, memakan waktu, atau sulit untuk mencapai kepuasan. 

  1. Kehilangan minat pada hobi

Pemain game online yang sudah kecanduan akan akan kehilangan minat pada hobi dan hiburan yang sebelumnya kerap ia lakukan. Hal tersebut sebagai akibat dari kecanduan game online. 

  1. Terus bermain meski merasakan dampak negatif

Seseorang akan terus bermain game online secara berlebihan, meskipun ia mengetahui adanya masalah psikososial atau dampak negatif lainnya.

  1. Menipu orang lain

Pecandu game online jadi suka menipu atau membohongi anggota keluarga atau orang lain tentang permainan mereka. 

  1. Kehidupan pribadi jadi berantakan

Orang yang kecanduan game online dapat berisiko mengalami kehilangan pekerjaan, pendidikan, atau peluang karier. 

Cara Mencegah Kecanduan Game Online

Kecanduan game online bisa berdampak buruk pada kehidupan seseorang. Bahaya kecanduan game online tidak hanya pada anak-anak dan remaja, tapi juga orang dewasa. Berikut ini cara mencegah agar tidak kecanduan game online:

  • Batasi akses ke alat game dan waktu bermain. Anak-anak, remaja, maupun orang dewasa tidak boleh menghabiskan waktu lebih dari 2 jam sehari untuk bermain game. Jika perangkat game, seperti konsol dan komputer, ada di kamar tidur, maka kamu akan tergoda untuk terus memainkannya. Maka sebaiknya letakkan perangkat tersebut jauh dari kamar tidur.
  • Bangun rutinitas sehat. Misalnya, alihkan perhatian dengan aktivitas menyenangkan lainnya di siang hari. Kamu bisa pergi berjalan-jalan, bertemu teman atau keluarga, atau melakukan hobi yang menggerakan fisik. 
  • Dapatkan bantuan profesional. Jika kamu merasa kesulitan dalam membatasi kebiasaan bermain game online, bicarakan pada psikolog. Mereka akan memberikan saran tentang cara berhenti sesuai dengan tingkat kondisi seseorang.
  • Cobalah terapi perilaku kognitif untuk mengatasi perilaku adiktif. Terapi tersebut dapat membantu mengatasi kecanduan game online yang parah. Mintalah psikolog untuk merujuk ke terapis yang memiliki pengalaman mengobati kecanduan dengan terapi perilaku kognitif.

Itulah yang perlu diketahui tentang ciri kecanduan game online dan cara mencegahnya. Jika kamu menyadari bahwa sedang kecanduan game online, tapi sulit berhenti, sebaiknya segera tanyakan pada psikolog di Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Video Game Addiction
GoodRx Health. Diakses pada 2022. What Is Video Game Addiction, and How Do You Treat It?
Game Quitters. Diakses pada 2022. Video Game Addiction – Treatment, Symptoms, and Causes
WikiHow. Diakses pada 2022. How to End a Video Game Addiction

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan