7 Manfaat Melakukan USG Payudara yang Penting untuk Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Juli 2023

“Penting untuk menjalani pemeriksaan USG payudara secara berkala, untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada organ tersebut. Apalagi, jika kamu memiliki riwayat keluarga atau faktor risiko lain terkait kanker payudara.”

7 Manfaat Melakukan USG Payudara yang Penting untuk Diketahui7 Manfaat Melakukan USG Payudara yang Penting untuk Diketahui

Halodoc, Jakarta – USG payudara adalah prosedur medis non-invasif yang penting untuk kesehatan payudara.Berbeda dengan mamografi, USG menggunakan gelombang suara untuk menciptakan gambar detail dari struktur payudara. 

Pemeriksaan ini biasanya berlangsung sekitar 15-30 menit, tergantung pada kompleksitas dan banyaknya area yang membutuhkan pemeriksaan. Ahli radiologi atau sonograf akan mengoleskan gel khusus pada payudara. Gel ini membantu gelombang suara untuk merambat dengan baik dan menghasilkan gambar yang jelas dari dalam payudara. 

Pentingnya Melakukan USG Payudara

Wanita perlu melakukan pemeriksaan payudara terutama untuk mereka yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara. Nah, berikut adalah  manfaat penting dari melakukan USG payudara:

1. Deteksi dini kanker payudara

Pemeriksaan yang juga bernama USG mammae ini, membantu dalam deteksi dini kanker payudara, terutama pada wanita dengan payudara padat, atau yang berisiko tinggi mengalami kanker. Dengan mendeteksi dini, penanganan dan kesembuhan menjadi lebih mungkin.

2. Membedakan benjolan

USG mammae membantu membedakan benjolan jinak dari benjolan ganas. Ini membantu mengurangi kecemasan dan memastikan diagnosis yang tepat.

3. USG payudara untuk evaluasi tumor 

Pemeriksaan ini juga dapat membantu mengukur ukuran tumor dan menilai apakah tumor bersifat kistik (berisi cairan) atau padat. Pada akhirnya informasi ini akan membantu dalam perencanaan pengobatan selanjutnya.

4. Memantau kondisi kista dengan USG payudara

Untuk wanita yang memiliki kista payudara, USG membantu memantau ukuran dan perkembangannya dari waktu ke waktu. Ini penting untuk memastikan tidak adanya perubahan yang mencurigakan.

Seperti apa prosedurnya? Bisa kamu baca di artikel ini: Begini Prosedur USG Payudara untuk Deteksi Kista Payudara.

5. Panduan biopsi

Jika ada benjolan mencurigakan, pemeriksaan ini dapat berfungsi sebagai panduan untuk prosedur biopsi. Baru kemudian pengambilan sampel jaringan, untuk pemeriksaan lebih lanjut .

6. Memantau kondisi kesehatan selama kehamilan

Beberapa wanita dapat mengalami kista payudara selama kehamilan. USG mammae membantu memantau ukuran dan perkembangan kista, serta memastikan tidak adanya perubahan yang mencurigakan pada kista tersebut.

7. Pemeriksaan lanjutan

Setelah mamografi atau pemeriksaan fisik mengidentifikasi area yang mencurigakan, USG mammae membantu mengidentifikasi masalah yang lebih jelas dan memberikan informasi lebih lanjut kepada dokter. 

Lantas, kapan waktu yang tepat melakukan prosedur ini? Simak selengkapnya di laman ini: Ini Waktu Tepat untuk Melakukan USG Payudara.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan USG Payudara

Supaya pemeriksaan berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan: 

1. Konsultasi dengan dokter

Sebelum menjalani pemeriksaan ini, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Diskusikan riwayat kesehatan, keluhan yang mungkin kamu alami, atau pertanyaan lain terkait pemeriksaan ini.

2. Persiapan sebelum pemeriksaan

Pastikan payudara dalam keadaan bersih dan bebas dari lotion atau minyak. Jika menggunakan deodoran, hindari penggunaan deodoran pada area payudara karena dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan.

3. Keluhan atau gejala

Jika kamu memiliki keluhan atau gejala tertentu pada payudara, segera beritahu ahli radiologi atau sonograf sebelum pemeriksaan dimulai.

Selain USG mammae, ada jenis pemeriksaan lain namanya mamografi. Seperti apa perbedaannya? Baca selengkapnya di artikel ini: Ini Perbedaan USG Payudara dan Mamografi.

4. Rileks dan tenang 

Usahakan untuk tetap tenang dan rileks selama pemeriksaan berlangsung. Pemeriksaan ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan.

5. Membaca hasil pemeriksaan 

Setelah pemeriksaan selesai, diskusikan hasilnya dengan ahli radiologi atau dokter. Jika ada perubahan atau kelainan, pastikan kamu memahami informasi tersebut dan bertanya jika ada hal yang kurang jelas.

Ingatlah bahwa USG mammae adalah prosedur yang aman dan tidak menyebabkan rasa sakit. Pemeriksaan ini penting untuk deteksi dini masalah kesehatan pada payudara dan memastikan kesehatan payudara tetap terjaga.

Mau tahu lebih jauh mengenai perbedaan USG 2D, 3D, dan 4D? Baca selengkapnya di artikel ini: “USG 2D, 3D dan 4D, Apa Bedanya?

Ingin melakukan pemeriksaan ini atau pemeriksaan kesehatan lainnya yang sesuai dengan kebutuhanmu dan keluarga? Gunakan saja aplikasi Halodoc dengan klik gambar berikut:

Halodoc Home Lab
Referensi:
Johns Hopkins. Diakses pada 2023. Breast Ultrasound.
Healthline. Diakses pada 2023. Breast Ultrasound.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Breast Ultrasound.
Radiology Info.org. Diakses pada 2023. Breast Ultrasound.
American Cancer Society. Diakses pada 2023. Breast Ultrasound.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan