• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anjing Juga Bisa Mengidap Diabetes, Ini Faktanya

Anjing Juga Bisa Mengidap Diabetes, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Sama seperti manusia, anjing peliharaan bisa mengalami diabetes. Itulah pentingnya menjaga keseimbangan makanan pada anjing. Jika anjing kelebihan berat badan, maka perlu untuk diturunkan berat badannya agar sel tubuh anjing dapat memproduksi hormon insulin dengan baik sehingga kadar gula darah tetap terkendali.

Sangat penting untuk melakukan pencegahan diabetes pada anjing peliharaan. Ada banyak faktor risiko anjing terkena diabetes, namun ada banyak pula cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dan meminimalkan risikonya. Sebagai pemilik anjing, kamu perlu memahami tentang penyakit yang satu ini. 

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Kontrol Parasit pada Anjing Peliharaan?

Bagaimana Terjadinya Diabetes pada Anjing?

Diabetes adalah ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol kadar gula darah, baik karena tubuh tidak memproduksi insulin (diabetes tipe 1) atau kurangnya sensitivitas terhadap insulin dan berkurangnya produksi insulin (diabetes tipe 2). Insulin mendorong glukosa di dalam sel tubuh kemudian mengubahnya menjadi energi yang menjadi bahan bakar tubuh. Tanpa insulin, glukosa tidak dapat mencapai sel. Glukosa yang tidak dapat digunakan oleh sel akhirnya menumpuk di dalam darah.

Obesitas menjadi salah satu penyebab utama diabetes pada anjing. Namun, beberapa ras anjing memang cenderung rentan terhadap diabetes, misalnya cocker spaniel, poodle, Labrador, golden retriever, dachshund, dan beagle. Berbagai kondisi medis juga bisa menyebabkan berkembangnya diabetes, seperti penyakit cushing, pankreatitis, dan autoimunitas. 

Faktor risiko lain termasuk usia. Anjing yang berusia dewasa atau paruh baya lebih rentan mengalami diabetes. Anjing betina yang dikebiri juga lebih rentan mengalami diabetes. Diet tinggi lemak juga dapat menyebabkan pankreatitis, yang bisa mengakibatkan diabetes. 

Baca juga: Begini Cara Mencegah Flu pada Anak Anjing Peliharaan

Jenis Diabetes pada Anjing

Ada dua jenis diabetes pada anjing yang perlu diketahui, yaitu: 

  • Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 terjadi saat pankreas gagal memproduksi insulin dengan seharusnya. Artinya, glukosa tidak dapat masuk ke sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Kondisi ini cukup berbahaya, dan biasanya membutuhkan pengobatan seumur hidup dengan suntikan insulin. Pola makan adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam mencegah dan mengelola diabetes. 

  • Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 umumnya disebabkan oleh obesitas dan akibat terlalu banyak makan karbohidrat. Proses diabetes tipe 1 terjadi karena banyaknya produksi insulin. Sementara itu tubuh menjadi kebal karena terlalu banyak gula yang masuk. Diabetes tipe ini bisa disembuhkan dalam beberapa kasus. 

Diabetes cukup umum terjadi pada anjing, maka penting untuk mengenali gejalanya:

  • Sering buang air kecil. Anjing pengidap diabetes banyak minum dan banyak buang air kecil.
  • Sering kelaparan. Anjing akan merasa lapar karena sel tubuhnya membutuhkan glukosa. 
  • Terjadi penurunan berat badan. Sel tidak dapat menggunakan gula tanpa insulin. Anjing akan membakar jaringan tubuh untuk menghasilkan lebih banyak glukosa, sehingga terjadinya penurunan berat badan. 
  • Muntah. Hal ini biasa terjadi jika anjing juga mengidap pankreatitis.
  • Kelemahan atau kelelahan.

Baca juga: Cara Tepat Merawat Anjing Senior Peliharaan

Selain mengelola pola makan, anjing juga harus berolahraga secara teratur untuk membantunya menurunkan berat badan dan kadar gula darah. Sebaiknya dorong anjing untuk berolahraga dengan durasi dan intensitas yang sama setiap hari.

Jika kamu melihat gejala-gejala di atas pada anjing peliharaan kamu, sebaiknya segera hubungi dokter hewan melalui aplikasi Halodoc untuk mendapat saran penanganan sebelum kondisinya semakin memburuk. Dengan memahami apa yang dapat meningkatkan risiko diabetes, maka akan lebih mudah untuk mencegahnya.

Referensi:
Vet Source. Diakses pada 2020. Pet Diabetes Facts
PetMD. Diakses pada 2020. Diabetes in Dogs: Symptoms, Treatment, Cost and Life Expectancy
Dogs Naturally Magazine. Diakses pada 2020. What Causes Diabetes In Dogs? The Signs, Symptoms And What To Do About It
WebMD. Diakses pada 2020. Diabetic Dog: Tips to Manage Their Diet