Berapa Lama penyembuhan Operasi Tulang Belakang? Ini Faktanya!

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Mei 2023

“Agar dapat cepat pulih setelah operasi tulang belakang, tubuhmu harus bugar sebelum menjalani operasi. Setidaknya diperlukan 4 hingga 6 minggu agar tubuh dapat pulih lebih baik.”

Berapa Lama penyembuhan Operasi Tulang Belakang? Ini Faktanya!Berapa Lama penyembuhan Operasi Tulang Belakang? Ini Faktanya!

Halodoc, Jakarta – Operasi tulang belakang biasanya jarang orang perlukan, karena kebanyakan nyeri punggung bisa membaik dalam waktu tiga bulan. Prosedur medis ini biasanya bisa kamu gunakan jika perawatan non-bedah tidak membantu mengatasi masalah.

Namun perlu kamu ketahui, masalah pada tulang belakang bukan hanya nyeri punggung biasa. Ada kondisi lainnya yang juga memerlukan operasi tulang belakang. Misalnya, infeksi tulang belakang, trauma, tumor tulang belakang, dan beberapa kondisi tulang belakan degeneratif (stenosis dan herniated disk).

Lantas, berapa lama proses penyembuhan operasi tulang belakang? Ini ulasannya!

Waktu yang Diperlukan untuk Pulih dari Operasi Tulang Belakang

Pemulihan pasca operasi tulang belakang akan tergantung pada tingkat kebugaran dan aktivitas fisik kamu sebelum operasi. Itulah sebabnya mengapa perawatan fisioterapi sangat direkomendasikan sebelum operasi.

Kamu akan didorong untuk berjalan dan bergerak sehari setelah operasi, dan kemungkinan bisa pulang ke rumah dalam satu hingga 4 hari setelah operasi.

Pemulihan akan membutuhkan waktu sekitar 4-6 minggu untuk mencapai tingkat mobilitas dan fungsi yang diharapkan. Namun hal tersebut juga tergantung pada tingkat keparahan kondisi dan gejala sebelum operasi. 

Saat kamu bangun setelah operasi tulang belakang, punggung mungkin terasa sakit. Selain itu, tubuh mungkin akan terpasang ke satu tabung atau lebih, termasuk :

  • Tabung yang memasok cairan ke pembuluh darah (intravena), untuk memastikan tubuh tidak dehidrasi.
  • Tabung yang meniriskan cairan dari luka.
  • Kateter urin, jika mengalami kesulitan buang air kecil.
  • Pompa untuk memberikan obat penghilang rasa sakit langsung ke pembuluh darah.

Tips untuk Meningkatkan Pemulihan dari Operasi Tulang Belakang

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan pemulihan dari operasi tulang belakang:

1. Perhatikan saran dokter

Mengabaikan nasihat dokter dapat menyebabkan komplikasi dan menggagalkan usaha dokter spesialis bedah dalam menangani masalah. Ingat, dokter yang paling tahu tentang apa yang terjadi pada tulang belakangmu.

2. Persiapkan fisik lebih baik sebelum operasi

Sebelum menjalani operasi, fokuslah untuk menjaga tubuh lebih bugar dan lebih sehat. Semakin baik kondisi tubuhmu saat menjalani operasi, semakin mudah dan cepat juga proses pemulihan berlangsung. 

3. Cari tahu apakah terapi rawat inap direkomendasikan

Pastikan untuk bertanya pada dokter spesialis bedah apakah perlu terapi rawat inap setelah operasi. Kamu perlu mendapat rujukan untuk jenis terapi tertentu, yang berbagai pendekatan, seperti terapi fisik dan okupasi ke dalam program perawatan yang sangat personal.

4. Kontrol rutin pasca operasi

Dokter perlu memantau kemajuan operasi untuk memastikan semuanya berjalan sesuai dengan rencana, atau jika ada sesuatu yang perlu ditangani segera. Pastikan untuk menghadiri kontrol rutin dan jangan ragu untuk menghubungi dokter jika mengalami kekambuhan.

5. Hati-hati sebelum bergerak

Ingatlah bahwa tubuh kamu mungkin tidak bisa bergerak leluasa seperti sebelum operasi. Sebaiknya lakukan gerakan alternatif yang diajarkan fisioterapis agar lebih aman.

6. Jangan berhenti berlatih bergerak

Beberapa gerakan mungkin terasa terbatas, meski begitu kamu tetap perlu berlatih bergerak sedikit demi sedikit. Sebab, pemulihan membutuhkan kemajuan fisik yang lebih baik. Jadi, jangan habiskan waktu terlalu lama di tempat tidur. Bergerak akan membantu tubuh merasa lebih baik secara fisik dan mental.

7. Gunakan bantuan alat

Tidak ada salahnya untuk menggunakan alat khusus yang dapat membantumu mengambil barang saat tidak dapat melakukan gerakan tertentu. 

Itulah yang perlu diketahui tentang waktu yang diperlukan untuk proses penyembuhan operasi tulang belakang. Pastikan untuk selalu cermat dan menjalani nasihat dokter, demi kelancaran proses pemulihan. Selain informasi di atas, baca juga artikel ini 6 Pengobatan untuk Patah Tulang Belakang.

Kamu juga bisa tanya dokter spesialis di Halodoc untuk informasi lebih lengkap. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
NHS. Diakses pada 2023. Recovery – Lumbar decompression surgery
Medline Plus. Diakses pada 2023. Spine surgery – discharge

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan