• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Agar Tak Iri pada Adik Baru, Katakan ini ke Kakak

Agar Tak Iri pada Adik Baru, Katakan ini ke Kakak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Menambah momongan bukan hanya sesuatu yang harus didiskusikan antara ibu dan ayah saja. Jika sudah ada si sulung, maka merencanakan untuk punya momongan lagi  harus melibatkan kakak. Ini dilakukan agar kakak tidak cemburu pada kehadiran adiknya kelak. Debora Gold, asisten profesor psikiatri dan sosiologi dari Northwestern University ini mengatakan bila terjadi rasa iri antara kakak-beradik bisa dikatakan itu adalah kelalaian orangtua.

Lebih lanjut dijelaskan, kalau rasa iri ini tidak diselesaikan sedari dini bakal terbawa kelak sampai dewasa yang akan memengaruhi interaksi keduanya. Proses penerimaan kedatangan anggota baru ke lingkungan keluarga perlu dilakukan secara bertahap. Supaya penerimaan benar-benar tulus sehingga orangtua tidak perlu dipusingkan dengan bagaimana mengatasi kakak yang cemburu pada adik. Yuk, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Tanyakan Pendapat Anak Bagaimana Kalau Ada Adik Baru

Untuk kehamilan yang direncanakan, ada baiknya orangtua menanyakan pendapat anak, apakah dia setuju untuk menjadi kakak? Kalau ternyata anak menjawab tidak, orangtua bisa menanyakan lebih lanjut alasannya apa dan jelaskan hal-hal menarik dan ketika punya adik baru. Misalnya, punya teman bermain sekaligus tanggung-jawab baru.

Bila anak menjawab ya, orangtua juga perlu tahu alasannya apa. Jangan sampai anak salah menganggap makna kehadiran adik baru sebagai sesuatu yang menyenangkan tapi dalam artian negatif, seperti bisa disuruh-suruh dan lain-lain. (Baca juga Begini Cara Bikin Kakak Adik Akur)

  1. Libatkan Anak Menyambut Kehadiran Adik Baru

Guna mengatasi kakak yang cemburu pada adik, libatkan kakak untuk turut serta menyambut kehadiran adik. Mulai dari pemilihan nama, persiapan kamar adik, baju-baju bayi, supaya kakak antusias tidak ada salahnya orangtua membelikan baju kembar untuk dikenakan adik baru dan kaka bersamaan nanti. Jelaskan kepada kakak kenapa ibu harus makan makanan sehat, berikan informasi kepada kakak mengenai serba-serbi kehamilan. Ini akan menjadi sesuatu yang seru buat anak.

  1. Ajak Kakak untuk Turut Memikirkan Nama Adik Baru

Supaya antusias kakak bisa lebih lagi, ajak kakak untuk memberi ide nama adik baru. Semakin melibatkan anak untuk kehadiran anggota baru, maka akan semakin kecil kemungkinan anak menutup diri atas kehadiran adiknya. Ini adalah salah satu cara mengatasi kakak yang cemburu pada adik.

  1. Tetap Menjaga Afeksi

Afeksi adalah salah satu cara agar kakak menyanyangi adik baru sejak dini. Ini bisa dilakukan dengan menyentuh perut ibu. Ajak anak untuk mengobrol dengan adik dalam perut. Kemudian menunggu momen-momen adik menendang, kakak akan sangat antusias kalau berhasil memegang perut ibu dan merasakan tendangan adik.

  1. Harus Saling Menyayangi

Penting untuk diingatkan supaya kakak menyayangi adik dan kasih sayang orangtua tidak akan berubah, tetap sama rata walaupun ada kehadiran adik baru. Jelaskan juga kalau nantinya adik baru akan membutuhkan perhatian lebih dan kakak tidak perlu cemburu. Justru peranan kakak penting, membantu orangtua menjaga adik baru.

  1. Tidak akan Ada yang Berubah

Sampaikan kepada kakak kalau kehadiran adik baru tidak akan mengubah rasa sayang. Kebiasaan-kebiasaan yang orangtua dan anak lakukan dulu akan tetap ada, malah peranan kakak adalah mengenalkan ritual-ritual keluarga tersebut. Misalnya, kebiasaan membacakan cerita setiap malam, menyanyikan lagu favorit, memanggang roti bersama dan kebiasaan-kebiasaan lainnya.

Pertanyaan-pertanyaan seputar tumbuh-kembang anak memang tidak ada habis-habisnya. Kalau orangtua punya pertanyaan lain lagi bisa diajukan langsung ke Halodoc. Tinggal download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, lho. Jadi menjaga kesehatan anak jadi lebih mudah.