• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Atasi Keputihan dengan Konsumsi Makanan Ini

Atasi Keputihan dengan Konsumsi Makanan Ini

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Atasi Keputihan dengan Konsumsi Makanan Ini

Halodoc, Jakarta – Walaupun normal dialami oleh wanita, namun keputihan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari karena rasa gatal yang ditimbulkannya. Selain rajin membersihkan daerah Miss V dengan benar, kamu bisa mencegah keputihan dengan mengonsumsi makanan-makanan ini lho.

Makanan Pencegah Keputihan
Makanan-makanan berikut dipercaya bermanfaat bagi wanita yang mengalami keputihan. Jika dikonsumsi secara teratur, maka keputihan akan enggan datang kembali.

1.  Pisang
Salah satu buah-buahan yang bermanfaat menghilangkan keputihan adalah pisang. Wanita yang mengalami keputihan dianjurkan untuk mengonsumsi 2 buah pisang setiap harinya agar bebas dari keputihan. Selain itu, pisang juga dapat menjadi pengganti gula, karena wanita pengidap keputihan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi gula.

2.  Sayuran Hijau
Manfaat sayuran hijau untuk kesehatan memang sudah tidak diragukan lagi. Untuk wanita, sayuran hijau sangat baik dikonsumsi untuk mencegah keputihan. Selain mampu menghilangkan jamur penyebab keputihan, sayuran hijau juga bisa menangkal radikal bebas secara alami bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi jenis sayuran yang disukai, seperti kangkung, bayam, dan lain-lain.

3.  Susu
Gak pengen keputihan datang lagi? Perbanyak minum susu saja. Susu berfungsi mengurangi produksi keputihan dan menjaganya untuk tetap normal. Susu juga dapat memberimu banyak energi agar tidak lemas, terutama saat masa keputihan datang.

4.  Yoghurt
Yoghurt tidak hanya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan wajah, tapi juga dapat menghilangkan keputihan lho. Kandungan alami yang terdapat pada yoghurt mampu menghilangkan jamur di dalam tubuh, termasuk di dalam miss V, sehingga menjadikan miss V bersih dan bebas dari keputihan.

5.  Daun Sirih
Daun sirih dikenal memiliki banyak khasiat untuk kewanitaan. Selain dapat mengurangi bau badan, daun sirih juga berkhasiat mengobati keputihan. Kamu bisa merebus beberapa lembar daun sirih lalu meminumnya. Minum air rebusan daun sirih setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimalnya.

Makanan Penyebab Keputihan
Selain makanan yang dapat mencegah dan mengobati keputihan di atas, ada juga jenis-jenis makanan yang harus dihindari oleh wanita karena dapat menyebabkan munculnya keputihan.

1.  Makanan Manis
Bagi kamu yang sering mengalami keputihan, kurangi mengonsumsi makanan dan minuman manis. Terlalu banyak asupan gula dalam tubuh dapat menyebabkan bakteri di Miss V berkembang dengan subur, sehingga menimbulkan gatal dan bau tidak sedap.

2.  Mentimun
Makan terlalu banyak timun juga bisa menyebabkan keputihan. Timun yang sering terdapat dalam acar memang enak dimakan dan memberikan rasa segar. Tapi kandungan gulanya yang sangat tinggi, bisa memicu timbulnya keputihan. Jadi batasi memakan acar dan timun ya.

3.  Nanas
Selain dihindari oleh wanita hamil karena keasamannya yang tinggi, buah nanas juga sebaiknya dihindari oleh wanita pengidap keputihan. Karena nanas dapat meningkatkan produksi lendir dalam Miss V, sehingga menimbulkan rasa becek dan kurang nyaman.

4.  Gorengan
Lapisan tepung pada gorengan mengandung karbohidrat yang dapat meningkatkan gula dalam tubuh, sehingga bisa menyebabkan keputihan. Selain gorengan, hindari juga makanan berminyak, fast food dan junk food.  Tapi terapkanlah hidup sehat, dengan perbanyak minum air putih dan rajin berolahraga. Dijamin keputihan pasti menghilang.


Pada dasarnya, menerapkan pola makan sehat dapat menghindarkan kamu dari berbagai penyakit, termasuk keputihan. Jika keputihan masih tidak mau pergi juga dari Miss V, segera periksakan diri ke dokter. Kini kamu bisa bertanya seputar kesehatan kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk berdiskusi dan menanyakan saran kesehatan. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan di Halodoc. Caranya sangat mudah, tinggal order dan pesananmu akan diantar dalam satu jam saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.