• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Madu Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan?

Benarkah Madu Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Sakit tenggorokan memang sering menyebabkan rasa tidak nyaman. Makan dan minum jadi tidak nyaman, bawaannya hanya ingin diam saja. Beberapa pengobatan rumahan kerap dijadikan alternatif untuk meredakan sakit tenggorokan, salah satunya madu. Apakah madu bisa efektif meredakan sakit tenggorokan? 

Madu bisa meredakan sakit tenggorokan. Kamu tinggal mencampurkan dua sendok makan madu dengan segelas air hangat atau teh, kemudian diminum selagi hangat. Pun, madu efektif meredakan sakit tenggorokan yang disertai batuk. Informasi selengkapnya mengenai penggunaan madu untuk sakit tenggorokan bisa dibaca di sini!

Baca juga: 6 Manfaat Madu untuk Anak

Kandungan Madu untuk Sakit Tenggorokan

Menurut Molecules, madu memiliki banyak kandungan berkhasiat, seperti:

1. Antioksidan.

2. Anti-inflamasi.

3. Antimikroba.

4. Antikanker.

5. Antivirus.

6. Antijamur,

7. Antidiabetik.

Itulah sebabnya madu sangat efektif menyembuhkan infeksi dan peradangan, salah satunya adalah sakit tenggorokan. Meskipun begitu, madu tidak disarankan untuk diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun. Bayi yang makan madu berisiko mengalami botulisme karena spora Clostridium botulinum yang ditemukan di produk madu. Spora ini berubah menjadi bakteri di usus dan menghasilkan neurotoksin berbahaya di dalam tubuh.

Madu jenis apa yang sebaiknya dikonsumsi? Jika kamu ingin mendapatkan manfaat nutrisi dari madu, jenis yang paling baik adalah yang belum diproses. Walaupun kamu mengonsumsi jenis madu yang diproses, ada baiknya untuk membaca label dengan cermat untuk mengetahui kandungan tambahan ataupun bahan-bahan lainnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan?

Madu yang belum diproses maupun madu mentah yang belum disaring atau diproses dengan cara apapun, biasanya mengandung semua vitamin alami, mineral, dan senyawa sehat lainnya. Madu mentah mungkin mengandung jumlah serbuk sari yang sedikit lebih tinggi, jadi jika kamu menggunakan madu untuk mencoba meredakan alergi musiman, madu mentah dapat memberikan manfaat lebih.

Madu mentah masih bisa menyebabkan botulisme bila dikonsumsi oleh bayi di bawah 1 tahun. Madu mentah juga mungkin lebih mahal daripada madu yang disaring atau diproses. Informasi selengkapnya mengenai manfaat madu bisa ditanyakan langsung ke Halodoc

Kamu bisa menanyakan masalah kesehatan apa pun, dan dokter terbaik di bidangnya akan memberikan solusinya. Caranya mudah, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bahkan bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Selain Madu, Ini Juga Bisa Redakan Sakit Tenggorokan

Selain madu, apa lagi yang bisa meredakan sakit tenggorokan? 

1. Cuka Sari Apel 

Cuka sari apel adalah produk natural yang digunakan untuk beberapa gangguan. Bahan aktif utamanya adalah asam asetat yang berfungsi untuk melawan bakteri. Cuka sari apel dikombinasikan dengan madu dapat mengobati gejala flu, seperti batuk dan sakit tenggorokan. Untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, minumlah segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok makan cuka sari apel dan satu sendok makan madu. 

2. Air Lemon

Air lemon juga dapat mengurangi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya. Senyawa ini melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif yang terjadi ketika jumlah radikal bebas dan antioksidan tubuh tidak seimbang. 

Lemon juga meningkatkan produksi air liur yang yang dapat membantu menjaga kelembapan selaput lendir. Cobalah kombinasikan lemon, air hangat, serta sedikit madu atau garam untuk memaksimalkan manfaatnya.

3. Jahe

Jahe memberikan efek antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan. Ekstrak jahe dapat membunuh beberapa bakteri dan virus penyebab penyakit pernapasan. Jahe juga dapat mengurangi peradangan pada orang dengan tuberkulosis yang merupakan penyakit paru-paru.

Cara penyajiannya adalah dengan menggeprek jahe, kemudian merebusnya dan diminum selagi hangat. Kamu juga bisa menambahkan gula merah untuk menambah sensasi rasanya. Selamat mencoba!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. 15 natural remedies for a sore throat.
Healthline. Diakses pada 2020. When Is It Safe for Babies to Eat Honey?
Healthline. Diakses pada 2020. Honey for a Sore Throat: Is It an Effective Remedy?