• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasi Flek Hitam dengan Buah Pepaya, Mitos atau Fakta?

Atasi Flek Hitam dengan Buah Pepaya, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Flek hitam menjadi masalah kulit wajah yang paling sering dialami wanita. Memang, kondisi ini tidak serius dan membahayakan, tetapi tetap saja kemunculannya sangat mengganggu penampilan, dan kebanyakan membuat wanita tidak percaya diri. Alhasil, perawatan wajah dengan menggelontorkan banyak uang di klinik kecantikan pun dilakukan, demi mengusir flek hitam dan mendapatkan wajah lebih sehat dan cerah.

Munculnya flek hitam bisa terjadi karena produksi melanin pada kulit yang berlebihan. Namun, tidak hanya itu, masalah kulit ini juga bisa terjadi karena efek lainnya, seperti paparan sinar matahari, bekas jerawat, konsumsi obat tertentu, perubahan hormon, hingga peradangan atau iritasi pada kulit wajah.

Papaya untuk Mengatasi Flek Hitam, Mitos atau Fakta?

Sebenarnya, kamu tidak perlu banyak menghabiskan uang hanya demi menghilangkan flek hitam di klinik kecantikan. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang lebih murah dan mudah ditemukan. Salah satunya adalah pepaya. Ya, buah satu ini ternyata efektif untuk membantu mengusir flek hitam yang mengganggu, lho!

Baca juga: Awas, 5 Hal Ini Bisa Memicu Munculnya Flek Hitam pada Wajah

Buah pepaya mengandung enzim yang disebut papain yang berperan sebagai agen pengelupasan kulit yang sangat baik, karena membantu regenerasi sel kulit baru. Selain itu, kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan membantu mengurangi pigmentasi tidak teratur dan merangsang terbentuknya kolagen. Lalu, vitamin A yang merupakan nutrisi penting lain bagi kulit. Vitamin A membantu meningkatkan produksi sel kulit baru sekaligus membantu mengurangi bintik hitam, noda, dan bekas luka. 

Cara menggunakan papaya guna menghilangkan flek hitam pun tidak sulit. Kamu hanya perlu melumatkan buah ini dan mengoleskannya pada area muka yang terdapat flek hitam. Biarkan mengering, lalu bersihkan muka dengan air hangat. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu bisa melakukan perawatan ini selama satu bulan, sebanyak dua sampai tiga kali seminggu. 

Baca juga: Flek Hitam Hanya Gara-Gara Masalah Hormonal, Masa Sih?

Cara Menghilangkan Flek Hitam dengan Bahan Alami Lainnya

Ternyata, selain menggunakan buah pepaya, masih ada lagi bahan alami lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam yang mengganggu di wajah, yaitu:

  • Kentang

Tanaman umbi satu ini mengandung vitamin B kompleks, kalium, magnesium, seng, dan fosfor yang berkontribusi pada sifat pencerah kulit. Salah satunya adalah niacinamide yang berperan aktif sebagai regenerasi sel kulit. Cara penggunaannya, cukup iris kentang dan gosokkan pada wajah yang terdapat flek hitam secara melingkar selama sekitar 10 menit. Jika kamu merasa irisan kentang sudah mengering, gunakan irisan lainnya. 

  • Lemon

Buah satu ini kaya vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang membantu mengurangi melanin berlebih pada kulit. Lemon juga mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai agen pengelupasan kulit, mengangkat sel kulit mati, dan membuat kulitmu tampak lebih cerah. 

Campurkan satu sendok makan gula merah dan putih telur, lalu tambahkan satu sendok teh jus lemon dan aduk rata. Oleskan pada wajah dan gosok dengan gerakan melingkar menggunakan jari selama 10 menit, bilas dengan air bersih. 

Baca juga: Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah

Ternyata, buah pepaya memang bisa membantu menghilangkan flek hitam di wajah. Namun, jika timbul iritasi atau reaksi alergi, segera hentikan perawatan, ya! Mungkin, kamu memiliki kulit sensitif. Segera tanyakan pada dokter kulit bagaimana penanganannya, supaya lebih cepat, kamu bisa pakai aplikasi Halodoc. Jadi, pastikan aplikasi Halodoc sudah terunduh di ponselmu.  

Referensi: 
The Health Site. Diakses pada 2020. Use Papaya, Potatoes, and Lemons to Get Rid of Dark Spots and Pigmentation!
Healthline. Diakses pada 2020. What Is Papaya Soap and When Should I Use It?