Amankah Menggunakan DSA untuk Mendiagnosis Tumor Otak?

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 Agustus 2022

“Digital Subtraction Angiography (DSA) bisa dilakukan untuk memastikan data pencitraan dari pemeriksaan sebelumnya. Oleh karena itu, pemeriksaan ini bisa dilakukan untuk mendiagnosis tumor otak.”

Amankah Menggunakan DSA untuk Mendiagnosis Tumor Otak?Amankah Menggunakan DSA untuk Mendiagnosis Tumor Otak?

Halodoc, Jakarta – Tumor otak adalah salah satu penyakit yang terjadi akibat munculnya sel abnormal pada bagian otak. Berdasarkan dengan jenisnya, tumor otak ada tergolong jinak dan ganas. Untuk itu, diperlukan pemeriksaan secara detail agar kondisi tumor otak yang dialami dapat dipastikan dengan benar.

Ada berbagai cara pemeriksaan tumor otak yang bisa dilakukan, seperti melakukan pemeriksaan saraf hingga tes pencitraan. Setelah itu, akan diperlukan pemeriksaan lanjutan menggunakan Digital Subtraction Angiography (DSA) untuk memastikan data pencitraan dari pemeriksaan sebelumnya. 

Keamanan Penggunaan DSA untuk Pemeriksaan Tumor Otak

Tumor otak bisa bersifat jinak atau ganas. Tumor otak dapat berkembang sangat pesat sehingga dapat memicu gangguan kesehatan lainnya, khususnya bagian saraf.

Gejala yang dialami setiap pengidapnya pun akan berbeda-beda disesuaikan dengan jenis, ukuran, dan lokasi tumor otak. Namun, ada beberapa gejala umum yang akan dialami oleh pengidap tumor otak,seperti:

  • Sakit kepala.
  • Mual dan muntah yang berulang.
  • Gangguan penglihatan.
  • Hilangnya sensasi gerakan secara bertahap pada kaki dan tangan.
  • Gangguan keseimbangan.
  • Kesulitan bicara.
  • Mengalami kebingungan.
  • Kelelahan terus menerus.
  • Perubahan perilaku.
  • Gangguan pendengaran.

Jika kamu mengalami gejala terkait dengan tumor otak, kamu perlu melakukan beberapa pemeriksaan yang bisa membantu mendiagnosis penyebab keluhan kesehatan yang kamu rasakan.

Tumor otak bisa didiagnosis dengan melakukan pemeriksaan saraf dan tes pencitraan, seperti MRI atau CT Scan. Namun, untuk memastikan kondisi kesehatan, pemeriksaan MRI atau CT Scan bisa dilanjutkan dengan pemeriksaan menggunakan Digital Subtraction Angiography (DSA).

Digital Subtraction Angiography adalah teknik fluoroskopi yang digunakan secara luas dalam radiologi untuk menggambarkan pembuluh darah. Dengan melakukan pemeriksaan ini, hasilnya bisa menggambarkan kondisi pembuluh darah yang lebih akurat.

Untuk melakukan diagnosis suatu penyakit menggunakan pemeriksaan ini, kamu wajib melakukan puasa selama empat jam, pengecekan Hb dan leukosit, serta fungsi hati dan ginjal.

Kamu juga bisa bertanya langsung pada dokter mengenai prosedur yang akan kamu jalankan. Dengan begitu, kamu akan lebih mengerti mengenai persiapan dan proses pemeriksaan yang akan kamu jalani.

Pengobatan Tumor Otak

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi tumor otak juga disesuaikan dengan ukuran, jenis, hingga lokasi tumor. Berikut ini pengobatan yang umumnya dilakukan, seperti:

  • Tindakan Bedah

Jika lokasi tumor berada di posisi yang mudah untuk dibedah, maka dokter akan melakukan pengangkatan terhadap tumor yang muncul dengan pembedahan lengkap. Namun, jika posisi tumor berada di daerah yang sensitif dan berbahaya, dokter akan mengangkat bagian tumor yang memungkinkan untuk dihilangkan.

  • Terapi Radiasi

Terapi ini dilakukan menggunakan energi radiasi untuk membunuh sel-sel tumor yang ganas. Energi radiasi didapat dari alat yang kemudian akan diletakkan di dekat lokasi tumor.

Sinar radiasi yang digunakan dapat difokuskan pada area tumor atau seluruh otak. Pengobatan ini cocok untuk dilakukan sebagai pengobatan pada tumor otak ganas yang sudah menyebar.

  • Kemoterapi

Pengobatan ini dilakukan dengan menggunakan obat-obatan yang bisa membantu membunuh sel kanker. Kemoterapi dapat menyebabkan efek samping, seperti mual, muntah, dan kerontokan rambut.

Itulah seputar informasi mengenai tumor otak. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan mengonsumsi suplemen vitamin.

Cek kebutuhan medis yang kamu perlukan menggunakan aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (AIDO). Diakses pada 2022. Memiliki Dua Tujuan Diagnostik Dan Terapeutik, DSA Adalah.

Radiopaedia. Diakses pada 2022. Digital Subtraction Angiography.

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Brain Tumor.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan