• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Merasa Lelah Usai Naik Tangga

Alasan Merasa Lelah Usai Naik Tangga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak semua orang suka suka melakukan aktivitas fisik, padahal kegiatan yang satu ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Aktivitas fisik seperti olahraga memang perlu waktu khusus untuk bisa dilakukan. Namun sebenarnya, kamu bisa menemukan waktu khusus untuk berolahraga tanpa harus “niat” melakukannya. Olahraga bisa kamu lakukan sembari melakukan kegiatan sehari-hari, misalnya memilih untuk naik tangga dibanding menaiki lift menuju lantai kantor kamu.

Jangan kira menaiki tangga adalah hal yang mudah. Kalau kamu enggak terbiasa, naik tangga juga bisa membuat kamu ngos-ngosan atau kehabisan nafas, lho. Kalau ini terjadi sama kamu, artinya kamu memang kurang olahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik. Jadi bisa dibilang, kalau tubuh kamu memang tidak dalam kondisi yang fit.

Menurut Jennifer Haythe, M.D., kardilogis Women's Center for Cardiovascular Health, banyak orang yang tetap merasa kehabisan nafas meski tubuhnya fit. Aktivitas naik tangga adalah aktivitas berat dan menggunakan banyak otot tubuh. Ini menyebabkan tubuh jadi butuh asupan oksigen yang lebih banyak sehingga bisa dibilang bahwa bernafas dengan berat adalah hal yang normal.

Nah agar kamu enggak merasa kehabisan nafas saat menaiki tangga, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

1.  Pemanasan itu penting!
Karena kamu enggak punya waktu untuk olahraga, jadi naik tangga bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Sebelum mulai naik tangga, enggak ada salahnya kok buat pemanasan “kecil”. Atur nafas dan putar pergelangan kaki kanan dan kiri masing-masing 8 hitungan sebelum mulai menapaki langkah untuk naik tangga.

2.  Naik perlahan
Kalau kamu berada di gedung kantor dan memang enggak memungkinkan untuk pemanasan terlebih dahulu. Kamu bisa mengakalinya dengan menaiki tangga dengan perlahan dan tidak buru-buru. Agar detak jantung tidak mengalami lonjakan tba-tiba saat naik tangga dengan cepat, sebaiknya atur nafas ketika menaiki tangga agar tubuh bisa mengimbangi kebutuhan oksigen yang diperlukan.

3.  Latihan setiap hari
Jika kamu termasuk orang yang jarak naik tangga, maka enggak heran kalau kamu akan mudah kehabisan nafas. Oleh karena itu, kamu mesti konsisten untuk rutin naik tangga setiap hari. Misalnya pada pagi hari atau siang hari. Awalnya kamu mungkin akan kehabisan nafas namun lama-lama tubuh akan terbiasa sehingga kamu enggak akan kehabisan nafas lagi.

Tidak sulit bukan menjaga kesehatan tubuh setiap hari. Kalau kamu enggak sempat olahraga, kamu bisa mulai menaiki tangga di sekitar kamu. Namun ingat, perhatikan juga detak jantung kamu agar tak tidak bekerja secara berlebihan, ya.

Yang terpenting lakukan naik tangga tidak terburu-buru, karena kalau tidak hati-hati kamu bisa mengalami cedera kaki. Bagi wanita yang suka memakai sepatu dengan heels atau wedges sebaiknya mengganti alas kaki dengan flat shoes atau sepatu yang lebih nyaman agar ketika naik tangga tidak berisiko cedera.

Bicarakan masalah kesehatan yang kamu alami selalu pada dokter yang tepat. Kini kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter secara langsung. Jika kamu berniat untuk memeriksakan diri ke dokter, kamu bisa mendapatkan rekomendasi terlebih dulu dari dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan seperti suplemen dan vitamin di Halodoc. Produk yang kamu beli akan diantar ke tempat tujuan dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.