• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Masker Kopi bagi Kesehatan Wajah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 7 Manfaat Masker Kopi bagi Kesehatan Wajah

7 Manfaat Masker Kopi bagi Kesehatan Wajah

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Agustus 2022

“Kafein pada kopi bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Dengan begini, aliran darah akan meningkatkan sehingga akan membantu mengurangi munculnya selulit.”

7 Manfaat Masker Kopi bagi Kesehatan Wajah7 Manfaat Masker Kopi bagi Kesehatan Wajah

Halodoc, Jakarta – Kopi tidak hanya bermanfaat menjadi penyemangat pagi, tetapi juga baik untuk kesehatan wajah. Kafein dan asam klorogenat (CGA) yang terkandung dalam biji kopi dapat membantu mengurangi peradangan akibat masalah kulit seperti eksim, jerawat, dan psoriasis. 

Selain itu, ampas kopi juga efektif untuk penanganan infeksi kulit karena sifat antimikroba dari CGA dan kafeinnya. Kafein pada kopi juga bermanfaat meningkatkan mikrosirkulasi darah dan anti-inflamasi pada kulit wajah. Informasi selengkapnya mengenai manfaat kopi untuk kesehatan wajah bisa dibaca di sini!

Manfaat Masker Kopi untuk Kecantikan 

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh American Chemical Society, disebutkan bahwa kopi kaya akan antioksidan. Bahkan kandungan antioksidannya lebih tinggi ketimbang minuman teh ataupun wine

Itulah sebabnya mengapa menggunakan kopi sebagai masker wajah bisa meningkatkan kesehatan kulit. Lantas, apa saja manfaat masker kopi untuk kulit wajah? Berikut ulasannya!

1. Mengurangi Selulit

Kopi dapat membantu mengurangi munculnya selulit pada kulit. Kafein pada kopi bekerja melebarkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga meningkatkan aliran darah secara keseluruhan yang pada akhirnya membantu mengurangi munculnya selulit. 

Nah, akan menjadi lebih baik lagi bila masker kopi ini digunakan sebagai scrub, ia akan mengangkat sel-sel kulit mati dan menghaluskan kulit. 

2. Menenangkan Kulit

Kopi juga terkenal dengan efek stimulasinya yang bisa memberikan manfaat bila dioleskan ke kulit wajah. Tidak hanya mengangkat sel kulit mati, ini juga membantu kulit wajah menjadi lebih rileks. 

3. Manfaat Anti-Penuaan

Menerapkan kopi langsung ke kulit dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik cokelat akibat paparan matahari, mengurangi kemerahan, dan garis-garis halus pada wajah. Cobalah untuk menggunakan masker kopi sehabis beraktivitas di luar, kamu akan mendapatkan efek relaksasi dan mengurangi stres di kulit wajah. Alhasil, ini akan berdampak pada pengurangan kerut-kerut halus.

4. Vitamin B3 pada Kopi dapat Mencegah Kanker Kulit

Kopi kaya akan vitamin B3 (niasin) berkat pemecahan senyawa kunci yang disebut trigonelin. Namun, trigonelin baru akan terurai menjadi niasin setelah biji kopi dipanggang. Nah niasin ini dapat membantu dalam mencegah kanker kulit non-melanoma. 

5. Mengurangi Peradangan

Efek anti-inflamasi dikaitkan dengan asam klorogenat (CGA) serta melanoidin dalam kopi, yang berperan dalam mengurangi hiperpigmentasi. Sel-sel kulit bereaksi terhadap kerusakan atau peradangan dengan membuat melanin ekstra, hiperpigmentasi pasca-inflamasi oun tak terhindarkan.

Nah, hiperpigmentasi ditandai dengan bercak dan bintik-bintik cokelat, cokelat tua, atau bahkan biru-abu-abu pada kulit. Beberapa prosedur medis atau kosmetik juga dapat menyebabkan peradangan.

6. Perawatan Kulit Berjerawat

Penggunaan masker kopi secara teratur dapat membantu memerangi masalah dari bakteri berbahaya. CGA dalam kopi memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Jika dikombinasikan dengan perawatan kulit wajah lainnya, ini akan sangat membantu mengurangi masalah kulit berjerawat. 

7. Menghilangkan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Masker kopi juga dapat membantu mengobati lingkaran hitam yang membandel di bawah mata. Ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi diduga membantu melebarkan pembuluh darah yang berkontribusi terhadap kemunculan lingkaran hitam.

Cara Menggunakan Kopi untuk Masker Wajah

Masker kopi memang sudah jelas memberikan manfaat untuk kesehatan wajah. Namun, berhati-hatilah jika kamu memiliki kulit sensitif. Bubuk kopi bisa sangat keras pada kulit sensitif.

Ketika menggunakan kopi untuk scrubbing, jangan menggosok terlalu agresif, karena akan membuat kulit menjadi iritasi, kemerahan, dan perih. Untuk perawatan rumahan yang praktis dengan hasil yang maksimal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

1. Mencampur Kopi dan Yoghurt

Campurkan 1/4 sendok teh ampas kopi bekas dengan 1 sendok makan yoghurt. Pijat lembut di wajah dan leher dan diamkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat supaya sisa-sisa yoghurt dan kopi terangkat maksimal. Idealnya, gunakan 1-2 kali dalam seminggu.

2. Mencampur Kopi dan Gula Pasir 

Campurkan 1/2 cangkir gula pasir, 2 sendok makan bubuk kopi bekas, dan 1/4 cangkir minyak almond. Lakukan pemijatan di area kulit wajah, leher, bahu, lengan, siku, dan lutut lalu diamkan selama beberapa saat. Kemudian bersihkan dengan air hangat.

3. Mencampur Kopi dan Madu

Selain yoghurt dan gula pasir, kamu juga bisa menggunakan campuran madu. Ampas kopi yang dicampur dengan madu dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati di bibir. 

Itulah informasi mengenai manfaat masker kopi bagi kesehatan wajah. Punya masalah kulit yang ingin didiskusikan dengan ahlinya? Yuk, tanyakan pada dokter di Halodoc! Segera download aplikasi Halodoc untuk mendapatkan kemudahan akses informasi kesehatan. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Does Coffee Have Any Benefits for Your Skin?
Very Well Health. Diakses pada 2022. Benefits of Using Coffee Grounds for Your Skin and Face.
Health shots.com. Diakses pada 2022. How to use coffee for skin? Here are 5 effective ways to reap its benefits.