5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   05 Maret 2024

“Ada sejumlah makanan yang perlu pengidap asam urat hindari. Salah satunya adalah jeroan yang memiliki kandungan purin tinggi.”

5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat5 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Asam Urat

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Asam Urat 


Halodoc, Jakarta –  Asam urat atau gout adalah zat sisa yang tubuh hasilkan saat mencerna makanan tertentu. Ketika kadar asam urat naik dan membentuk kristal, maka terjadi penyakit ini. Gejala yang muncul biasanya berupa nyeri tiba-tiba dan pembengkakan pada persendian.

Penyakit ini umumnya mempengaruhi area seperti jari-jari kaki, pergelangan tangan, lutut, dan tumit. Selain faktor genetik, pola makan juga dapat menjadi pemicu gout. Salah satu faktor pemicunya adalah konsumsi makanan yang kaya akan purin. 

Oleh karena itu, ada beberapa jenis makanan pantangan yang sebaiknya pengidap kondisi ini hindari. 

Makanan Pantangan Pengidap Asam Urat 

Berikut adalah makanan pantangan yang pengidap kondisi ini perlu hindari konsumsinya: 

1. Jeroan

Jeroan merupakan organ dalam hewan seperti ayam, bebek, kambing, dan sapi yang lazim dikonsumsi. Organ dalam ini dapat berupa otak, hati, kelenjar timus, pankreas, dan ginjal. Jeroan dapat diolah dengan cara digoreng atau direbus. 

Namun sayangnya, kebiasaan konsumsi jeroan bisa meningkatkan risiko asam urat. Pasalnya jeroan memiliki kandungan zat purin tinggi sehingga meningkatkan risiko asam urat.

2. Daging merah

Meski mengandung protein hewani yang penting bagi tubuh, daging merah seperti kambing dan sapi memiliki kandungan purin yang tinggi. Bagi pengidap gout, sebaiknya menghindari konsumsi daging merah dan menggantinya dengan daging putih seperti ayam. Selain itu, pengidap kondisi ini juga sebaiknya mengonsumsi protein nabati yang berasal dari tempe atau tahu.

3. Makanan laut

Bagi pengidap penyakit asam urat, sebaiknya menghindari konsumsi sejumlah makanan laut. Contohnya seperti ikan sarden, teri, udang, kepiting, dan kerang. Jenis makanan laut ini memiliki kandungan purin yang tinggi dan dapat memicu asam urat.

Jika kamu menyukai makanan laut, lebih baik memilih ikan salmon yang memiliki kadar purin yang tergolong rendah.

4. Alkohol

Memang benar adanya kalau tidak semua minuman beralkohol tinggi purin. Namun, alkohol secara umum dapat menghambat proses ginjal dalam menghilangkan asam urat, menariknya kembali ke tubuh, sehingga menumpuk.

5. Minuman manis

Minuman kemasan yang mengandung kadar gula tinggi dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini dikarenakan fruktosa yang terdapat dalam makanan kemasan dapat merangsang produksi asam urat yang berlebihan. Selain minuman kemasan, fruktosa juga terdapat dalam beberapa buah seperti apel, pir, anggur, dan kurma.

Itulah beberapa jenis makanan pantangan yang perlu dihindari oleh pengidap asam urat. Nah, bila penyakit asam urat kambuh atau gejalanya membuatmu sulit beraktivitas, tak ada salahnya untuk mengonsumsi obat-obatan.

Rekomendasi Obat Asam Urat

Selain menghindari makan makanan di atas, coba konsumsi obat-obatan berikut untuk atasi asam urat:

1. Zyloric 100 mg 10 Tablet

Zyloric 100 mg 10 Tablet

Rekomendasi yang pertama adalah Zyloric. Obat ini bisa mengurangi tingkat asam urat dalam aliran darah dengan menghambat enzim xantin oksidase, enzim pembentuk asam urat. 

Zyloric digunakan untuk mencegah serangan asam urat kronis, mengobati sindrom lisis tumor saat proses kemoterapi, serta mengobati batu ginjal dengan komponen asam urat dan kalsium oksalat. 

