Begini Prosedur Ekokardiografi untuk Deteksi Gangguan Jantung

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   12 Juni 2023

“Tidak diperlukan persiapan khusus sebelum menjalani prosedur ekokardiografi. Namun, jika menjalani ekokardiografi transesofageal, biasanya dokter akan memintamu untuk berpuasa setidaknya 4 jam sebelum pemeriksaan.”

Begini Prosedur Ekokardiografi untuk Deteksi Gangguan JantungBegini Prosedur Ekokardiografi untuk Deteksi Gangguan Jantung

Halodoc, Jakarta – Gangguan jantung merupakan masalah serius, karena dapat memengaruhi fungsi jantung dan kesehatan secara keseluruhan. Untuk mendiagnosis dan memantau gangguan jantung, prosedur medis yang umum, yaitu ekokardiografi. 

Ekokardiografi merupakan metode pencitraan non-invasif yang menggunakan gelembang suara tinggi (ultrasonografi) untuk menghasilkan gambar jantung. Lantas, bagaimana prosedur ekokardiografi saat mendeteksi gangguan jantung?

Prosedur Ekokardiografi untuk Deteksi Gangguan Jantung

Prosedur ekokardiografi dilakukan oleh dokter ahli kardiologi yang terlatih bekerja di laboratorium kardiologi. Metode ekokardiografi dilakukan dari luar tubuh, sehingga biasanya tidak memerlukan persiapan khusus. 

Namun, untuk orang yang menjalani ekokardiografi transesofageal, dokter akan menganjurkan untuk tidak makan atau minum apapun setidaknya 4 jam sebelum pemeriksaan. Kamu dapat makan dan minum kembali sekitar 1 hingga 2 jam setelah prosedur, atau tepatnya setelah efek anestesi lokal hilang. 

1. Selama prosedur

Untuk mendapatkan gambar dan video agar bisa mendiagnosa, dokter akan menggunakan perangkat ultrasound. Selama prosedur, baju harus dilepaskan. Setelah itu, dokter akan menginstruksikan kamu untuk berbaring di atas meja medis.

Dokter mungkin menyuntikan larutan garam atau zat pewarna khusus ke dalam pembuluh darah, yang akan membuat gambaran jantung tampak lebih jelas pada ekokardiogram.

Prosedur selanjutnya bisa berbeda-beda tergantung pada jenis ekokardiografi yang direkomendasikan dokter. Contohnya:

  • Ekokardiogram transthoracic

Selama prosedur ini, dokter akan mengoleskan gel ke dada. Tenaga medis kemudian menggerakkan transduser di sekitar dada untuk mendapatkan gambar jantung. 

Dokter mungkin saja memintamu untuk mengobat posisi, menarik atau menahan napas dalam-dalam. Ia juga mungkin menekan transduser ke dada untuk mendapatkan gambaran jantung yang lebih jelas. 

  • Ekokardiogram transesofagus

Dokter akan merekomendasikan ekokardiogram transesofageal, jika ingin mendapatkan gambar jantung yang lebih detail atau jelas daripada ekokardiogram sebelumnya.

Hanya saja, pada prosedur ini kamu akan mendapatkan obat penenang ringan untuk membantu mengendurkan otot-otot di tenggorokan dan anestesi lokal untuk mencegah refleks muntah. 

Kemudian, dokter akan mengarahkan transduser kecil di ujung selang panjang ke tenggorokan dan kerongkongan, hingga mencapai bagian belakang jantung. Tim medis akan merekam gambar jantung saat dokter menggerakan transduser di sekitar kerongkongan.

2. Setelah prosedur

Setelah menjalani ekokardiografi, kamu bisa menjalani aktivitas normal kembali. Namun pada beberapa jenis ekokardiografi, pasien perlu tingga di rumah sakit selama beberapa jam setelah prosedur. 

Kemungkinan ada efek sakit tenggorokan pada awalnya, tapi akan membaik dalam beberapa jam hingga sehari. Apabila sebelum prosedur kamu mendapatkan obat penenang, maka hindari mengemudi selama beberapa jam setelah prosedur.

Setelah pemeriksaan, Begini Penjelasan Hasil dari Pemeriksaan Ekokardiografi

Manfaat Pemeriksaan Ekokardiografi

Jika kamu mengeluh gejala nyeri dada dan masalah pernapasan pada dokter, ia mungkin akan merekomendasikan pemeriksaan ekokardiografi. Seperti yang diketahui, prosedur ini dapat memberikan informasi tentang kesehatan jantung mendiagnosis masalah pada jantung.

Berikut ini beberapa manfaat menjalani pemeriksaan ekokardiografi:

Deteksi dini penyakit dan kelainan

Ekokardiografi dapat menilai fungsi jantung, mendeteksi, serta mengikuti perkembangan penyakit jantung dan massa jantung. Informasi berasal dari ekokardiografi dapat membantu dokter dalam mendiagnosis beberapa penyakit, misalnya:

  • Aterosklerosis.
  • Kardiomiopati.
  • Penyakit jantung bawaan.
  • Tumor jantung.

Memantau penyakit dan efektivitas obat

Dokter juga dapat memantau penyakit dan efektivitas pengobatan atau pembedahan. Misalnya, setelah kamu menjalani operasi jantung yang melibatkan memasukkan tabung di arteri, maka dapat menggunakan ekokardiografi untuk memantau efektivitasnya. 

Itulah mengenai prosedur ekokardiografi untuk gangguan jantung. Jika kamu memiliki kekhawatiran, jangan ragu untuk bertanya langsung pada dokter ahli. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Tests & Procedures. Echocardiogram.
Web MD. Diakses pada 2022. Heart Disease and the Echocardiogram.
NHS Choices UK. Diakses pada 2022. Echocardiogram.
SC Internal Medicine. Diakses pada 2022. Benefits of getting an echocardiogram
American Heart Association. Diakses pada 2023. Echocardiogram (Transthoracic Echo). 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan