• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Begini Cara Menghilangkan Kutu Busuk dari Rumah

Begini Cara Menghilangkan Kutu Busuk dari Rumah

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Jangan lupa untuk selalu membersihkan kasur atau sofa di rumah secara teratur. Kebiasaan ini akan menghindari kasur atau sofa di rumah dari sarang kutu busuk atau bed bugs. Tidak hanya kasur atau sofa, kutu busuk juga dapat bersarang pada beberapa perlengkapan rumah lainnya, seperti koper, peralatan rumah, hingga lemari pakaian. 

Baca juga: 6 Jenis Racun yang Ampuh untuk Membasmi Kutu Busuk

Ada beberapa jenis kutu busuk yang kerap ditemui, seperti cimex lectularius dan cimex hemipterus. Kedua jenis kutu busuk ini akan menghisap darah manusia dan aktif pada malam hari. Gigitan kutu busuk bisa membahayakan kesehatan kulit kamu sehingga berisiko alami kemerahan yang disertai dengan gatal-gatal. Berikut ini cara untuk menghilangkan kutu busuk atau bed bugs di rumah!

Tanda Gigitan Kutu Busuk

Gigitan kutu busuk tidak muncul sesaat setelah kamu tergigit oleh kutu busuk. Biasanya, bekas gigitan kutu busuk beberapa hari hingga gejala muncul. Melansir American Academy of Dermatology, ada beberapa gejala yang terjadi setelah kamu mengalami gigitan kutu busuk. Gejala yang umum terjadi seperti munculnya beberapa bekas yang muncul berbentuk garis zig-zag, terasa gatal, dan terdapat bercak darah di tempat tidur. 

Selain itu, kutu busuk menyebabkan bekas gigitan berada dalam satu garis atau dalam satu area tubuh manusia. Bekas gigitan yang memerah bisa muncul sensasi panas dan dapat mengalami pembengkakan. Namun, hindari menggaruk bekas gigitan kutu busuk karena dapat menyebabkan luka iritasi yang berisiko sebabkan infeksi pada kulit. 

Jika area gigitan kutu busuk semakin membengkak dan gatal, segera hubungi dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca juga: Ini Cara Mengobati Infeksi Kulit Berdasarkan Penyebabnya

Cara Hilangkan Kutu Busuk dari Kasur Rumah

Tidak hanya bekas gigitan pada tubuh, ketahui beberapa tanda yang lain menunjukkan adanya kutu busuk pada kasur atau sofa. Meskipun sangat kecil, terkadang kutu busuk yang tertindih tubuh dapat mengeluarkan noda-noda kecil pada sprei kasur atau perabot rumah tangga lainnya. Selain itu, bintik-bintik hitam yang sangat kecil pada kasur bisa menjadi tanda feses dari kutu busuk yang tertinggal.

Jika beberapa tanda tersebut ditemukan pada kasur maupun sofa, segera lakukan beberapa cara untuk menghilangkan kutu busuk atau bed bugs dari rumah, yaitu:

1. Bersihkan Kasur

Jangan lupa untuk selalu rutin membersihkan kasur secara berkala. Kamu dapat bersihkan kasur dengan melakukan proses vacuum agar kutu busuk yang berada dalam kasur dapat hilang dengan optimal.

Selain kasur, lakukan vacuum pada area sofa, matras, atau bagian-bagian perabot rumah tangga lainnya yang dijangkau oleh mesin vacuum. Dengan begitu, kebersihan rumah dari akan terjaga dari kutu busuk.

2. Jemur Beberapa Barang

Jika memungkinkan untuk menjemur barang-barang dirumah, tidak ada salahnya lakukan hal tersebut. Menjemur beberapa barang dengan temperatur yang hangat secara berkala dapat membantu kamu untuk mengusir kutu busuk dari barang-barang yang berada di rumah. 

3. Cuci Barang dengan Air Panas

Cara untuk mengoptimalkan pembersihan kasur atau sofa dari kutu busuk, kamu dapat mencuci sprei kasur atau alas pada sofa dengan air panas untuk mengusir kutu busuk. Selain itu, penggunaan air panas juga bisa digunakan untuk menghilangkan telur-telur kutu busuk yang menempel.

4. Hilangkan Kutu Busuk dengan Bahan Alami

Jika kamu menemukan area kasur atau sofa yang bolong, bisa jadi itu menjadi sarang dari kutu busuk. Kamu juga bisa menyemprotkan air dengan campuran cuka atau garam yang dinilai efektif untuk membunuh kutu busuk.

Baca juga: Si Kecil Digigit Serangga, Ini Cara Mengatasinya

Selain beberapa cara tersebut, kamu bisa memberikan pengharum ruangan dengan aroma tea tree oil, lavender, lemongrass, dan peppermint untuk menyingkirkan kutu busuk dari area kamar maupun ruangan lain yang ada di dalam rumah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Keep Bed Bugs Out of Your Bed and Home
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Bed Bug Bites
Medical News Today. Diakses pada 2020. Bed Bug Bites: What You Need to Know
Zing by Quicken Loans. Diakses pada 2020. How to Prevent Bed Bugs From Getting into Your Home
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. Bed Bugs: Sign and Symptoms