Zyloric termasuk golongan obat keras dan harus menggunakan resep petunjuk dari dokter untuk membelinya. Aturan pakai obat ini adalah sesudah makan. 

Kisaran harga: Rp31.200 per strip.

Dapatkan Zyloric 100 mg 10 Tablet  di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Flamar 10 mg/g Gel 20 g

Flamar 10 mg/g Gel 20 g

Flamar digunakan untuk membantu mengurangi nyeri ringan, mengatasi inflamasi, mengatasi pasca trauma pada tendon, ligamen, otot, dan persendian. Selain itu, flamar juga digunakan untuk pengidap rheumatoid arthritis dan osteoarthritis dalam mengurangi rasa sakit.

Obat ini termasuk obat bebas terbatas dan untuk mendapatkannya tidak memerlukan resep dokter. Cara pakainya adalah dengan dioleskan di area yang nyeri. 

Kisaran harga: Rp23.900 per tube.

Dapatkan Flamar 10 mg/g Gel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Voltaren Emulgel 20 g

Voltaren Emulgel 20 g

Voltaren Emulgel adalah obat topikal golong non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID) yang mengandung zat aktif Diclofenac. Obat ini digunakan untuk mengobati reumatisme jaringan lunak dan penyakit reumatik lokal. 

Cara penggunaannya adalah dioleskan 3-4 kali sehari di area yang mengalami nyeri. Untuk mendapatkannya, kamu tak perlu memperoleh resep dokter karena Voltaren Emulgel adalah obat bebas terbatas. 

Rentang harga: Rp96.300 – Rp111.000 per tube.

Dapatkan Voltaren Emulgel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc.

Baca selengkapnya mengenai obat medis asam urat di artikel: “Ini 7 Rekomendasi Obat Asam Urat yang Ampuh Redakan Nyeri Sendi

4. Dolo-Neurobion 10 Tablet

Obat ini adalah obat pereda nyeri ini juga merupakan vitamin neurotropik. Dengan kandungan paracetamol, vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12 di dalamnya,  Dolo-Neurobion bisa membantu meredakan rasa nyeri karena neuritis dan neuralgia. 

Paracetamol memiliki sifat analgesik yang menghambat prostaglandin agar nyeri ringan sampai sedang bisa berkurang. Sementara itu, vitamin B1 memetabolisme karbohidrat, vitamin B6 meme, dan vitamin B12 yang bisa memelihara keutuhan jaringan saraf.

Untuk aturan pakainya, obat ini boleh diminum sebelum atau sesudah makan dua sampai tiga kali sehari sebanyak satu tablet.  

Kisaran harga: Rp27.100 per strip.

Dapatkan Dolo-Neurobion 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Voltadex Gel 20 g

Obat topikal yang satu ini merupakan non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID). Kondisi nyeri karena trauma tendon, ligamen, otot, dan sendi bisa diredakan dengan Voltadex Gel 20 g. Selain itu, reumatisme jaringan lunak dan penyakit rematik juga dapat diatasi menggunakan obat ini. 

Cara pakainya mudah, kamu cukup mengoleskan Voltadex Gel 20 g di bagian tubuh yang nyeri 3 sampai 4 kali sehari sambil di gosok perlahan. 

Kisaran harga: Rp28.500 per tube. 

Dapatkan Voltadex Gel 20 g di Toko Kesehatan Halodoc. 

Baca selengkapnya mengenai obat medis asam urat di artikel: “Ini 7 Rekomendasi Obat Asam Urat yang Ampuh Redakan Nyeri Sendi

Itulah beberapa rekomendasi obat-obatan yang bisa didapatkan di  Toko Kesehatan Halodoc! Produknya terpercaya dengan pengiriman cepat dan aman.

Referensi
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Gout Low Purine Diet. 
Verywell Health. Diakses pada 2023. Gout Diet: Foods to Eat and Avoid. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Gout. 
Web MD. Diakses pada 2023. Best (and Worst) Foods for Gout.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan